Skip to main content

#12 Cara mengetahui dan menghentikan whatsapp yang disadap

Cara mengetahui dan menghentikan whatsapp yang sadap. Beberapa waktu yang lalu aplikasi sadap wa terbaik untuk anda yang ingin mengetahui dengan siapa orang terdekat anda sedang chat.

Namun tak adil rasanya jika tidak mempublikasikan, cara mengetahui wa kita ada yang menyadap dan cara menghentikan whatsapp yang disadap, biar impas.

Bagi anda yang ingin mengetahui whatsapp yang disadap dan menghentikan akun whatsapp yang telah dibajak, ikuti ulasan cara mengetahui whatsapp disadap dan cara mengatasinya dibawah ini.

Cara Mengetahui Whatsapp Telah Disadap Dan Cara Menghentikan WA yang Sudah Disadap

Sebenarnya apapun dan bagaimana pun alasannya menyadap WhatsApp orang adalah tindakan yang tidak terpuji karena melanggar privasi orang lain.

Dan pada umumnya tanda-tanda akun whatsapp yang disadap akan nampak aneh seperti chat whatsapp yang sudah terbaca padahal belum dibuka, keluar sendiri dan lainnya.

Untuk lebih jelasnya ciri-ciri wa yang disadap orang berikut ini cara mengetahui whatsapp telah disadap.

Ciri-ciri WhatsApp Sedang Disadap Orang Lain

Bagaimana cara mengetahui jika whatsapp disadap? Setidaknya ada enam tanda-tanda ketika wa telah dibajak atau disadap orang lain diantaranya:

1. WhatsApp Online Padahal Tidak Aktif

Apa bila smartphone dalam kondisi mati, lalu dicek akun whatsappnya melalui smartphone teman dan terlihat Online.

Hal ini salah satu ciri-ciri akun WhatsApp Anda sedang disadap oleh orang lain.

2. Ada pesan terkirim tanpa diketahui

Ciri-ciri WhatsApp disadap orang lain yang kedua adalah adanya pesan terkirim tanpa diketahui. ketika mendapat akaun WA seperti ini, dapat dipastikan bahwa Whatsapp anda sedang dibajak orang lain.

3. Ada aplikasi asing terpasang di smartphone

Keberadaan aplikasi tidak dikenal yang terpasang tiba-tiba di smartphone anda hal ini patut diwaspadai.

Karena bisa jadi aplikasi asing itu adalah alat yang digunakan pelaku untuk membajak WhatsApp, digunak untuk menyadap percakapan Anda.

4. WhatsApp tiba-tiba logout

Saat WA keluar sendiri atau tiba-tiba logout dapat menjadi tanda bahwa aplikasi tersebut sedang dibajak dan telah dipindahkan ke perangkat lain. hal itu biasanya terjadi karena One Time Password (OTP) telah diberikan atau diketahui kepada pihak lain.

Karna akun WA hanya bisa digunakan di satu perangkat. Jika ingin dipindahkan, perlu memasukkan OTP yang dikirimkan ke nomor pengguna.

Jika ada yang berusaha memasukkan nomor Anda ke dalam sebuah perangkat baru, dan memiliki akses ke nomor telepon akun Anda, maka sepenuhnya percakapan WhatsApp Anda akan berpindah ke perangkat yang dimiliki orang yang menyadap.

5. Ada riwayat WhatsApp Web di perangkat tidak dikenal

Penggunaan WhatsApp Web pada web browser akan meninggalkan jejak riwayat pada laman WA Web, cara mengetahui whatsapp kita disadap dengan whatsapp web, untuk melihatnya, klik logo tiga titik di pojok kanan atas kemudian pilih WA Web.

Akan muncul sebuah halaman riwayat penggunaan WhatsApp Web Anda, Jika terdapat akses dari browser yang tidak dikenal, bisa jadi pembajak atau penyadap menggunakan cara ini untuk menyadap WA Anda.

6. Pesan terbaca padahal belum pernah dibuka

Jika Anda belum membaca pesan yang masuk namun notifikasi pesan diterima sudah hilang, bisa jadi ada orang lain yang membajak WhatsApp-nya.

Perhatikan secara seksama apakah itu terjadi hanya satu waktu atau berulang kali, Jika setiap pesan yang masuk telah dibaca padahal belum dibuka sama sekali, bisa jadi hal itu dilakukan oleh pembajak.

Itulah enam cara mengetahui whatsapp telah disadap selanjutnya adalah cara menghentikan whatsapp disadap.

Cara Menghentikan Whatsapp yang Disadap Dan Dibajak Orang

Bagaimana cara menghentikan whatsapp disadap atau dibajak , untuk menghentikan wa yang disadap salah satunya adalah keluar dari semua perangkat.

Lebih jelasnya cara menghilangkan wa yang sudah disadap berikut ini langkah-langkahnya yang bisa juga digunakan sebagai cara menghentikan sadap wa hp android:

1. Mengeluarkan Whatsapp Dari Semua Perangkat

Untuk menghentikan whatsapp yang disadap dan sadapan yang sudah berlangsung, salah satau cara yang dapat digunakan menghentikannya dengan mengeluarkan seluruh perangkat yang terkoneksi dengan WhatsApp Anda.

Cara keluar dari semua perangkat
  • Klik opsi titik tiga di kanan atas
  • Klik WhatsApp Web
  • Muncul daftar perangkat yang login dengan akun Anda
  • Pilih Keluar dari semua perangkat
  • Keluar

2. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Cara yang kedua digunakan untuk menghentikan wa yang disadap dan mencegah adanya tindakan pembajakan adalah dengan mengaktifkan fitur two factor authentication whatsapp atau verifikasi dua langkah.

Kode menghentikan sadap wa ini digunakan agar orang tak bisa masuk begitu saja ke akun WhatsApp Anda dan membajak lewat kode QR.

Cara verifikasi dua langkah.
  • Klik opsi titik tiga di kanan atas
  • Setting > Account > Two Step Verification
  • Klik Enable
  • Masukkan enam kode rahasia yang dipilih
  • Masukkan email untuk memulihkan kata kunci jika pengguna lupa
  • Selesai

3. Aktifkan Pemindai Sidik Jari

Agar tak sembarang pengguna bisa masuk ke akun WhatsApp dan memindai kode QR untuk menyadap, pengguna bisa aktifkan fitur pemindai sidik jari.

Cara aktifkan pemindai sidik jari
  • Klik opsi titik tiga di kanan atas
  • Klik Privasi
  • Klik kunci sidik jari
  • Aktifkan
  • Pengguna akan diminta untuk merekam sidik jari

WhatsApp meminta pengguna memilih berapa lama aplikasi akan terkunci otomatis, segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit.

4. Install ulang WhatsApp

Cara untuk mengamankan akun WhatsApp agar tidak disadap selanjutnya adalah dengan install ulang WhatsApp. Hal ini bisa diterapkan jika Anda terlanjur klik 'OK' saat ada peringatan untuk memindahkan akun seperti disebutkan sebelumnya.

Namun, sebaiknya ini dilakukan tetap menggunakan nomor yang didaftarkan pada WhatsApp sebelumnya. Sebab, kode OTP WhatsApp akan dikirimkan ke nomor yang terdaftar.

5. Nonaktifkan akun

Jika akun WhatsApp telah diretas, nonaktifkan akun segera untuk memastikan tidak ada yang menggunakan akun WhatsApp.

Caranya dengan mengirim email ke dukungan WhatsApp di [email protected] dengan keyword "Lost/stolen: please deactivate my account" di badan email.

Setelah penonaktifan berhasil, Anda memiliki 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun WhatsApp Anda sebelum dihapus sepenuhnya.

6. Kunci layar akun WhatsApp Anda

Cara lain mengamankan akun WhatsApp agar tidak disadap adalah mencoba opsi mengunci layar akun WhatsApp seperti yang tersedia di perangkat Android. Hal tersebut akan memastikan tidak ada orang lain yang bisa membuka akun WhatsApp Anda.

Caranya sangat mudah, cukup buka Pengaturan > Privasi > lalu pilih opsi Kunci Layar. Kemudian Anda perlu memindai sidik jari.

Demikianlah tentang cara mengetahui whatsapp disadap dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.