Skip to main content

7 Cara Melindungi Smartphone Dari Hacker, Agar Hp Tidak Di Hack

7 Cara melindungi smartphone dari hacker, agar Hp tidak di hack. Di jaman serba teknologi berbagai macam perangkap pintar tersedia mempermudah untuk melakukan aktivitas, baik melalu internet maupun secara manual, terlepas dari kemajuan teknologi yang mempermudah.

Sebaiknya selalu berwaspada mencari cara melindungi hp dari hacker sebab tak ada yang kebal dari serang hacker. jangankan smartphone, perusahaan besar pun sampai saat ini masih tetap merasa khawatir terhadap isu keamanan data yang mereka miliki .

Tentu sangat disayangkan apabila data dan informasi yang berharga hilang dan diambil oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui cara melindungi hp dari hacker bagi yang memiliki berbagai data dan informasi yang berharga dalam smartphone, untuk melakukan antisipasi dan pencegahan agar masalah yang tak diinginkan tidak terjadi.

Nah kali ini kita mengulas cara melindungi smartphone dari hacker agar hp tidak di hack, Bagaimana langkah dan cara melindungi hp dari hacker serta pencegahan agar data yang ada didalam smartphone yang miliki aman dari serangan hacker, ikuti langkah-langkahnya bawah ini

7 Cara Melindungi Smartphone Dari Hacker, Agar Hp Tidak Di Hack.

Apa saja cara melindungi hp dari hacker dan langkah-langkah mengantisipasi hal-hal yang diinginkan, selangkapnya silahkan dismak saja berikut ini, cara mengamankan hp android atau smartphone dari orang yang tak bertanggung jawab:

1. Jangan Menginstal Sembarang Aplikasi

Keberadaan Playstore dan berbagai pasar aplikasi lain yang menyediakan berbagai aplikasi terbaru atau permainan yang sedang tren membuat banyak orang berkeinginan untuk menggunakannya. Hal yang tidak menjadi perhatian oleh para pengguna adalah keamanan aplikasi yang akan diunduh melalui smartphone.

Hal ini sangatlah penting untuk memahami dengan baik ciri-ciri aplikasi yang bagus dan aman untuk digunakan. biasa yang aman di gunakan adalah yang banya mendwonload, dan jangan lupa membaca ulasan aplikasi yang dikirim pengguna yang terlebih dahulu mengunduh.

2. Lakukan Penggantian Password Secara Rutin

Selanjutnya cara melindungi hp dari hacker adalah pengantian Password, Password yang aman merupakan bagian yang sangat penting untuk di perhatikan saat mengamankan smartphone dari serangan hacker. Ganti password yang dimiliki secara rutin dan selalu gunakan password yang kuat, kuat dalam hal ini adalah password yang tidak mudah ditebak, hindari menggunakan tanggal lahir, dan usahakan mencampur dengan angka dan tanda baca lainnya.

3. Hindari Penggunaan Wifi di Tempat Umum

Saat ini bukan hal yang sulit untuk mendapatkan akses internet berupa wifi di berbagai fasilitas umum. Fasilitas wifi bisa dengan mudah dapatkan seperti di cafe, mall, taman kota, restoran, hotel, sarana transportasu umum, dan lain sebagainya.

Waspada saat menggunakan wifi umum hal ini merupakan salah satu cara melindungi hp dari hacker sebab bisa saja para hacker mencuri setiap data pribadi yang dimiliki melalui wifi di tempat umum dan tentu akan merugikan diri Anda.

4. Aktifkan Enskripsi

Enskripsi merupakan sebuah cara untuk mengamankan smartphone dengan menggunakan sistem konfirmasi pemilik. Jadi ketika akan mengoperasikan smartphone, sistem akan meminta para pengguna untuk memasukkan PIN konfirmasi,

5. Manfaatkan Anti Virus

Salah satu fasilitas yang sering digunakan oleh para pengguna smartphone adalah mengakses berbagai situs website untuk mendapatkan informasi. Penting untuk menggunakan antivirus agar bisa mengatasi setiap virus yang berusaha merusak sistem keamanan smartphone.

Berbagai macam antivirus yang bisa didapatkan secara gratis untuk mengamankan smartphone. Namun, yang paling aman adalah menggunakan antivirus yang premium sebab hal ini lebih menjamin serangan virus yang berbahaya pada smartphone.

6. Gunakan VPN Saat Menggunakan Wifi

Salah satu cara untuk mengamankan data dari para hacker adalah dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network) saat akan terhubung ke wifi. VPN akan melakukan eknkripsi terhadap trafik internet yang digunakan.

Meskipun diklaim aman, ternyata penggunaan VPN akan memudahkan para pembobol data melihat data yang anda transmisikan melalui jaringan wifi. Untuk mengatasi permasalahan ini, sebaiknya menggunakan VPN Third Party seperti Cloak atau TorGuard.

7. Jangan Mudah Percaya Dengan Email yang Masuk

Para pengguna email pasti sering mendapatkan email masuk berisi beragam informasi mulai dari tawaran kerjasama, promosi, sampai menyuruh melakukan klik pada link yang ada. Apabila menerima jenis email yang menyuruh klik, jangan mudah percaya hal tersebut. Dan jangan pernah klik sebuah link yang mencurigakan.

Sudah banyak kasus yang terjadi dari kecerobohan, membuat para pengguna email yang terkena virus karena sembarangan membuka link yang mereka terima. jadi untuk mengantipasi, cari informasi di google tentang email serupa.

Demikianlah informasi tentang 7 cara melindungi smartphone dari hacker, agar Hp tidak di hack, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Sumber:www.labana.id.