Skip to main content

Cara ganti (merubah) password WiFi lewat hp, laptop, PC Windows 7, 8, 10

Apakah anda pengguna wifi ingin mengubah password wifi admin tapi belum mengetahui gimana cara merubah password WiFi atau cara ganti password wifi di router.

Apa bila mau ganti kata sandi wifi di hp, laptop, PC Windows 7, 8, 10 tetapi belum memahami langkah-langkah dan cara untuk ganti password wifi dengan hp atau cara mengubah password wifi lewat laptop di Windows 7, 8, 10.

Anderline blog lewat artikel ini akan menginformasikan bagaimana cara mengganti password wifi lewat hp android dan caranya ganti password wifi lewat laptop dan di komputer Windows 7, 8, 10.

Daftar isi tentang cara merubah password wifi

Sebelum masuk tutorial cara ganti password WiFi, berikut informasi singkat mengenai apa itu wifi dan apa yang dimaksud dengan jaringan WiFi

Pengertian Wifi Dan Kegunaannya

Wifi adalah singkatan dari Wireless Fidelity, manfaat dan kegunaannya sebagai media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat.

Pengertian lain, WiFi adalah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data dengan menggunakan gelombang radio (nirkabel) melalui sebuah jaringan dan koneksi komputer

Cara Mengganti Password Wifi Lewat Komputer (PC) Windows 7, 8, 10, dan Merubah Pass Wifi Lewat HP

Saat memasang WiFi, akan terdapat pengaturan password, password atau kata sandi tersebut menjadi syarat untuk dimasukkan supaya koneksi Internet terhubung dengan perangkat yang digunakan seperti Komputer, Laptop dan Hp Android.

Selain itu manfaat dan kegunaan password WiFi atau kata sandi WiFi adalah untuk menjaga jaringan WiFi tidak sembarang digunakan oleh orang lain yang ingin mengakses WiFi milik kita.

Lalu bagaimana cara mengubah password wifi atau cara ganti kode wifi, jika wifi anda telah banyak diketahui orang kata sandinya dan ingin mengganti password wifi berikut langkah dan cara ganti password wifi di komputer, di hp dan di laptop windows 10, 8, 7

(A). Cara Ganti Password WiFi Lewat PC atau Komputer

Untuk anda yang ingin mengganti password WiFi melalui laptop atau PC, dibawah ini adalah cara mengganti password WiFi dengan menggunakan PC atau cara ganti password wifi laptop:

1. Buka halaman konfigurasi router lewat 192.168.1.1 atau alamat yang tercantum di bagian belakang router pribadi Anda.

2. Lalu lakukan login menggunakan username dan password administrasi router. Anda bisa masuk secara default melalui informasi yang terdapat di bagian belakang router.

3. Klik menu Network pada bagian kiri layar.

3. Cari menu Wireless atau WLAN.

4. Pilih menu Setting.

5. Lalu klik Security.

6. Silahkan cari kolom yang berlabel WPA Passphrase.

7. Lalu masukkan kata sandi baru yang Anda inginkan.

Itulah tujuh langkah untuk cara ganti password wifi di PC atau cara ganti password wifi lewat komputer atau Laptop

(B). Cara ganti password wifi via hp

Selain ganti sandi wifi menggunakan PC atau laptop, juga bisa dengan cara ganti password WiFi melalui HP Android atau smartphone.

Lalu bagaimana cara ganti password wifi pakai hp? untuk cara ganti password WiFi dengan HP, berikut ini caranya:

1. Buka aplikasi browser di HP dan kunjungi halaman pengaturan router melalui 192.168.1.1. Jika alamat tersebut tidak bisa diakses, silahkan lihat alamat IP default pada bagian belakang router.

2. Login menggunakan username dan password. Jika lupa, Anda bisa melihatnya di bagian belakang router.

3. Silahkan pilih menu Network.

4. Lalu klik Wireless atau WLAN.

5. Cari kolom bertuliskan WPA Passphrase untuk mengganti password WiFi.

6. Ketik kata sandi yang Anda inginkan.

Jika sudah selesai memasukkan password WiFi yang baru, hanya perlu mengklik tombol Apply atau Save sebagai langkah terakhir.

Setelah itu Router akan membutuhkan sedikit waktu untuk melakukan proses perubahan kata sandi. Jika sudah berhasil, seluruh perangkat yang terhubung akan diputus. Sehingga, Anda perlu memasukkan kembali password baru di perangkat yang digunakan.

Setelah mengetahui mengenai bagaimana cara ganti password wifi pada laptop dan cara ganti password wifi lewat hp.

Selanjutnya adalah cara mengganti password wifi yang sudah terhubung di laptop atau di komputer

Dan untuk cara mengganti password wifi lewat laptop di windows 7, 8 dan cara ganti password wifi win 10 dibawah ini langkah-langkahnya

(C). Cara ganti password wifi di laptop windows 7

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara merubah password wifi windows 7, berikut langkah dan cara mengganti password wifi yang tersimpan di laptop windows 7:

1. Klik icon jaringan yang ada pada pojok kanan bawah hingga muncul daftar wifi yang aktif

2. Lalu klik kanan pada wifi yang telah diubah sandinya dan pilih Propertis

3. Centang Show caracter untuk melihat kata sandinya

4. Pada kolom Network Scurity Key hapus pasword lama dan gantikan dengan password wifi yang baru

5. Klik OK jika selesai dan tunggu beberapa detik jaringan telah aktif dan siap browsing

(D). Cara ganti password wifi windows 8

Bagi pengguna PC windows 8 yang belum paham bagaimana cara ganti password wifi di pc, berikut tutorial cara ganti password wifi di windows 8

1. Buka bilah panel SSID wifi yang ada di sebelah kanan, caranya tinggal klik icon sinyal di pojok kanan bawah, maka akan muncul tampilan daftar nama jaringan wifi yang aktif.

2. Klik kanan pada SSID (nama wifi) yang dituju yang telah diubah sandinya, maka muncul menu

3. Maka akan tampil halaman Wireless Connection Propertis lalu pilih tab Scurity

4. Pada kolom Network Scurity Key hapus pasword lama dan gantikan dengan password wifi terbaru

5. Klik OK jika selesai dan tunggu beberapa detik jaringan akan aktif dan siap browsing

Selain hal diatas ( View Connection Propertis) juga bisa menggunakan Forget this Network lalu koneksikan kembali jaringan wifi seperti biasa dan masukkan passwordnya.

(F). Cara ganti password wifi di laptop windows 10

Selanjutnya adalah cara ganti password wifi di windows 10, pengguna komputer windows 10 yang belum mengetahui gimana caranya ganti password wifi windows 10, berikut langkah dan cara mengubah password wifi windows 10

1. Klik tombol Windows dan pilih Setting

2. Pilih Network & Internet

3. Pada Tab Wifi pilih Manage Wifi Setting

4. Roll ke bawah, pada bagian Manage knows network. Pilih Jaringan Wi-Fi yang ingin Anda ganti pasword. kemudian Pilih Forget

Penutup

Demikianlah informasi tentang cara ganti password WiFi dan cara merubah password wifi yang sudah terhubung di laptop atau komputer

Perlu dicatat bahwa password WiFi sangat penting diingat-ingat agar tidak sembarang orang dapat mengakses layanan internet yang dimiliki

Hal ini karena semakin banyak pengguna yang mengakses akan menyebabkan jaringan atau koneksi Internet jadi lambat.

Newest Post