Skip to main content

Cara Menghidupkan Motor Dengan Menyambung Langsung Kabel Kunci Kontak

Cara menghidupkan motor dengan menyambung langsung kabel kunci kontak. Apa yang terpikir dibenak anda ketika kehilangan kunci kontak motor, tentu yang terpikir adalah bagaimana cara menghidupkan motor tanpa kunci kontak.

Nah Jika anda sedang kehilangan kunci motor dan bingung bagaimana cara menyalakan motor yang hilang kuncinya. artikel ini akan menjelaskan cara menghidupkan motor tanpa kunci atau cara pasang kunci kontak motor 4 kabel dan 2 kabel.

Memang kehilangan kunci motor sangatlah menjengkelkan, masih mending jika ada kunci serep dirumah, tinggal mengambil, bagaimana jika rumah jauh, tentu yang akan dilakukan adalah menyalakan motor tanpa kunci dengan menyambung langsung kabel kunci kontak.

Lalu bagaimana caranya menghidupkan motor tanpa kunci, untuk menghidupkan motor tanpa kontak ikuti ulasan berikut ini tentang cara mudah hidupkan motor tanpa kunci dengan sambung kabel, dikutip dari atebreaker com dibawah ini.

Cara Hidupkan Motor Tanpa Kunci Dengan Sambung Kabel Kontak

Menghidupkan motor tanpa kontak dengan cara menyambung langsung kabel kunci kontak tentunya yang dipersiapkan adalah alat atau kunci-kunci untuk bongkar pasang motor, maka mau tidak anda harus menyuruh orang bengkel untuk membukanya.

Tetapi jika anda memang mencari informasi tentang cara alternatif menghidupkan motor tanpa kontak atau cara untuk hidupkan motor tanpa kunci kontak, sebaiknya anda baca artikel ini sampai habis. Karena artikel ini menjelaskan tutorial cara menghidupkan motor tanpa kunci.

Tapi sebelum mulai menghidupkan motor tanpa kontak, Tentunya ada syarat untuk menghidupkan motor tanpa kunci kontak, yaitu motor tidak dikunci stang atau di kunci leher. Sebab, jika dikunci stang akan percuma bisa menghidupkan motor tanpa membuka kunci stangnya karena motor anda tidak bisa belok. Solusinya adalah mau tidak mau kunci kontak motor harus dilepas lebih dulu, baru hidupkan motor agar bisa digunakan.

Selanjutnya untuk cara menyambung kabel kontak motor, tentu harus mencari tahu terlebih dulu, kontak kabel anda menggunakan berapa kabel.

Caranya, coba lihat lokasi kontaknya, lalu lihat kabel yang masuk menuju kontak. Jika kabel dapat dilihat dan dijangkau dengan tangan, sebaiknya tidak perlu membuka cover body atau bagian penghalang lain.

Ketika sudah ketemu, coba lihat jumlah kabelnya. Umumnya, kunci kontak motor memiliki 2 kabel seperti kebanyakan motor yamaha terutama bebek misalnya vega r, jupiter z, vega zr, atau jupiter mx. Sedangkan sebagian motor honda, memiliki 4 kabel seperti supra fit, legenda dan lainnya.


1. Sambung kontak yang memiliki 2 kabel

Untuk menghidupkan motor yang dua kabel, biasanya satu kabel sebagai arus masuk menuju kontak, lalu keluar dari dari kontak melalui satu kabel lainnya menuju CDI atau langsung menuju koil. Dalam hal ini, kontak motor berfungsi sebagai saklar on dan off untuk menyambung arus pengapian motor dari kabel tersebut.

Dan cara menyambungnya adalah tinggal putus dua kabel yang menuju kontak tadi mengunakan gunting atau pemotong lain, lalu menyambung kedua kabel tersebut.

Jangan lupa menyambung kedua kabelnya yang dari bawah ya, bukan yang menempel ke kontak setelah diputus tadi.

Selanjutnya cek dasbor speedometer motor, jika aki masih hidup, lampu-lampu speedometer akan menyala dan motor dijamin akan hidup.

Jika tidak ingin menggunting kabel, bisa sambung melalui soket (sambungan) kunci kontak, yang biasanya berjarak 10-15cm jaraknya dari kabel kontak.

Caranya, buka soket dan sambung kedua kabel melalui soket tadi menggunakan kabel, atau benda penghantar listrik lain seperti jarum, atau kawat. Hasilnya akan sama saja.


2. Sambung kontak yang memiliki 4 kabel

Selanjutnya cara menghidupkan motor tanpa kontak adalah untuk kunci kontak motor 4 kabel, Cara pasang kunci kontak motor 4 kabel atau menghidupkan motor yang memiliki 4 kabel sebenarnya cara kerjanya sama, yaitu kontak sebagai saklar pemutus arus. Hanya saja tipe 4 kabel ini lebih rumit. Untuk tipe 4 kabel ini terbagi dua

Pertama 2 kabel berfungsi sebagai kontak pengapian. Sedangkan 2 kabel lainnya sebagai pemutus arus aki dan kelistrikan lain motor, tapi ini hanya berlaku bagi motor dengan arus pengapian AC.

Kedua, 2 kabel berfungsi sebagai kontak pengapian motor, sedangkan 2 kabel lainnya berguna sebagai sensor pada kontak dengan pengamanan immobilizer yang terbaru dan termutakhir. Pada jenis kontak ini lebih rumit.

  • merah Aki
  • hijau massa (ground)
  • Hitam putih= CDI
  • hitam polos=aksesoris/penghubung saklar saat kontak on

Untuk yang pertama dengan pengapian AC seperti pada beberapa motor honda supra series, atau tiger, kontak biasanya diambil dari arus CDI yaitu mematikan motor melalui CDI secara langsung (bukan memutus arus pengapian/aliran listrik).  tidak perlu sambung kabel, melainkan cukup dengan memutus salah satu kabel yang menuju kontak saja yaitu massa (ground).

Pada motor honda supra, cari saja kabel kontak yang berwarna hijau, lalu gunting kabel sampai putus. Maka pengapian akan terhubung dan motor bisa hidup. walaupun aki mungkin akan mati. Tapi setidaknya, dengan cara ini sudah bisa membawa motor ke bengkel untuk mengganti kunci baru.

Demikianlah tentang cara menghidupkan motor dengan menyambung langsung kabel kunci kontak,atau cara menyalakan motor tanpa kunci dengan sambung kabel, semoga cara pasang kunci kontak motor 4 kabel bermanfaat, bagi yang membutuhkan.