Skip to main content

Pengaruh Aki Pada Motor Injeksi

Pengaruh aki pada motor injeksi. Motor berteknologi injeksi membutuhkan sistem kelistrikan yang stabil. Sistem kelistrikan motor injeksi yang stabil tentu harus ditunjang juga oleh kondisi aki yang baik, sebab fungsi aki pada motor injeksi dan pengaruh aki terhadap mesin sangat berperan penting.

Itulah mengapa ketika aki motor injeksi mati bisa menyebabkan sensor-sensor motor injeksi tidak berfungsi, karena sensor itu bergantung pada fungsi aki pada motor injeksi dan kondisi aki.

Peran Penting Aki Pada Sepeda Motor Injeksi

Pada sepeda motor injeksi, peran aki sangat vital karena aki juga bertugas dalam menunjang kinerja komponen lainnya. Aki berperan sebagai salah satu otak dari sepeda motor injeksi.

Fungsi aki pada motor injeksi, Aki sebagai penyuplai tenaga ke Engine Control Unit (ECU), Injektor dan Fuel Pump. jika tidak ada aki, ECU, Fuel Pump dan komponen kelistrikan lain tidak akan berfungsi.

Karena fungsi utama ECU sebagai otak pada sepeda motor Injeksi. ECU bertugas untuk mengendalikan serangkaian actuator pada mesin pembakaran dalam, seperti ignition dan injection.

Selain itu, ECU juga berfungsi sebagai protector yang mampu mematikan seluruh sistem pada kendaraan jika sensor pada ECU menerima sinyal bahaya. apabila aki soak atau rusak, tentu sensor pada ECU tidak akan bisa berfungsi.

Selain itu, aki juga berfungsi sebagai pengisi daya regulator dan alternator yang menciptakan sirkulasi dalam menjaga kelistrikan sepeda motor. Karena aki akan mengisi regulator dan alternator atau spul.

Jadi tiga komponen itu akan berputar membuat sirkulasi tegangan yang keluar tidak terlalu banyak, menjaga agar tegangannya tetap 12 volt, gak berlebihan.

Jadi kondisi aki dan sepeda motor harus sama baiknya agar kondisi motor tetap prima dan kinerjanya tetap optimal. Karena emang harus ada keseimbangan antara motor dengan aki, itulah fungsi aki pada motor injeksi.

Demikianlah informasi otomotif, tentang fungsi aki pada motor injeksi dan pengaruh aki pada motor injeksi atau peran penting aki pada sepeda motor injeksi Semoga sistem kelistrikan motor injeksi dan aki motir injeksi bermanfaat bagi yang membutuhkan dan dapat menambah wawasan pada motor injeksi.