Skip to main content

Begini Cara Memotret yang Bagus Menggunakan Kamera Handphone

Cara memotret yang bagus menggunakan kamera handphone. Handphone saat ini, tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, Namun beberapa fungsi lain seperti kamera dapat digunakan untuk belajar fotografi.

Alasannya sederhana, memotret dengan kamera handphone lebih praktis dan lebih mudah, terutama ketika dibawa bepergian. Apalagi kamera handphone kini sudah memiliki sensor dan resolusi yang tidak berbeda jauh dengan kamera profesional.

Bahkan beberapa fotografer pun banyak menggunakan kamera handphone saat memotret di waktu senggang atau ketika sedang jalan-jalan. lalu bagaimana cara belajar fotografer dengan kamera hp.

Dengan mempelajari beberapa cara memotret yang baik mengunakan kamera hp, tentu hasilnya akan memuskan.

Cara Memotret yang Bagus Menggunakan Kamera Handphone

Agar kita dapat menghasilkan foto yang bagus hanya dengan menggunakan kamera handphone, ada beberapa cara memotret yang baik yang perlu diperhatikan.

Tentunya dengan mengetahui teknik dan komposisi yang baik hasilnya tentu tidak jauh berbeda dengan hasil foto yang diambil menggunakan kamera mirrorless atau kamera DSLR sekalipun.

Lalu bagaimana cara memotret yang bagus menggunakan kamera handphone, jika tertarik berikut ini, cara memotret yang baik dengan kamera hp.

  1. Cari Pencahayaan Alami

    Ketika memotret di dalam ruangan, usahakan untuk memilih tempat yang dekat dengan jendela sehingga obyek foto bisa mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari yang masuk melalui jendela.

    Sedangkan jika memotret di luar ruangan, ingatlah bahwa waktu terbaik untuk memotret dengan cahaya yang tepat adalah pada pagi hari dan sore hari. Jika memotret dilakukan pada siang hari di luar ruangan, hasil foto akan terlalu kontras pada area gelap dan terang.

  2. Pahami Spesifikasi Kamera

    Kamera handphone saat ini memiliki fitur dan kemampuan yang sangat baik. Misalnya seperti kamera yang dimiliki oleh Google Pixel 2 dengan lensa bukaan f/1.8, 27mm sehingga kita dapat membuat foto dengan efek bokeh sekalipun dalam situasi yang minim cahaya.

    Selain itu, fitur kamera tersebut dapat digunakan untuk fotografi makro atau foto jarak dekat tanpa menggunakan aksesori tambahan. Yang paling fenomenal dalam dunia kamera handphone adalah dual kamera yang dimiliki oleh iPhone X.

    Masing-masing kamera tersebut sudah memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan f/1.8, 28mm dan f/2.4, yang dapat membuat foto portrait menjadi lebih dramatis.

  3. Gunakan Efek Bokeh

    Beberapa kamera sudah memiliki kamera dengan bukaan diafragma f/1.4 sehingga efek bokeh akan terasa sangat baik. Ingat, semakin kecil angka diafragma berarti semakin besar bukaan diafragma tersebut, dan dapat menghasilkan efek bokeh yang lebih baik.

    Namun ada baiknya juga tidak perlu terlalu sering menggunakan efek bokeh agar keseluruhan foto dapat lebih bervariasi dengan ruang tajam yang lebih lebar.

  4. Cari Sudut Pandang yang Unik

    Hasil foto yang bagus tidak hanya bergantung pada kamera dan lensa yang digunakan, tapi juga beberapa faktor lain seperti sudut pandang yang baik. Untuk itu, kita perlu berlatih lebih banyak agar bisa mendapatkan sudut pandang yang unik namun tetap menarik.

    Tidak ada salahnya untuk melupakan segala teori yang ada terkait komposisi dan sudut pandang. Bebaskan kreativitasmu, dijamin, foto yang dihasilkan tidak akan membosankan.

  5. Atur Resolusi Gambar Paling Tinggi

    Terkadang tidak banyak yang mengerti tentang pengaturan kamera handphone. Padahal sebagian besar handphone saat ini memiliki fitur untuk mengatur resolusi gambar secara manual. Pilih resolusi tertinggi sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih baik.

    Beberapa pengaturan untuk masing-masing handphone mungkin berbeda-beda namun pastikan pengaturan pada posisi untuk mendapatkan gambar dengan mode best quality.

Demikianlah Informasi terknologi tentang cara memotret yang bagus menggunakan kamera Handphone. Semoga cara memotret yang baik dan tips memotret menggunakan Hp, bermanfaat bagi pembaca yang ingin belajar fotografi.