Skip to main content

#7 Bagian motor perlu dicek dan diperhatikan saat musim hujan

Berkendara saat musim hujan dan musim kemarau sebenarnya sama saja cuma ketika musim hujan ada beberapa bagian tertentu dari motor yang butuh perhatian khusus supaya tidak merepotkan dijalan.

Apalagi komponen motor yang sering rusak tentu sangat perlu dicek dan dirawat saat musim hujan untuk menghindari komponen diganti dan tetap nyaman berkendara.

Bagian motor yang perlu di cek saat musim hujan, selain bagian bodi dan penerangannya, di area mesin sangat penting juga untuk dicek secara berkala.

Bagian-bagian penting motor yang perlu dicek dan diperhatikan saat musim hujan

Setidaknya ada tujuh komponen penting motor yang perlu dicek kondisinya saat musim hujan, sebab bila tidak diperhatikan, bisa jadi motor tidak nyaman digunakan atau bahkan tiba-tiba mogok dan susah dinyalakan

Berikut ini beberapa bagian dan komponen motor yang perlu dicek dan diperhatikan ketika memasuki musim penghujan

#1. Bodi motor

Disarankan sepeda motor dibilas setelah terkena hujan. Selain membuat kondisinya lebih bersih dan enak dipandang.

Tujuan membilas bodi motor saat musim hujan supaya terhindar dari gangguan pasir ataupun kotoran yang dapat merusak berbagai komponen sepeda motor karena karat.

Bahaya karat pada motor yang bermaterial besi juga akan mengancam bila motor tidak dibersihkan pasca kehujanan.

#2. Cek rantai (khusus motor penggerak rantai)

Apa bila rantai motor terkena air hujan, maka rantai menjadi cepat kering dan mudah berkarat.

Oleh sebab itu bagian penting motor ini jika sudah terkena hujan sebaiknya rantai dicek dan dilumasi dengan pelumas khusus rantai.

Bila rantai terlihat kendur, segera kencangkan untuk menghindari rantai terlepas di perjalanan.

#3. Busi Motor

Busi adalah bagian penting motor, Jika motor terpaksa melewati genangan yang cukup tinggi, sebaiknya pastikan mesin dalam keadaan mati.

Tetapi jika terlanjur melewati genangan tersebut yang mengakibatkan motor mogok, maka bisa jadi terdapat masalah di sistem pengapiannya.

Lakukan pengecekan busi, kepala busi, dan kap busi. Dan jika sudah terkena air disarankan untuk dilepas kepala businya lalu dibersihkan dan dikeringkan sebelum digunakan kembali.

#4 Ban Motor

Bagian penting motor lainnya yang perlu di cek saat musim hujan adalah ban. Cek kondisi ban dan pola kembangnya, serta tekanan udara ban.

Tekanan angin ban tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah serta pastikan tapak ban tidak aus atau botak yang berpotensi selip karena licin.

#5. Knalpot

Jika melewati genangan air pastikan air tidak masuk ke knalpot, untuk menghindari bagian dalam mesin motor rusak.

Bila genangan air sudah melebihi setengah roda, sebaiknya cari jalan lain yang lebih aman, sebab motor berpotensi mogok ketika air masuk kedalam knalpot.

Dan apabila knalpot sudah masuk dan terendam air disarankan untuk tidak langsung menghidupkan motor, air atau lumpur yang berasal dari air hujan bisa mengakibatkan korosi atau karat jika tidak dikeluarkan.

#6. Kampas rem

Apabila kampas rem terkena air hujan terutama dengan intensitas yang cukup lama, maka mengakibatkan timbul bunyi.

Untuk perawatannya cukup mudah yaitu dengan cara dilepaskan komponennya lalu dikeringkan dan dibersihkan. Jika kampas rem mengalami aus, sebaiknya diganti.

#7. Filter atau Saringan Udara

Filter berperan penting untuk menyaring debu dan kotoran agar tidak memasuki mesin motor, maka jika filter ini basah, pembakaran di mesin akan terganggu. Hal ini menyebabkan performa motor berat dan kurang bertenaga.

Cara perawatan filter atau saringan udara motor, cukup dengan melakukan pengecekan dan penggantian filter udara secara berkala.

Hindari juga melewati banjir atau genangan air yang tinggi atau sampai menutupi filter udara.

Demikianlah bagian penting motor yang perlu dicek dan diperhatikan saat musim hujan, supaya tetap nyaman berkendara tanpa tergangu kerusakan, semoga bermanfaat