Skip to main content

Cara Praktis Mengatasi Memori Internal Android Tanpa Menghapus Foto dan Musik

Cara praktis mengatasi memori internal android tanpa menghapus Foto dan musik. Pengguna smartphone android pasti pernah merasa kesal dengan kinerja smartphone yang digunakan mengalami memori internal kepenuhan sehingga performanya lemot.

Hal ini biasa terjadi pada smartphone android yang kapasitasnya memori internal kecil. lalu bagaimana cara mengatasi memori internal penuh padahal aplikasi sedikit.

Untuk mengetahui kenapa memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit, biasanya hal seperti ini terjadi karena ruang penyimpan yang mulai menyempit dan cara paling mudah mengatasi memori telepon penuh padahal aplikasi sedikit adalah dengan menghapus, foto, video, musik, ataupun aplikasi yang tidak diperlukan lagi.

Namun terkadang, ruang penyimpanan masih saja penuh, meskipun hanya menyimpan file dan aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan. Apa bila menghadapi persoalan seperti ini, dibawah ini dua cara praktis mengatasi memori internal smartphone android tanpa menghapus foto dan dan file musik

Cara Praktis Mengatasi Memori Internal Android Tanpa Menghapus Foto dan Musik

Berikut ini adalah cara mengatasi memori internal penuh padahal aplikasi sedikit, atau cara mengatasi memori telepon penuh padahal aplikasi sedikit:

  1. Bersihkan File Sampah atau Cache
    File sampah atau cache biasanya terkumpul ketika aktif berselancar diinternet, sebab umumnya Setiap aplikasi yang terpasang berpotensi untuk menyimpan file sampah dan jumlahnya bisa mencapai puluhan MB,

    Nah salah satu cara mengatasi memori internal kepenuhan adalah dengan cara membersihkan sampah-sama tersebut agar ruang penyimpan kembali tersedia.

    Cara membersihkan file sampah atau cache:

    - Masuk ke Pengaturan (Setting)
    - Lalu pilih Aplikasi,
    - Kemudian Manajer Aplikasi.
    - Setelah itu, pilih aplikasi yang hendak dibersihkan
    - Kemudian ketuk Clear Cache atau Hapus Memory.

    Lakukan hal yang sama pada setiap aplikasi yang ingin di hapus sampahnya Agar memori kosong dengan sempurna,

  2. Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

    Setiap smartphone pasti sudah dibekali aplikasi bawaan oleh vendor, yang juga berpotensi memakan memori internal perangkat.

    Cara untuk menonaktikan aplikasi bawaan agar memori HP tidak kepenuhan:

    - Masuk ke pengaturan (Setting)
    - Lalu ketuk Aplikasi deffault ketuk aplikasi yang hendak di nonaktifkan.
    - Jika memungkinkan Ketuk hapus Installan Pembaruan atau tindakan lain yang diinginkan.

Demikianlah informasi tentang cara praktis mengatasi memori internal android tanpa menghapus foto dan musik dan file-file penting. semoga cara mengatasi memori telepon penuh padahal aplikasi sedikit bermanfaat bagi yang membutuhkan.