Skip to main content

19+ Cara Mengatasi Hp Lemot Supaya Performanya Wuss

Cara mengatasi hp lemot. Tentu semua pemilik hp sangat jengkel ketika mengalami performa hp lemot padahal aplikasi sedikit, saat kejadian seperti ini sudah pasti berpikir bagaimana supaya hp tidak lemot dan cara mempercepat hp android yang lemot.

Apabila hp atau smartphone andorid kebanggaan yang digunakan tidak lemot atau lelet, tentu suatu keharusan untuk mencari cara supaya hp tidak lemot dan cara mengatasi agar hp tidak lemot atau kinerjanya lambat.

Hp lemot padahal aplikasi sedikit atau lelet biasa dari kesalahan sendiri, dan terkadang juga karena ketidaktahuan mengatasi supaya hp tidak lemot sehingga performa menurun dan kinerjanya menjadi sangat lambat.

Disaat mengalami hp lemot padahal aplikasi sedikit jangan putus asa lalu terburu-buru menjual atau mengganti handphone sebab ada bermacam cara mengatasi kinerja hp lemot supaya performanya kembali cepat.

Asalkkan rajin buka internet dan mencari tahu informasi supaya hp tidak lemot pasti akan menumukan tutorial yang menyajikan tips cara mempercepat hp android yang lemot padahal aplikasi sedikit.

Sembilan Belas Cara Mengatasi Hp Lemot Padahal Aplikasi Sedikit

Apabila hp yang anda digunakan sudah terlanjur lemot dan lelet, maka berikut ini tips supaya hp tidak lemot dan cara untuk mengatasinya agar ponsel dapat bekerja seperti sedia kala:

1. Ketahui Penyebab Hp Menjadi Lemot
Ketika tiba-tiba ponsel menjadi lemot padahal aplikasi sedikit, maka hal pertama yang wajib dilakukan supaya hp tidak lemot adalah mengetahui penyebab Hp lemot. Tanpa mengetahui penyebabnya, maka tentu tidak akan mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Cara mengetahui Hp lemot:

  • Buka pengaturan pada handphone kemudian cek apakah kapasitas memori pada ponsel sudah penuh.

    Jika memang karena memori yang penuh, maka hapus beberapa file yang tidak penting seperti foto musik yang sudah tidak perlukan lagi. Sehingga jumlah memori bertambah dan kinerja ponsel kembali normal.

2. Bebaskan Ruangan Memori

Memori yang penuh tentu saja jadi salah satu penyebab Hp lambat, supaya hp tidak lemot tentu harus memberikan ruangan bebas salah satu cara agar handphone kembali bekerja secara optimal.

Memori yang penuh biasanya disebabkan file, baik itu file foto, musik, video maupun dokumen lainnya yang terlalu banyak. Sehingga memakan ruangan memori pada handphone.

Selain itu, penyebab lainnya hp lemot padahal aplikasi sedikit adalah memori terlalu penuh adalah banyak aplikasi yang dipasang sehingga membuat handphone tidak bekerja dengan lebih optimal.

3. Hapus Aplikasi

Menghapus beberapa aplikasi artinya memberikan ruang yang cukup untuk ponsel. hal ini merupakan salah satu cara mengatasi hp lemot padahal aplikasi sedikit, jadi hapus saja aplikasi yang sudah tidak diperlukan agar sistem bekerja normal kembali.

Dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak di perlukan tentu saja merupakan salah satu cara mengatasi hp lemot paling ampuh .

Sebab umumnya beberapa aplikasi terutama aplikasi game memakai ruangan yang cukup besar Sehingga handphone tidak bekerja dengan normal.

Beberapa jenis aplikasi memang menggunakan ruangan yang cukup besar, sehingga dengan menghapus aplikasi tersebut tentu akan memberikan ruangan bebas untuk ponsel supaya hp tidak lemot.

4. Hapus Aplikasi Facebook

Aplikasi media sosial ini menggunakan ruangan yang cukup besar agar bisa aktif. Salah satu cara mempercepat Hp agar tidak lemot adalah menghapus aplikasi facebook.

Apabila tak ingin kehilangan moment di facebook maka sebaiknya buka pada versi web browser. facebook di handphone selain boros memori, juga membuat ponsel boros baterai dan kuota.

5. Hapus Aplikasi Cuaca

Aplikasi cuaca memang dibuat dan dipasang pada ponsel untuk mempermudah para penggunanya mengetahui update cuaca hari ini dan beberapa hari ke depan. Tentu saja dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengatasi segala kemungkinan cuaca.

Namun tahukah bahwa aplikasi cuaca ini adalah salah satu aplikasi yang memiliki pemakaian memori paling besar. Sebab selalu aktif selama 24 jam untuk mengabarkan cuaca dan suhu udara untuk hari ini.

Apa bila jarang melihat update cuaca, ada baiknya menghapus aplikasinya, agar hp tidak lemot. Sebab ketika aplikasi ini aktif, maka aplikasi akan terus bekerja selama seharian penuh mengupdate data cuaca, yang tentu sebagai penyebab hp lemot padahal aplikasi sedikit.

6. Hapus Aplikasi Antivirus Gratis

Memiliki antivirus memang mengamankan ponsel dari kemungkinan terkena virus. Namun tahukah bahwa menggunakan antivirus gratis justru membuat ponsel menjadi lambat. Berbeda dengan aplikasi antivirus yang berbayar.

Jadi solusinya supaya hp tidak lemot dan untuk mempercepat hp android yang lemot hapus antivirus gratis sebab umumnya setiap smartphone sudah disematkan antivirus didalamnya. dan jika ingin tetap memakai antivirus sebaik antivirus yang berbayar.

Antivirus berbayar adalah aplikasi yang ringan dan hemat ruang penyimpanan. Selain itu antivirus berbayar juga lebih bersahabat dengan ponsel, sehingga tidak akan membuat ponsel menjadi lemot ketika digunakan.

Memakai antivirus berbayar adalah salah satu cara mengatasi hp lemot padahal aplikasi sedikit dan juga jauh lebih aman dibandingkan dengan antivirus gratis.

7. Hapus Aplikasi Pembersih

Aplikasi pembersih ini merupakan salah satu aplikasi yang berguna. Namun sebenarnya aplikasi tersebut justru berpotensi untuk memperlambat kerja handphone. Apabila sudah terlanjur memasangnya, maka sebaiknya segera hapus aplikasi tersebut.

Meskipun Anda membutuhkan aplikasi ini, namun menghapus aplikasi ini ternyata merupakan salah satu cara mengatasi agar hp tidak lemot yang paling efektif.

Aplikasi pembersih ketika membersihkan ponsel kadang masih menyisakan file-file yang tidak dapat ditemukan. File-file inilah yang memakan memori pada ponsel, sehingga menghapus aplikasi ini dapat membantu supaya hp tidak lemot dan menghemat memori juga membuat hp bekerja lebih optimal.

8. Hapus Aplikasi Browser Bawaan

Menghapus aplikasi browser bawaan dapat menghemat memori supaya hp tidak lemot sekaligus membuat handphone memiliki performa yang prima. jika ingin berselancar di internet. Pilih dan install Google Chrome untuk browser Aplikasi ini jauh lebih hemat memori ketimbang aplikasi bawaan handphone.

9. Ketahui Kapasitas RAM

Cara mengatasi hp lemot padahal aplikasi sedikit selanjutnya adalah mengetahui kapasits RAM. Setiap handphone pasti memiliki dan menggunakan RAM dengan kapasitas yang berbeda-beda.

Jika memang ukuran RAM handphone ternyata kecil, maka wajib melonggarkan space RAM pada ponsel dengan menghapus aplikasi atau menutup aplikasi ketika sudah tidak digunakan lagi.

Selain itu, bisa juga menonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan, hal ini juga merupakan salah satu cara mengatasi hp lemot atau lelet

10. Perbarui Versi OS Android

Versi OS Android merupakan salah satu faktor yang mendukung kinerja smartphone Android apakah akan lemot atau tidak. Dengan melakukan pembaharuan versi OS Android hal ini akan membantu supaya hp tidak lemot dan meningkatkan performa smartphone.

Sebab ketika menggunakan versi OS Android terbaru, maka otomatis keinerja sistem juga sedikit mengalami perubahan.

Namun perlu diketahui juga tidak boleh asal memperbarui versi OS Android, sebaiknya perhatikan apakah smartphone atau handphone yang digunakan mendukung fungsi tersebut. Sebab jika ponsel tidak mendukung untuk upgrade OS, maka upgrade OS bukan pilihan terbaik.

11. Hapus Widget yang Tidak Dibutuhkan

Keberadaan widget kadang akan cukup membantu. Namun tahukah bahwa aplikasi widget ternyata dapat menghambat kinerja ponsel. Dengan menonaktifkan widget tersebut dapat membantu supaya hp tidak lemot dan untuk menghemat memori serta membuat ponsel kembali bekerja normal.

Menggunakan widget berarti sama saja membiarkan aplikasi berjalan, sehingga hal ini dapat membuat RAM pada ponsel bekerja keras membuatnya tidak normal.

12. Atur Penggunaan Wallpaper

Pengaturan wallpaper memang membuat ponsel menjadi lebih indah. Namun tahukah bahwa ketika menjatuhkan pilihan pada live wallpaper maka ponsel akan menjadi lemot. untuk mengatasi hp lemot, Hindari pemakaian live wallpaper, sebab pemakaian wallpaper semacam dapat memperlambat kinerja handphone.

Tentu saja ketika RAM yang dibutuhkan lebih besar maka ponsel akan menjadi lebih lemot dari perkiraan Anda. Sehingga ada baiknya menghindari penggunaan wallpaper semacam ini, dan untuk mempercantik handphone. Sebaiknya gunakan tipe wallpaper gambar tidak bergerak saja sepeti foto untuk membuat penampilan lebih menarik.

13. Gunakan Aplikasi Serba Guna

Aplikasi serba guna ini akan menolong untuk menghemat memori ponsel Anda supaya hp tidak lemot. Aplikasi ini merupakan salah satu pilihan yang cukup bijaksana untuk digunakan. Aplikasi ini mampu melakukan banyak hal namun tidak memakan memori, sehingga ruangan bebas dalam handphone tetap cukup. Cara ini merupakan salah satu cara mengatasi agar hp tidak lemot.

14. Gunakan Fitur Auto Kill

Selanjutnya mengatsi hp lemot padahal aplikasi sedikit adalah mengunakan Fitur Auto Kill, Fitur ini merupakan salah satu fitur cerdas yang akan menolong ponsel agar tidak lemot.

Aplikasi ini bekerja untuk mencegah adanya aplikasi yang dijalankan di background saat ponsel dalam keadaan mati atau sleep. Sebab dengan adanya aplikasi yang berjalan di background dapat membuat handphone menjadi lemot.

15. Selalu Gunakan Aplikasi Berbayar

Menggunakan aplikasi yang berbayar salah satu cara mengatasi hp lemot padahal aplikasi sedikit karena hal ini akan membuat smartphone jadi lancar.

Berbeda dengan menggunakan aplikasi gratis. Ketika menggunakan aplikasi gratis yang terjadi adalah ponsel menjadi sangat lemot sebab banyak sekali iklan yang ada di dalam smartphone, sehingga memperlambat kinerja smartphone.

16. Matikan Animasi

Tidak menggunakan animasi merupakan salah satu cara mengatasi hp lemot, Animasi memang menjadikan smartphone jadi menarik. Namun justru animasi inilah yang menjadi penyebab utama ponsel Android menjadi lambat.

Dengan menghapus animasi artinya memberikan ruang bebas pada RAM supaya hp tidak lemot. Memang penampilan ponsel menarik. Namun justru degan menghapus merupakan cara terbaik mempercepat hp android yang lemot.

17. Bersihkan Data Partisi

Melakukan pembersihan data partisi merupakan salah satu cara membuat hp lemot padahal aplikasi sedikit karena dapat membuat smartphone bekerja lancar. Data partisi adalah sebuah data atau bagian dari ponsel yang memungkinkan untuk membuka dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Namun wajib tahu bahwa justru ketika melakukan multitasking inilah yang sering membuat ponsel menjadi lemot. Tentu saja mungkin Anda berpikiran bahwa multitasking merupakan hal yang wajar.

Namun sebenarnya dengan melakukan multitasking pada ponsel Android dapat membuat ponsel semakin sering lemot dan lebih sering hang. Sebab ponsel akan bekerja ekstra keras untuk membuat semua aplikasi yang terbuka dapat dijalankan dengan baik.

18. Matikan Fitur Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis akan membuat terhubung ke semua aplikasi secara langsung tanpa harus membukanya. Namun sinkronisasi otomatis ini akan membuat smartphone berusaha menghubungkan semua aplikasi yang ada pada ponsel dengan data.

Dengan melakukan hal ini smartphone bekerja keras untuk membuat aplikasi berjalan baik. Namun justru hal inilah yang menyebabkan ponsel menjadi sangat lambat. jadi agar hp tidak lemot jangan membiarkan smartphone menjalankan sinkronisasi otomatis.

19. Ganti Menu Launcer Bawaan

Aplikasi Launcer bawaan ponsel tentu saja bisa diganti dengan yang lainnya. Namun juga wajib tahu dengan menggantinya dengan aplikasi yang lebih ringan tidak bekerja dengan memberatkan RAM. Sebab jika aplikasi baru justru memberatkan RAM maka sebaiknya dihindari supaya hp tidak lemot.

20. Lakukan Reset Ulang

Melakukan reset ulang merupakan salah satu cara mengatasi hp lemot, namun terlebih dahulu, sebelum melakukan reset sebaiknya data di perlukan di backup dulu, sebab ketika meret ulang smartphone data-data akan hilang semua, dan data data yang tidak di perlukan yang menumpuk inilah yang membuat smartphonne jadi lambat. jadi ada baiknya melakukan reset secara rutin.

Penyebab Hp lemot Dan Hp lambat Performanya

Setelah mengetahui cara mengatasi Hp lemot supaya wuss. maka wajib juga mengetahui penyebab hp sering lemot dan sangat lambat. jadi apa penyebab hp lemot.

Berikut ini daftar penyebabnya hp lemot padahal aplikasi sedikit:

  • Terlalu Sering Update Aplikasi
  • Memori Terlalu Penuh
  • Terlalu Banyak Aplikasi yang Tidak Penting

Demikianlah informasi tentang cara mengatasi hp lemot atau cara mempercepat hp android yang lemot. intinya agar Hp atau smartphone android tidak lemot. cukup gunakan aplikasi yang diperlukan yang tak pernah digunakan lebih baik di hapus saja. semaga artikel ini bermanfaat.

Sumber referensi: https://daftarhargahp.co.id/cara-agar-hp-tidak-lemot