Skip to main content

8+ Cara Mempercepat Hp Android yang Lemot

Cara mempercepat hp android yang lemot. Pengguna smartphone android tentu pernah merasakan performa hp yang menurun, lalu lama kelamaan jadi lemot dan sangat lambat, hal seperti ini tentu sangat mengecewekan

Apa lagi jika spesikasi hp android yang di miliki adalah hp mahal namun masih lemot juga performanya, lalu bagaimana cara mempercepat hp dan cara mengatasi hp android yang lemot padahal sedikit aplikasi.

Sebenarnya ada beberapa cara mempercepat hp android yang lemot karena Hp android atau smartphone yang lemot tidak selalu permanen. lemotnya smartphone android yang digunakan biasanya terjadi karena suatu penyebab dan bisa kembali normal dan lancar performanya dengan melakukan cara tertentu.

Jika hp android anda lemot dan mencari cara mempercepat hp, ikuti ulasan ini karena mengulas tentang beberapa cara mempercepat kinerja Hp android yang lemot bagaimana caranya, ikuti tips dibawah ini,

Sembilan Cara Mempercepat Hp Android yang Lemot

Tentu semua pengguna Hp bosan menunggu hp android yang lemot, untuk cara mempercepat hp lemot ikuti terus artikel cara mempercepat hp android yang lemot dan cara mengatasi hp android yang lemot yang sangat menjengkelkan, berikut ini langkah-langkah dan cara mempercepat hp lemot:

#1. Memperbaharui Jika tersedia versi terbaru

  1. Pertama dan terpenting cara mempercepat hp, sebaiknya memastikan smartphone android yang digunakan benar-benar up to date.

    Sesekali versi Android yang lebih baru, skin UI yang diperbarui, patch, atau perbaikan bug akan muncul. hal ini dapat mengatasi dan mempercepat kinerja hp android yang lemot.

    Cara mengetahui apakah smartphone android yang digunakan membutuhkan pembaruan:

    - Buka Pengaturan > Tentang Perangkat > Pembaruan Perangkat Lunak .

  2. Sebaiknya terus-menerus memeriksa pembaruan untuk aplikasi tertentu, terutama hal- hal seperti emulator. Terkadang pembaruan saja dapat membuat perbedaan.

    Hal itu berlaku untuk Layanan Google Play juga, mengingat itu mengendalikan hampir semua yang ada di ponsel Anda.

#2. Bersihkan Layar Depan (home)

Sangat penting untuk membersihkan layar depan sesekali. Jika memiliki layar depan atau beranda dengan wallpaper hidup yang tercakup dalam widget yang menampilkan umpan berita, cuaca, dan sosial media.

Cobalah untuk membersihkan pemintas tersebut, hapus dan sisakan seperlunya saja, hal ini juga salah satu cara mempercepat kineja hp android yang lemot

Selain itu, cara mempercepat hp dengan membersihkan layar depan, pastikan bahwa wallpaper yang dipasang bersifat statis. Hindari wallpaper bergerak karena ini berperan membebani kinerja smarphone android, .

#3. Kurangi Animasi

Trik kecil cara mempercepat hp ini cukup terkenal, Ini tidak akan benar-benar mempercepat, akan tetapi mengurangi waktu yang diperlukan untuk transisi antara layar dan aplikasi membuat semuanya tampak lebih cepat.

Cara mempercepat hp android yang lemot dengan mengurangi animasi:

  • Masuklah ke menu Settings > About phone kemudian caril menu Device information atau systems.

    Dari menu tersebut, cari kolom yang menampilkan Build number. Sentuhlah kolom tersebut sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan mode Developer. 

  • Setelahnya, di dalam menu Settings, akan muncul pilihan Developer option.

    Masuklah ke sana dan temukan kolom Window animation scale, Transition animation scale, serta Animation duration scale. Secara berurutan, ubah angka yang tertera menjadi 0.5x atau Animation off.

#4. Paksa Perenderan GPU

Trik lain cara mempercepat hp yang bisa digunakan untuk mempercepat kinerja hp android yang lemot adalah render Force GPU. Ini akan menggunakan unit pemrosesan grafik ponsel (GPU)

Daripada perenderan perangkat lunak untuk beberapa elemen 2D yang belum memanfaatkan opsi ini. Itu berarti rendering UI yang lebih cepat, animasi yang lebih halus, dan lebih banyak ruang untuk pernapasan CPU ponsel.

Catatan: GPU membutuhkan lebih banyak daya daripada CPU, jadi ini juga dapat mengurangi masa pakai baterai sekitar 5-15 persen.

#5. Menghapus Data yang di-cache

Cara mempercepat hp android yang lemot selanjutnya adalah menghapus cache. Data cache adalah informasi yang disimpan aplikasi untuk membantu melakukan boot lebih cepat,

Seiring berjalannya waktu dan pemakaian smartphone yang terus menerus, data cached tersebut bisa menumpuk makin besar dan memakan banyak memori, sehingga membuat kinerja ponsel melambat.

Agar kinerja sedikit lebih lancar, longgarkan memori dengan menghapus data cache di setiap aplikasik yang digunakan, ini merupakan bagian dari cara mempercepat hp yang kinerjanya lambat.

Caranya menghapus data cache untuk mempercepat kinerja hp android yang lemot:

  • Masuk ke Settings > Apps
  • Lalu pilih aplikasi yang biasanya menyimpan banyak cache. Misalnya media sosial. 
  • Buka aplikasi tersebut dan pilihlah Clear Cache. 

Bila menggunakan Android 6.0.1 Marshmallow,  Buka Settings > Storage dan pilih carilah kolom Clear cache.

Setiap ponsel meletakkan kolom clear cache ini di posisi yang berbeda-beda. Bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa membersihkan cache, misalnya CC Cleaner atau Clean Master.

#6. Matikan Sinkronisasi Otomatis

Selanjutnya untuk cara mempercepat kinerja hp android yang lemot adalah dengan mematikan Sinkronisasi Otomatis, Seringkali pengguna Android memasang banyak akun, baik berupa media sosial, e-mail dan lainnya. Akun-akun tersebut umumnya terpasang dalam kondisi Sinkronisasi/ auto-sync menyala.

Sinkronisasi sendiri merupakan fitur yang berguna agar aplikasi otomatis menarik data terbaru dalam durasi tertentu, contohnya untuk menerima email.

Meski berguna dan dibutuhkan akan tetapi jika sudah terlalu banyak aplikasi yang memakainya, maka sinkronisani otomatis juga bisa membuat ponsel menjadi lelet.

Solusinya adalah memilih dan mematikan auto-sync pada aplikasi tertentu. Terutama yang tidak terlalu banyak membutuhkannya.

#7. Layanan latar belakang

Pertimbangkan untuk menghapus layanan latar belakang yang tidak perlu. Layanan latar belakang adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang secara terus-menerus, menonaktifkan latar belakang adalah salah satu cara mempercepat hp android yang lemot.

Contoh adalah aplikasi facebook, dan berbagai sosial media, untuk bisa melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang.  Buka menu > Opsi Pengembang dan cari " Latar Belakang"

Di sini, akan melihat aplikasi mana yang memiliki izin untuk berjalan di latar belakang. Hapus yang tidak perlu, hal ini juga salah satu cara mempercepat kinerja hp android yang lemot. Mematikan latar belakang juga dapat membuat daya tahan baterai bertahan.

#8. Avoid Task Killers

Perangkat Android sebenarnya sangat efisien ketika mengelola memori mereka sendiri, sering ada alasan mengapa aplikasi tetap hidup. Mem-boot aplikasi dari ketiadaan membutuhkan waktu lebih lama dan menggunakan lebih banyak baterai daripada beralih ke yang dijeda.

Jika membuka aplikasi yang membutuhkan lebih banyak memori, Android akan secara otomatis mematikan yang paling tidak penting untuk mengosongkan ruang.

Untuk alasan ini, menggunakan task killer dapat memperlambat perangkat kinerja smartphone. Cara yang lebih baik untuk mengatasi ini adalah mengidentifikasi pelaku dan menghapusnya secara individual. Hal yang sama berlaku untuk data cache – jadi lakukan ini sesekali, tidak sepanjang waktu!

#9. Reset ke mode pabrik/Factory Reset

Jalan termudah untuk memperbaiki kinerja ponsel Android yang lambat adalah melakukan Factory Reset. Ini akan membuat software ponsel kembali pada kondisi saat baru membelinya dan membersihkan segala data yang ada di dalamnya.

Memang ini tidak sederhana karena akan menghapus semua aplikasi dan data. Bahkan mesti mengunduh ulang beberapa aplikasi yang memang penting, lalu menyalin ulang data-data.

Namun dengan cara melakukan Factory Reset secara berkala, kinerja ponsel bisa dijaga supaya tetap kencang. Jangan lupa untuk menyimpan data cadangan sebelum Anda melakukan hal ini.

Demikianlah informasi tentang cara mempercepat Hp android yang lemot atau cara mengatasi hp android yang lambat semoga sembila cara mempercepat hp bermanfaat bagi yang membutuhkan.