Skip to main content

#4 Tanda sepeda motor sudah waktunya ganti oli

Tanda-tanda sepeda motor sudah waktunya ganti oli. Kenapa motor harus ganti oli, sebab oli pada kendaraan bermotor merupakan salah satu bagian penting yang berfungsi sebagai pelumas untuk melindung komponen dan sebagai pendingin agar performa mesin dapat bekerja dengan baik.

Oleh karena itu waktu ganti oli sepeda motor jangan sampai volume oli berkurang dan berubah warna karena membuat suhu di dalam mesin menjadi lebih panas hingga berpengaruh buruk pada performa mesin

Akibat lama ganti oli motor bisa menimbulkan kerusakan pada mesin, misalnya seperti silinder sebagai tempat pembakaran akan menjadi melengkung dan lain-lain.

Jadi ganti oli motor sebaiknya berapa bulan sekali, tergantung pada intensitas pemakaian kendaraan, Bila ingin mengetahui waktu ganti oli motor yang tepat, simak ulasan ciri ciri motor harus ganti oli dibawah ini.

5 Tanda - Tanda Sepeda Motor Harus Ganti Oli

Berapa lama motor harus ganti oli, jangka waktu ganti oli motor sebaiknya diganti setelah melewati jarak tempuh 3.000 hingga 5.000 kilometer.

Oli motor yang diganti secara rutin kinerja mesin motor tetap maksimal dan menjaga keawetan komponen, berikut adalah tanda2 motor harus ganti oli.

#1. Warna oli hitam pekat dan teksturnya encer

Tanda sepeda motor sudah waktunya ganti yang pertama adalah ketika warna oli nampak hitak pekat.

Warna oli yang sebelumnya berwarna kuning atau biru dan kental akan berubah menjadi hitam pekat dan encer seiring pemakaian.

Hal ini disebabkan oleh kerak dari sisa pembakaran di dalam mesin yang terjadi secara terus menerus.

Anda bisa menggantinya dengan oli rekomendasi pabrikan atau menggunakan merek produsen oli terkenal. Sesuaikan dengan jenis kendaraan motor yang digunakan.

Namun untuk jenis oli motor matic tentu berbeda dengan oli motor gigi.

#2. Oli telah mencapai batas jarak tempuh

Ciri oli motor yang harus diganti ini paling mudah dideteksi adalah ketika mencapai batas jarak tempuh

Karna setiap kali Anda servis motor di bengkel resmi, petugas atau mekanik akan memberikan perkiraan batas kilometer servis kendaraan berikutnya, termasuk ganti oli.

Tanggal servis juga tercantum pada buku servis dan stiker waktu servis berikutnya yang ditempel petugas di balik jok atau dekat tangki bensin.

#3. Volume oli berkurang

Jangka waktu ganti oli motor adalah disaat volume oli sudah berkurang, Selain warna dan tekstur oli yang berubah, pemakaian rutin juga menyebabkan volume oli menjadi berkurang.

Berkurangnya oli bisa disebabkan penguapan akibat suhu panas, kebocoran, kualitas oli yang kurang bagus, dan lain-lain.

Jika tidak segera diganti, mesin motor akan kehilangan performa dan mesin akan menjadi lebih cepat rusak. Kapasitas volume oli bisa dilihat dari alat ukur yang tertanam di tabung penyimpanan oli.

Bila masih dalam ambang batas, berarti volume oli masih cukup. Sebaliknya jika berkurang, segera lakukan penggantian.

#4. Suara mesin kasar dan tarikannya menurun

Tanda sepeda motor harus ganti oli selanjutnya adalah suara mesin kasar dan tarikan mesin motor terasa berat saat kendaraan dipacu melaju.

Oli yang volume berkurang dan encer akan membuat suara mesin terdengar kasar dan mesin menjadi lebih cepat panas.

Saat motor dipacu melaju, tarikan gas pada mesin akan terasa lebih berat sehingga sepeda motor terasa seperti tidak bertenaga.

Itulah 4 tanda sepeda motor sudah waktunya ganti oli, semoga ciri ciri motor harus ganti oli diatas dapat bermanfaat.