Skip to main content

#23 Hal yang menyebabkan hp cepat panas dan cara mengatasi beserta mencegah

Handphone memang normal mengeluarkan panas, namun jika hp terasa mudah panas dan boros baterai berarti ada hal yang menyebabkan hp menjadi cepat panas.

Walaupun pada umumnya penyebab handphone mudah panas adalah penggunaan yang berlebihan karena kecanggihan yang terdapat pada smartphone terkadang membuat kita mengabaikan faktor yang menyebabkan hp cepat panas saat digunakan sehingga baterai cepat habis

Sebenarnya penyebab hp gampang panas dan penyebab battery hp cepat habis terkadang dari hal-hal kecil yang biasa dianggap remeh padahal itu yang menyebabkan handphone cepat panas,seperti karena layar terlalu terang, notifikasi, wifi, aplikasi yang terbuka dan lain-lain

Disamping hal diatas terlalu memaksakan penggunaan Hp juga salah satu penyebab hp cepat panas dan baterai boros bahkan dapat berdampak buruk pada kinerja handphone

Lalu bagaimana cara mencegah hp yang mudah panas dan cara mengatasi hp agar tidak cepat panas, jika ingin mengetahui apa penyebab hp gampang panas, ikuti ulasan dibawah ini membahas prihal apa penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya

Penyebab Hp Cepat Panas Dan Cara Mengatasi Beserta Mencegah Handphone Agar Tidak Cepat Panas.

Handphone yang baru tapi mudah panas ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan memperbaiki hp cepat panas.

Karena apabila hp baru gampang panas berarti bisa jadi faktor yang menyebabkan hp cepat panas seperti hal-hal kecil, seperti yang disebutkan diatas.

Hal-hal yang Dapat Menyebabkan Hp Jadi Cepat Panas

Hal apa saja penyebab smartphone cepat panas? berikut rincian mengenai apa yang menyebabkan handphone cepat panas diantaranya:

1. Bermain Game Cukup Lama

Salah satu penyebab utama hp cepat panas adalah menggunakan untuk bermain game dengan waktu yang lama.

Bermain game memanglah hal yang sangat asyik dan tentunya dapat menghibur, akan tetapi jika terlalu sering bermain game dengan waktu yang lama di Handphone, akan menyebabkan hp cepat panas.

Penyebab hp cepat panas saat bermain game dikarenakan aplikasi game memiliki intensitas yang tinggi dan inti pemrosesan pusat pada posel, selain unit pemrosesan grafis juga dapat membuat handphone cepat panas.

Cara mengatasi hp yang gampang panas karena main game tentunya mengurangi waktu bermain game dengan menggunakan handphone.

2. Banyak Notifikasi

Notifikasi terlalu banyak adalah salah satu penyebab hp android mudah panas karena jika hp terus menyala, bergetar, atau memutar suara notifikasi, tak menutup kemungkinan Hp anda akan cepat panas.

Hal ini terjadi karena aliran notifikasi yang konstan membuat prosesor hp terus bekerja sehingga penyebab hp gampang panas, untuk cara mengatasi hp yang mudah panas karena nitifikasi pastikan hanya mengaktifkan notifikasi pada aplikasi yang Anda gunakan.

3. Banyak Aplikasi Terbuka

Penyebab hp cepat panas yang paling umum lainnya adalah karena banyaknya aplikasi yang terbuka. Seringkali saat internetan membuka aplikasi dengan jumlah yang banyak secara bersamaan dan tidak benar-benar menutupnya.

Hal ini yang membuat pemakaian baterai boros karena terus berjalan dan membuat hp jadi lemot dan panas.

4. Wifi Terus Menyala

Fitur wifi yang terus menyala tanpa digunakan bisa menguras baterai yang dapat membuat hp smartphone terasa lebih panas.

hal ini di sebabkan karena ponsel terus mencari sinyal Wi-Fi, di saat yang tidak dibutuhkan bahkan saat tidak ada sambungan wifi, handphone dapat dengan mudah membakar banyak daya.

5. Sinyal Tidak Stabil

Tak cuma wifi, sinyal data seluler yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab hp cepat panas dan baterai cepat habis.

Hal ini karena pada saat sinyal tidak stabil, perangkat akan membuat hp mencari sinyal secara terus menerus.

Untuk cara atasi hp android cepat panas karena sinyal tidak stabil, mematikan data seluler saat berada di lokasi yang susah sinyal.

6. Streaming

Selanjutnya penyebab hp menjadi cepat panas adalah menggunakan hp untuk menonton streaming, jika jarang menggunakan handphone untuk bermain game namun hp mudah panas bisa jadi terlalu sering menggunakan handphone untuk menonton konten streaming.

Menonton Youtube dalam waktu yang cukup lama, tentu hal ini tidak ada bedanya dengan main game, menonton konten streaming di Youtube, akan membuat handphone memuat data video dan menjaga tampilan agar tetap aktif untuk jangka waktu yang lama.

Tentunya hal ini bisa jadi penyebab smartphone cepat panas karena hp terus mendownloas video dan menambah beban memory.

7. Layar Terlalu Terang

Salah satu penyebab hp gampang panas adalah layar terlalu terang, pengaturan kecerahan layar juga dapat memperngaruhi prosesor dan membuat baterai hp cepat habis, selain itu juga dapat mengakibatkan hp menjadi cepat panas.

Cara mengatasi hp yang cepat panas karena layar terlalu terang adalah dengan megaktifkan keceraan otomatis dengan menentukan seberapa terang layar yang dibutuhkan.

8. Menggunakan HP ketika di Charge

Jika anda salah satu orang yang menggunakan handphone ketika di cas, anda juga harus hati-hati karena jika hal ini terus dilakukan, akan merusak hardware dan bahkan dapat membuat handphone meledakkan.

Saat mengisi baterai, pastikan untuk menempatkan ditempat yang sejuk dan rata. Hindari untuk menaruh handphone di atas kasur atau bantal,karena kedua hal ini bisa menyerap panas dari hp yang
di cas.

Selain itu, hp cenderung mengalami panas berlebih saat terisi penuh, jadi isi dayanya saat mendekati 30% dan cabut setelah mencapai 80%.

9. Masalah pada Baterai Charge

Tak hanya menggunakan hp ketika di charge, perlu juga untuk mencari tahu apakah baterai hp bermasalah atau tidak, hal yang perlu diperhatikan adalah keadaan baterai dan kabel charging.

Jika baterai atau kabel charge yang sudah terlalu lama, dapat jadi penyebab handphone mudah panas.

Karena masalah pada baterai dan charger ini bisa menyebabkan masalah saat mengisi daya. Jika ini terjadi, penyebabnya bisa berupa baterai yang rusak, kabel pengisian yang berkualitas buruk, atau masalah dengan port.

10. Faktor Lingkungan

Hal lainnya yang menyebabkan hp cepat panas adalah fakto lingkungan, paparan sinar matahari akan menjadi penyebab paling umum hp mudah panas.

Hal ini dinamakan overheating, panas sinar matahari akan merusak komponen internal ponsel yang akan memperngaruhi masalah baterai, memperlambat kinarja, dan dapat merusak layar.

Faktor lain yang Menyebabkan Hp Cepat Panas

Hal-hal lain apa yang menyebabkan handphone cepat panas yang terkadang tidak disadari adalah sebagai berikut:

1. Penyinkronan Otomatis Aplikasi dan Data

Penyebab hp ceopat panas yang tidak terduga lainnya adalah proses sinkronisasi otomatis dalam bermacam-macam aplikasi.

Otomatis mencadangkan foto atau menyinkronkan aplikasi mungkin adalah ide bagus untuk keamanan penyimpanan. Namun, proses sinkronisasi yang terlalu sering bisa menguras baterai dan kinerja hp.

2. OS yang Tidak Terupdate

OS atau sistem operasi yang tidak segera diperbarui bisa menjadi penyebab hp cepat panas.

Hal ini karena sebenarnya pembaruan OS dapat menambahkan perbaikan untuk bug yang bisa memengaruhi kinerja baterai lebih efektif. Jika tidak terupdate, perangkat akan jadi lebih lemot dan panas.

3. Malware

Malware juga bisa membuat hp cepat panas. Ini karena malware seluler dapat terus menjalankan aplikasi, widget, atau proses berbahaya di latar belakang, membuat prosesor terus bekerja.

Ini bisa menyebabkan hp mengeluarkan terlalu banyak panas. Hindari mengunduh aplikasi yang tidak berasal dari toko resmi atau membuka situs yang tidak jelas.

4. Bug pada Aplikasi

Bug yang ada di dalam aplikasi dan software akan menjadi penyebab hp cepat panas. Ini karena prosesor tidak akan bekerja dengan optimal.

Mengapa selalu ada pembaruan atau update dari sebuah aplikasi. Karena dengan melakukan update aplikasi rutin, akan banyak bug yang akan diperbaiki ulang, sehingga prosesor dapat bekerja secara optimal.

5. Pembaharuan Software

Hal lainnya yang jadi penyebab hp cepat panas adalah software yang belum diperbaharui, selain itu aplikasi pada software di handphone juga membutuhkan pembaharuan.

Biasanya handphone akan terlalu panas saat diperbaharui, hal ini dapat terjadi bug di OS yang perlu perbaiki melalui pembaharuan untuk menambahkan kinerja baterai lebih efektif. Jika tidak terupdate, hp yang cepat panas dan lemot

Cara Mengatasi Hp yang Cepat Panas

Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi handphone yang cepat panas:

1. Hindari Cahaya Matahari

Cara termudah untuk mengatasi panas pada hp adalah dengan menjauhkan hp Anda dari sinar matahari. hal ini karena ho akan menangkap cahaya dan panas dari matahari kemudian menahannya.

Semakin lama handphone berada di bawah sinar matahari, maka handphone bisa menjadi cepat panas.

2. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi tidak digunakan namun tetap berjalan di latar belakang dapat menyebabkan ponsel Anda bekerja lebih keras, dan akhirnya menyebabkannya panas.

Dengan mematikan aplikasi ini, Anda tidak hanya meredakan hp yang panas, namun meningkatkan masa pakai baterai ponsel.

3. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Meningkatkan tingkat kecerahan pada layar ponsel akan memaksa baterai bekerja lebih keras dan menimbulkan panas. Solusinya sederhana, cukup turunkan tingkat kecerahan layar di ponsel Anda.

4. Lepaskan Casing HP

Jika ponsel Anda terlalu panas, casing tidak akan membantu. Melepas casing hp akan memungkinkan ventilasi pada ponsel melakukan tugasnya tanpa terhalang, sehingga panas ponsel dapat mereda lebih cepat.

Itulah beberap penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya, selanjutnya adalah cara mengatasi supaya handphone tidak cepat panas

Cara Mencegah Handphone Agar Tidak Cepat Panas

Setelah mengetahui alasan hp cepat panas dan cara mengatasinya, selanjutnya adalah cara mencegah agar hp tidak cepat panas

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah handphone agar tidak cepat panas, yaitu:

#1. Selalu perbarui aplikasi dan software.

#2. Pisahkan ponsel dari gadget lainnya.

#3. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan.

#4. Hindari perubahan suhu yang tiba-tiba.

Demikianlah beberapa hal yang menyebabkan hp cepat panas dan cara mengatasi beserta mencegah agar tidak cepat panas, semoga bermanfaat.