Skip to main content

Cara menyembunyikan video & foto di galeri Hp samsung, realme, LG tanpa aplikasi

Setiap foto & video yang diambil mengunakan kamera ponsel android atau mendownload video dan foto dari Internet secara otomatis file tersebut tersimpan di galeri hp.

Diantara file video dan foto yang tersimpan di galeri, ada yang ingin disembunyikan karena konten bersifat pribadi lalu disimpan untuk menjaga kerahasian.

Namun bingung atau karena belum tahu bagaimana cara menyembunyikan foto dan video di galeri android, bila belum mengetahui bagaimana cara sembunyikan foto di hp smartphone.

Ikuti ulasan cara menyembunyikan foto/video dari galeri hp Samsung, Lg dan hp Smartphone realme dibawah ini.

Menyembunyikan foto dan video dari galeri di hp Samsung, Realme dan Hp LG tanpa aplikasi dan mengunakan aplikasi

Ada dua cara menyembunyikan foto dan video di galeri android Smartphone yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan album foto di galeri maupun file video yang tak ingin dilihat orang lain

cara menyembunyikan file di galeri tersebut dengan aplikasi untuk menyembunyikan foto dan cara sembunyikan foto di android tanpa aplikasi tambahan dengan mengunakan fitur bawaan handphone.

Kedua trik menyembunyikan video dan foto di galeri hp tersebut, berikut ini ulasannya.

Cara sembunyikan foto dan video di galeri hp tanpa aplikasi

Sebenarnya cara menyembunyikan album foto di galeri ponsel Android. Beberapa ponsel seperti Samsung, Realme, dan LG memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan foto dan video dari galeri.

Berikut cara hide foto di galeri samsung, Realme, dan LG. dikutip dari berbagai sumber.

Cara menyembunyikan foto dan video di ponsel Samsung

Cara menyembunyikan video dari galeri di hp samsung, perangkat Samsung dengan OS Android 7.0 atau yang lebih baru bisa menggunakan fitur "Secure Folder"

Untuk cara sembunyikan foto di galeri samsung dan video langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka menu Settings > Biometrics and security > Secure Folder. Bila tak mau ribet, pengguna bisa langsung mencari "Secure Folder" di kolom pencarian Settings.

2. Saat pertama kali mengakses Secure Folder, pengguna diminta untuk login ke akun Samsung.

3. Setelah itu, pengguna bisa memilih metode penguncian yang ingin digunakan, apakah menggunakan PIN, pola, password, atau fingerprint.

4. Pengguna juga perlu mengatur otomatisasi penguncian "Secure Folder" ke opsi "each time I leave an app". Dengan memilih opsi ini, maka "Secure Folder" akan otomatis terkunci bila pengguna keluar dari aplikasi "Secure Folder"

5. Untuk memindahkan foto atau video ke "Secure Folder", pengguna tinggal membuka foto atau video di galeri. Kemudian, klik titik tiga vertikal di pojok kanan bawah layar > "move to secure folder".

6. Foto atau video akan otomatis disembunyikan di Secure Folder yang sudah dilindungi kata sandi tadi.

7. "Secure Folder" bisa langsung diakses melalui laci aplikasi di ponsel. Pengguna perlu memasukkan kata sandi yang dipilih setiap ingin mengakses "Secure Folder".

Cara menyembunyikan foto dan video di ponsel Realme.

Selanjutnya cara sembunyikan video di hp realme atau menyembunyikan foto di galeri hp realme,

Di ponsel Realme 6 Pro yang menjalankan Android 10, untuk bisa melakukan cara menyembunyikan foto atau video dengan mengakses fitur "Private Safe". Caranya sebagai berikut.

1. Buka menu Settings > Privacy > Private Safe. Pengguna perlu menyetel kata sandi (PIN, pola, password, fingerprint) untuk melindungi folder.

2. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur pertanyaan keamanan dan e-mail pemulihan, bila sewaktu-waktu pengguna lupa kata sandi.

3. Untuk menyembunyikan foto atau video ke "Private Safe", pengguna hanya perlu membuka foto atau video di galeri. Kemudian, klik titik tiga vertikal di pojok kanan bawah layar > "set as private".

4. Foto atau video akan otomatis disembunyikan di Private Safe yang sudah dilindungi kata sandi tadi.

Berbeda dari ponsel Samsung, pengguna Realme hanya bisa melihat foto, video, atau dokumen lain yang disembunyikan dengan mengunjungi fitur "Private Save" di menu Settings.

Cara menyembunyikan foto dan video di ponsel LG

Fitur "Content Lock" bisa digunakan untuk keperluan ini di ponsel keluaran LG, tapi tidak semua model memilikinya. Untuk mengecek sekaligus memanfaatkan Content Lock, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka menu Settings > Fingerprints and Security > Content Lock.

2. Bila tersedia, pengguna bisa langsung mengaktifkan fitur itu dengan menyetel kata sandi yang diinginkan, bisa menggunakan PIN, password, atau fingerprint.

3. Setelah diaktifkan, pengguna tinggal pilih konten yang ingin disembunyikan dari galeri > Menu > More > Lock. Pengguna juga bisa mengunci galeri secara keseluruhan.

4. Setelah itu, konten yang sudah dikunci tadi akan hilang dari galeri.

5. Pengguna bisa mengakses konten yang disembunyikan itu dengan mengeklik Menu > Show locked files > masukkan kata sandi.

Itulah beberapa menyembunyikan foto dan video di galeri android tanpa aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga.

Bagi pengguna yang diponselnya tidak memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan foto, tak perlu berkecil hati.

Ada trik lain menyembunyikan video dan foto di galeri yaitu dengan mendownload aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan foto dan video dari galeri hp

Cara menyembunyikan foto dan video dengan aplikasi pihak ketiga

Dikutip dari KompasTekno, Pengguna ponselnya yang tidak dibekali dengan fitur bawaan untuk menyembunyikan foto dan video, bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk bisa menyembunyikan foto dan video.

Di toko aplikasi Google Play Store, ada beberapa aplikasi yang bisa menjadi pertimbangan pengguna, yaitu:

  1. Aplikasi Vaulty
  2. Aplikasi Keepsafe Photo Vault
  3. Aplikasi Hide Something
  4. Dan aplikasi LockMyPix.

Secara umum, penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan foto atau video ini memiliki langkah-langkah yang sama.

Pertama, tentunya pengguna harus memperoleh aplikasi menyembunyikan foto dan video di Google Play Store.

Setelah itu, buka aplikasi dan berikan izin aplikasi untuk mengakses media penyimpanan lalu setel password/PIN untuk melindungi aplikasi.

Khusus untuk aplikasi Keepsafe Photo Vault, pengguna harus membuat akun terlebih dahulu untuk bisa menyembunyikan konten.

Sementara aplikasi Vaulty, Hide Something, dan LockMyPix bisa langsung digunakan untuk menyembunyikan foto atau video, tanpa perlu membuat akun terlebih dahulu.

Cara mengunakan Aplikasi Vaulty

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk menyembunyikan foto atau video ke aplikasi Vaulty, sebagai berikut.

1. Buka foto atau video yang ingin disembunyikan lalu klik icon "share". Pilih aplikasi "Vaulty". Nanti, secara otomatis, konten yang dipilih akan menghilang dari galeri, dan pindah ke aplikasi Vaulty yang telah dilindungi dengan kata sandi.

2. Pengguna bisa langusng mengimport konten yang ingin disembunyikan langsung dari aplikasi Vaulty. Caranya, klik ikon gembok di atas layar > pilih semua foto atau video yang ingin disembunyikan > klik ikon gembok.

Setelah itu, semua konten yang telah dipilih tadi akan langsung hilang dari galeri, dan dipindahkan ke aplikasi Vaulty. Hal yang sama juga dilakukan menggunakan aplikasi Keepsafe Photo Vault, Hide Something, hingga LockMyPix.

Khusus untuk aplikasi Vaulty dan Keepsafe Photo Vault, pengguna tak hanya bisa mengimpor konten yang ada di galeri, tetapi bisa langsung mengambil foto atau merekam video langsung dari aplikasi. Jadi, konten langsung tersimpan di dalam aplikasi dan dilindungi kata sandi.

Demikianlah cara menyembunyikan foto dan video dari galeri di hp Samsung, Realme dan Hp LG tanpa aplikasi dan mengunakan aplikasi. semoga bermanfaat