Skip to main content

Pengertian MP3 MP4 berserta pungsi dan perbedaan

Pengertian mp3 mp4 beserta fungsi dan perbedaan adalah adalah artikel yang akan diulas untuk kali ini, sebagaimana Mp3 dan Mp4 adalah format file yang berisi file media nampak sama tapi sebenarnya berbeda.

Apakah yang dimaksud dengan MP3 dan MP4, secara format Mp3 adalah untuk file audio dan MP4 untuk file video, dua format file ini tentu tak asing di zaman moderen seperti sekarang ini

Jadi apa pengertian dan apa perbedaan serta apa pungsi MP3 dan MP4 dan cara kerjanya selengkapnya disimak saja dibawah ini

Pengertian MP3 MP4 berserta pungsi dan perbedaan masing-masing

Jika belum mengetahui bagaimana cara kerja MP3 dan MP4, Artikel ini mengulas tentang MP3 dan MP4 beserta pungsi dan perbedaannya.

Dan berikut adalah tentang pengertian dan fungsi beserta cara kerja dan perbedaan dari kedua format file tersebut.

Pengertian MP3 dan Pungsi dan cara kerja

MP3 merupakan salah satu jenis file musik yang sering digunakan yang merupakan sebuah file audio yang dikembangkan oleh MPEG audio layer 3. MPEG sendiri merupakan singkatan dari Moving Picture Experts Group.

Secara umum, istilah ini mengacu pada format berkas pengodean suara yang mempunyai kompresi yang baik sehingga berkasnya memiliki ukuran yang lebih kecil.

Pengembang format file ini adalah seorang insinyur dari Jerman bernama Karlheinz Brandenburg.

Fungsi MP3

Pada awalnya, MP3 dikenal sebagai format file untuk musik atau lagu-lagu. Namun, sekarang manfaatnya semakin banyak, di antaranya adalah untuk menyimpan file buku audio yang bisa diunduh secara gratis di toko aplikasi.

Karena fungsinya yang banyak, format ini bisa dengan mudah ditemukan di tablet, smartphone Android, iPhone, iPad, komputer, bahkan kendaraan. Perangkat-perangkat tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan fitur bawaan pemutar MP3.

Cara kerja MP3 adalah dengan menghapus suara dalam lagu yang tidak bisa didengar oleh telingan manusia. Hasilnya, file MP3 sekitar 11 kali lebih kecil dari file musik yang tidak dikompresi.

Pengertian MP4 dan pungsinya

MP4 merupakan peningkatan dari MP3 tetapi memiliki basis yang berbeda. Namun, fungsi dasar tetap sama

MP4 adalah singkatan dari MPEG-4 Bagian 14. tetapi MP4 bukan penerus MP3. Sebaliknya, MP4 adalah format file yang berbeda yang didasarkan pada format MOV QuickTime Apple.

Fungsi MP4

MP4 adalah format file kontainer yang berpungsi untuk menyimpan audio, video, gambar, teks dan lain-lain yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data dalam kualitas yang sangat baik.

Perbedaan Antara MP3 dan MP4

Secara teknis, MP3 adalah format 'audio codec'. Ini berarti bahwa ia menyimpan kode info audio. Di sisi lain, MP4 adalah 'digital media container' yang berarti bahwa ia secara langsung memegang data, dan bukan kode.

Secara jelas perbedaan perbedaan mp3 dan mp4 adalah MP4 mendukung konten streaming sementara MP3 tidak mendukung sepenuhnya.

Berikut adalah semua perbedaan umum antara MP3 dan MP4 dua format populer didunia digital.

1. Mp3

MP3 menggunakan teknik kompresi lossy untuk mengurangi ukuran file audio yang asli. File audio yang tidak terkompresi ukurannya besar dan membutuhkan banyak space. Sebab suara / bunyi itu sangat kompleks dan dan menerjemahkannya ke dalam format digital akan menguras banyak data.

MP3 mengompres data ini menggunakan pengaturan 128 kbit / s yang menghasilkan file berukuran sekitar 1/11 dari data asli.

File MP3 dapat dibuat dengan bit rate yang lebih tinggi atau lebih rendah, dengan kualitas yang sama lebih tinggi atau lebih rendah.

Sejauh ini MP3 telah menjadi salah satu format audio yang paling umum digunakan dan telah menjadi standar untuk file audio. Sebagian besar pemutar audio digital menggunakan format MP3 sebagai standar kompresi audio digital untuk transfer dan playback musik.

2. Mp4

Pada sisi lain, MP4 didasarkan pada jenis file MOV Apple. Yaitu MPEG-4 Part 14 yang merupakan format MP4. MP4 merupakan format kontainer (wadah).

Artinya Mp4 dapat digunakan untuk menyimpan data audio dan / atau video. File MP4 juga dapat di-streaming melalui internet.

Karena MP4 adalah format kontainer, maka ia tidak memiliki metode standar pengkodean untuk informasi audio atau video.

Sebaliknya ia menggunakan codec yang menentukan bagaimana suatu audio atau video akan dikodekan. Codec yang paling populer untuk mengompresi audio dalam format MP4 adalah Advanced Audio Coding (AAC)

Format MP4 sejauh ini terus meningkat popularitasnya. Bahkan situs berbagi video Youtube pun menggunakan ekstensi Mp4 (selain MKV) sebagai format file standar pada setiap video yang mereka sediakan

Demikianlah tentang pengertian MP3 dan MP4 beserta pungsi dan perbedaannya, semoga bermanfaat.