Skip to main content

#19 Hal yang menyebabkan baterai HP cepat habis beserta cara mengatasi

Handphone sudah menjadi kebutuhan saat ini, namun permasalahan umum yang sering ditemui pengguna hp apa lagi jika hp yang sudah lama adalah baterai hp cepat habis.

Baterai HP yang cepat habis akan mempengaruhi performa handphone sehingga jika dibiarkan membuat tidak nyaman karena harus selalu dicas yang bisa membuat baterai HP lebih cepat rusak seperti membengkak dan lainnya.

Disamping itu ada banyak hal yang menyebabkan bila baterai HP cepat habis padahal masih baru di cas, apabila tidak diatasi bisa berdampak pada kompenen hp.

Jika ingin mengetahui hal yang membuat baterai handphone cepat habis, artike ini mengulas faktor penyebab baterai hp cepat habis beserta bagaimana cara mengatasi baterai hp yang cepat habis.

Penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasi baterai hp yang cepat habis

Kenapa daya baterai hp cepat habis, biasanya baterai handphone yang cepat habis bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Dan faktor baterai hp gampang habis walaupun hp baru, bisa karena layar, aplikasi dan area dengan layanan buruk dan sebagainya.

Jika merasakan baterai handphone yang digunakan cepat habis padahal tidak dipakai, hindari hal yang menyebabkan baterai hp cepat habis.

Apa bila belum mengetahui hal-hal yang membuat baterei handphone cepat habis, dibawah ini beberapa faktor dan penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya.

Faktor dan Penyebab hp baterai cepat habis

Apa penyebab baterai hp cepat habis. berikut beberapa hal yang bisa jadi penyebab baterai handphone cepat habis yang sebenarnya hanya sepele namun berdampak pada daya tahan baterai diantaranya:

#1. Pengaturan Layar HP Kurang Optimal (Auto Brightness)

Salah satu faktor penyebab baterai HP cepat habis adalah pengaturan layar HP yang kurang optimal. Layar merupakan komponen utama HP yang membutuhkan daya baterai untuk proses pengaktifannya. Semakin cerah layar handphone yang digunakan maka konsumsi daya baterai juga akan semakin besar.

Untuk mengetahui penggunaan baterai, bisa memeriksa melalui pengaturan hp, Caranya melihat pengaturan layar hp yaitu:

Buka opsi Pengaturan > Baterai > klik pada opsi tiga titik di sudut kanan atas > pilih opsi penggunaan baterai > klik opsi tiga titik di sudut kanan atas > ketuk bagian show full device usage (tampilkan penggunaan perangkat lengkap).

Cara ini bisa digunakan untuk mengetahui kenapa baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai, apakah pengaturan layar HP membuat baterai lebih boros atau tidak.

Jika hasilnya layar HP menempati posisi atas dalam konsumsi daya baterai, ada baiknya mengatur secara manual segera kurangi tingkat kecerahan layar HP yang digunakan.

#2. Aplikasi Terus Beroperasi di Latar Belakang

Faktor lain yang bisa jadi penyebab baterai HP cepat habis adalah aplikasi dan layanan latar belakang yang terus berjalan.

Beberapa aplikasi sosial media seperti Facebook, Messenger dan Instagram bisa jadi masalah penyebab baterai hp cepat habis karena aplikasi sosial media ini menghabiskan daya cukup besar meskipun tidak digunakan secara aktif.

Hal ini karena aplikasi tersebut terus aktif beroperasi di belakang layar meskipun tidak sedang digunakan.

Untuk cara mengatasi baterai hp cepat habis karena disebab aplikasi yang berjalan dilatar belakang, usahakan menutup widget beserta aplikasi di latar belakang jika tidak sedang digunakan. Jika widget dan aplikasi ditutup, maka baterai HP akan lebih awet dan tahan lama.

#3. Penggunaan GPS, WiFi dan Bluetooth Secara Terus Menerus

Penyebab hp cepat habis baterainya yang lain adalah karena aplikasi location service seperti GPS, WiFi dan Bluetooth, fitur-fitur ini membutuhkan koneksi internet yang kuat dan juga memrlukan daya baterei yang besar.

Jika sering menggunakan fitur tersebut, jangan tanya kenapa baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai.

Selain fitur tersebut membuat baterai HP lebih cepat habis, penggunaan fitur GPS, WiFi dan Bluetooth yang terus menerus juga bisa membuat HP lebih cepat panas.

Lebih parahnya lagi, jika koneksi yang disambungkan tidak aman, bisa membahayakan perangkat. Oleh karena itu cara mengatasi baterai hp cepat habis karena ketiga fitur tersebut, jika tidak sedang digunakan, ada baiknya dimatikan saja.

#4. Berada di Area dengan Penerimaan Sinyal yang Buruk

Sinyal yang tidak normal adalah salah satu penyebab batu baterai hp cepat habis jadi ketika berada di area yang memiliki sinyal buruk biasnya daya baterai HP lebih cepat habis?

Lalu bagaimana cara mengatasi baterai hp yang cepat habis jika berada di area sinyal yang buruk. apa bila berada di area yang memiliki sinyal yang tidak kuat, ada baiknya pilih operator seluler yang memiliki sinyal paling kuat sebagai salah satu cara untuk menghindari faktor penyebab baterai hp cepat habis

Selain itu bisa juga mencoba mengaktifkan mode pesawat atau menggunakan penguat sinyal jika diperlukan.

#5. Software Belum Update

Sofware yang belum update merupakan salah satu hal yang menyebabkan baterai hp cepat habis, bila ingin baterai HP awet dan tidak cepat habis, pastikan selalu update aplikasi atau software HP yang digunakan secara rutin.

Software yang belum diupdate ternyata bisa menjadi salah satu hal yang membuat baterai HP cepat habis. Hal ini dikarena kansistem operasi atau prosesor HP masih menggunakan sistem lama sehingga belum mengenali beberapa bugs pada aplikasi yang terbaru.

Pembaharuan software biasanya akan dibarengi dengan peningkatan masa pakai baterai karena beberapa bugs yang tidak berguna akan dihapus secara otomatis oleh sistem operasi. Dengan cara ini baterai HP akan lebih awet dan performanya juga akan semakin optimal.

#6. Aplikasi Terlalu Banyak

Bila terlalu banyak aplikasi terpasang di hp jangan lagi tanya apa penyebab baterai hp cepat habis karena semakin banyak aplikasi yang terpasang di HP, maka akan semakin cepat pula daya baterai HP berkurang, sebab masing-masing aplikasi memiliki fungsi yang berbeda-beda

Dan beberapa jenis aplikasi membutuhkan daya baterai yang besar untuk menjalankan fungsinya sehingga baterai HP menjadi lebih cepat habis dan lama mengisi.

Untuk mengetahui aplikasi mana yang memakan baterai cukup besar, bisa mengeceknya melalui menu Setting dan pilih opsi baterai. Jika mengtahui aplikasi apa yang memakan daya baterai terlalu besar, segera batasi penggunaannya atau jika perlu lakukan uninstall.

#7. Charger Bermasalah atau Rusak

Ternyata baterai yang cepat habis tidak selalu disebabkan dengan performa handphone, Charger yang sudah tidak berfungsi dengan baik tentunya juga tidak berfungsi sebagaimana semestinya.

Charger yang rusak, tidak hanya membuat proses pengisian baterai menjadi lebih lama, tetapi juga bisa merusak kualitas baterai.

Oleh karena itu, jika perangkat charger HP rusak, segera ganti dengan perangkat yang baru. Pastikan juga kamu menggunakan charger original agar lebih aman dan tidak menjadi penyebab baterai HP cepat habis.

#8. Waktu Screen Timeout yang Lama

Layar hp yang terlalu terang juga merupakan penyebab baterai hp cepat habis. Layar merupakan salah satu komponen HP yang menggunakan daya baterai cukup besar.

Tidak hanya kecerahan saja, layar yang terlalu lama menyala juga bisa menjadi penyebab baterai HP bocor atau cepat habis.

Waktu screen timeout yang terlalu lama membuat konsumsi baterai menjadi semakin besar. Oleh karena itu, atur waktu seefektif mungkin, jangan sampai layar menyala terlalu lama.

#9. Tingkat Kecerahan HP Berlebihan

Kecerahan HP yang berada di level maksimal juga dapat menjadi penyebab baterai HP cepat habis. Selain itu, kondisi ini juga dapat mengganggu kesehatan mata.

Oleh karena itu, demi kesehatan mata dan menjaga kualitas serta daya tahan baterai HP, pastikan atur tingkat kecerahan layar secukupnya saja.

#10. Menggunakan Terlalu Banyak Widget

Terlalu banya widget adalah salah satu hal yang menyebabkan baterai hp cepat habis, Menggunakan berbagai widget memang bisa membuat tampilan HP menjadi lebih menarik dan memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi.

Namun perlu kamu ketahui, bahwa terlalu banyak widget bisa menjadi faktor penyebab baterai HP cepat habis.

Untuk mengurangi penggunaan daya baterai, ada baiknya jangan terlalu banyak menggunakan widget pada perangkat HP yang digunakan.

#11. Baterai yang Usang

Jika baterai handphone cepat habis bukan karena charger yang bermasalah, bisa jadi baterai handphone telah using.

Jika handphone sudah digunakan lebih dari 3-5 tahun handphone tersebut bisa dikatakan "berusia lanjut", yang pasti kecepatan browsing serta kehematan baterai menurun, untuk mengatasi adalah mengganti baterai lama dengan yang baru.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis

Setelah mengetahui hal hal yang membuat baterai hp cepat habis dan mengapa baterai hp cepat habis padahal tidak digunakan selanjutnya adalah tentang bagaimana cara mengatasi baterai hp yang cepat habis

Selain membuat tidak nyaman, baterai HP yang cepat habis juga bisa mengganggu aktivitas pengguna. Oleh karena itu, segera cari cara untuk mengatasinya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai HP yang cepat habis, mulai dari menurunkan tingkat kecerahan hingga membatasi penggunaan aplikasi yang membuat baterai cepat habis.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai HP yang cepat habis diantaranya:

#1. Non-aktifkan Fitur Push Notification

Fitur push notifikasi media sosial yang muncul di layar HP merupakn hal yang jadi penyebab kenapa baterai HP cepat habis.

Fitur push notification bekerja dengan cara menghasilkan pesan secara otomatis dari server ke HP. Untuk mengaktifkan fitur ini, HP harus selalu terhubung dengan jaringan internet.

Semakin kuat dan banyak jaringan internet yang digunakan, maka daya baterai yang dibutuhkan juga akan semakin besar.

Hal ini tentu dapat membuat baterai menjadi lebih cepat habis. Jika ingin performa baterai normal kembali, segera nonaktifkan fitur push notification dari sosial media.

#2. Kurangi Kecerahan Layar HP

Hal yang menjadi penyebab baterai HP cepat habis paling sering terjadi adalah karena pengaturan kecerahan layar yang kurang optimal.

Layar HP yang terlalu cerah memakan daya baterai yang lebih besar sehingga hp jadi boros batrei. Untuk membuat baterai lebih tahan lama, ada baiknya kurangi kecerahan layar HP atau gunakan wallpaper dengan warna gelap.

#3. Hindari Sering Membuka Aplikasi Kamera

Perangkat HP yang sering digunakan untuk foto umumnya memiliki daya baterai yang lemah, kenapa daya baterai hp cepat habis karena aplikasi kamera.

Perlu diketahui bahwa membuka aplikasi kamera terlalu sering baik untuk keperluan foto, video atau sekedar berkaca ternyata bisa menyebabkan baterai cepat habis.

Hal ini terjadi dikarenakan setiap kali aplikasi kamera dibuka, membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Jika ingin daya baterai lebih awet dan tidak boros, sebaiknya jangan terlalu sering membuka aplikasi kamera kecuali saat dibutuhkan.

#4. Aktifkan Mode Power Saving

Beberapa smartphone jenis terbaru sudah dilengkapi dengan fitur mode hemat atau power saving.

Fitur mode hemat berguna untuk memodifikasi CPU agar bisa mengatur penggunaan daya baterai supaya lebih hemat ,khususnya jika daya baterai tinggal sedikit.

Caranya yaitu dengan menutup beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan dan mengoptimalkan fungsi pada sistem operasi HP.

#5. Cek Kondisi Baterai HP Secara Berkala

Penyebab baterai HP cepat habis bisa yang lain adalah karena kondisi baterai yang sudah usang atau rusak.

Kondisi ini membuat baterai tidak bisa bekerja dengan optimal sehingga cepat habis. Untuk menghindari masalah seperti ini, ada baiknya lakukan pengecekan kondisi baterai HP secara berkala.

Kondisi baterai yang rusak hingga menyebabkan baterai lebih cepat habis tidak hanya berlaku untuk perangkat HP saja, tetapi juga berlaku semua jenis perangkat yang menggunakan baterai termasuk laptop.

Oleh kerana itu, bisa jadi penyebab baterai laptop cepat habis karena kondisinya yang sudah usang seperti pada baterai HP.

Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya segera ganti baterai HP dengan yang baru. Pasalnya jika dibiarkan tidak hanya membuat daya baterai cepat habis akan tetapi juga berbahaya untuk perangkat HP.

Pastikan juga ganti menggunakan baterai yang original agar lebih aman. Akan tetapi jika kamu menggunakan HP dengan tipe baterai tanam, cara ini tidak bisa kamu lakukan.

#6. Aktifkan Airplane Mode Saat Sinyal Buruk

Penerimaan sinyal yang buruk ternyata bisa menjadi penyebab baterai HP cepat habis. Hal ini dikarenakan perangkat HP harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan jaringan agar HP bisa tetap digunakan.

Dibandingkan harus memaksa untuk digunakan, saat sinyal buruk sebaiknya aktifkan mode perawat atau airplane mode saja. Selain membuat baterai lebih awet, cara ini juga cukup ampuh untuk mendapatkan sinyal yang lebih bagus jika koneksi telah dinyalakan kembali.

#7. Batasi Fitur Location Services

Fitur location services seperti GPS, WiFi dan Bluetooth membutuhkan koneksi internet yang kuat agar bisa beroperasi dengan baik.

Akan tetapi hal ini juga membuat penggunaan daya baterai menjadi lebih besar sehingga tidak heran jika menjadi penyebab baterai cepat habis.

Untuk mengurangi konsumsi baterai, batasi penggunaan ketiga fitur location services tersebut. Jika tidak digunakan, sebaiknya tutup dan matikan fitur tersebut untuk menghindari baterai HP lebih cepat habis.

Penggunaan fitur location service yang terlalu lama dan sering membuat penggunaan baterai menjadi lebih boros.

#8. Lakukan Clear Cache Secara Berkala

Malas membersihkan perangkat HP dari file sampah ternyata menjadi salah satu penyebab kenapa baterai HP cepat habis.

File sampah dan data cache yang terlalu banyak membuat HP harus bekerja lebih keras sehingga membutuhkan daya baterai yang lebih besar. Hal ini membuat baterai HP tidak tahan lama dan lebih cepat habis.

Lalu bagaimana cara mengatasi hp yang baterai cepat habis jika jarang membersih file sampah dan cache, Untuk mengatasi masalah seperti ini, tentu harus rutin melakukan clear cache secara berkala.

Bisa menggunakan aplikasi pembersih sampah bawaan hp dan aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master untuk membuang file sampah dan cache yang mengganggu performa HP. Selain akan membuat baterai lebih awet, clear cache juga akan membuat performa HP lebih optimal.

Demikianlah hal-hal yang menyebabkan baterai HP cepat habis dan bagaimana cara mengatasi baterai hp cepat habis, semoga bermanfaat.