Skip to main content

Penyebab dan cara mengatasi hp sering mati sendiri dengan tiba-tiba

Handphone yang memiliki berbagai macam pungsi yang menunjang aktivitas sehari-hari, tentu sangat menjengkelkan ketika hp tiba tiba mati mendadak saat dipakai.

Hal ini biasa terjadi pada handphone baru maupun hp lama dan penyebab hp selalu mati sendiri bahkan mati total bisa beragam

Namun biasanya yang menyebabkan hp tiba tiba mati sendiri padahal baterai masih ada karena terjadi masalah pada komponen handphone bisa jadi disebabkan dari sofware bisa juga karena ada masalah di hardware.

Untuk mengetahui apa penyebab hp sering mati sendiri saat digunakan dan bagaimana cara mengatasi hp yang sering mati sendiri, ikuti artikel ini karena membahas tentang penyebab hp sering mati sendiri dan solusinya

Penyebab hp sering mati sendiri dan cara mengatasinya

HP yang mati sendiri tidak mau nyala, meskipun sudah dipencet bagian manapun tentu membuat akan khawatir.

Apalagi jika aktivitas selalu mengandalkan HP dalam setiap saat, oleh karena itu sebaiknya kenali apa penyebab HP mati sendiri.

Dan di bawah ini yang biasa jadi penyebab HP mati sendiri, bisa jadi diantara penyebab hp nyala mati terus ini yang anda alami lalu memperbaiki nya

Cara mengatasi hp yang tiba tiba mati dan penyebabnya

Berikut 6 macam penyebab hp sering mati dan cara mengatasi hp yang tiba tiba mati sendiri.

1. File Sampah yang Menumpuk

Salah satu penyebab utama HP mati sendiri adalah terlalu banyak menyimpan cache, cache adalah "file sampah" yang biasa disimpan otomatis dalam ponsel, selain itu jika menumpuk maka akan memberatkan kinerja handphone. Hal ini yang tentu dapat memicu HP mati sering sendiri.

Cara mengatasi cache hp yang menumpuk adalah dengan membersihkan aplikasi bawaan atau bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti: CCleaner, Clean Master, files by Google, Phone Master, dan iClean.

File cache juga banyak didapat dari aplikasi dan browser, jika sering menggunakan browser lebih baik menghapus beberapa pencarianmu di browser.

2. Kondisi Baterai

Tak hanya file sampah yang menumpuk yang bisa menyebabkan hp nyala mati sendiri, kondisi baterai juga harus perhatikan.

Sebab kemungkinan besar penyebab HP mati sendiri saat digunakan adalah karena kondisi baterai yang drop atau sudah tidak bagus lagi, Kondisi seperti ini kerap sekali terjadi pada HP yang sudah berusia lama.

Perlu diketahui bahwa baterai yang sudah tidak sehat lagi akan memiliki pengaruh performa pada handphone, solusinya denga menggantu baterai dengan yang baru.

3. Overheat atau Kepanasan

Sering menggunakan HP walaupun panas hal ini merupakan salah satu penyebab hp sering mati mendadak, jika HP selalu digunakan saat panas akan membuat overheat.

Hardware yang terlalu panas dapat terjadi karena baterai smartphone yang bermasalah, bila ini terjadi maka akan merambat pada sistem hardware yang lainnya, seperti RAM, processor, dan lainnya tentu yang akan menyebabkan HP mati dengan sendirinya.

Cara mengatasi hp yang kepanasan adalah sebagai berikut:
  • Menggunakan mode hemat daya
  • Mengurangi kecerahan layar
  • Matikan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth
  • Menutup applikasi yang sudah tidak digunakan
  • Menghindari penggunaan HP saat sedang di charge

Itulah beberapa yang hal bisa dilakukan untuk cara mengatasi hp yang sering mati saat kepanasan

4. Usia HP yang Sudah Tua

HP memiliki batasan usia, hal ini yang dapat jadi penyebab HP mati dengan sendirinya, HP yang sudah dipakai lebih dari 4-5 tahun dapat dikatakan sudah tua.

Handphone yang sudah tua dari segi kualitas tentunya akan menurun jadi sebaiknya jika HP sudah tua jangan memaksakan hardware bekerja terlalu keras.

Cara mengatasi hp yang seri mati sendiri karena sudah tua adalah dengan mencoba opsi reset dan mengganti baterai HP. Dengan cara tersebut biasanya kinerja Hp akan jadi normal kembali.

5. Sistem Applikasi yang Rusak

Kerusakan pada perangkat lunak dan munculnya bug, dan juga karena virus juga dapat menyebabkan HP mati sendiri.

Bug maupun kerusakan pada perangkat lunak biasanya akan ditandai dengan HP yang sering mati nyala sendiri, Bisa jadi penyebab ponsel mati dan tiba-tiba mati sendiri karena belum melakukan update,

Jadi salah satu cara mengatasi hp yang tiba tiba mati sendiri adalah dengan melakukan update sistem dengan membuka dan mengecek pengaturan handphone lalu memilih opsi sistem.

6. Overload pada Chipset dan Memori RAM

Masalah hardware dapat mempengaruhi sistem pada HP kita, jika beban yang terlalu banyak juga dapat membuat sistem hardware bekerja terus-menerus.

Handphone juga memiliki tipe dan kinerja masing-masing, overload pada hardware seperti memeri RAM juga dapat membuat hang, dan bisa jadi sebab hp sering mati sendiri

Untuk cara mengatasinya adalah dengan menghapus beberapa applikasi yang tidak digunakan supaya melonggarkan memori internal maupun RAM.

Solusi lainnya adalah dengan memindahkan Aplikasi ke memori eksternal dan juga rutin membersihkan file sampah maupun cache.

Demikianlah beberapa penyebab HP mati dengan sendirinya dan cara mengatasi hp sering mati tiba tiba. semoga bermanfaat.