Skip to main content

Cara Menghidupkan Motor Matic yang Benar di Pagi Hari Supaya Awet

Cara menghidupkan motor matic di pagi hari supaya awet. Tentu para pemilik motor matic yang sayang dengan kendarannya, bertanya dalam hati, bagaimana sih cara menghidupkan motor dan cara menyalakan motor matic yang baik dan dan benar agar motor tetap awet.

Nah pada kesempatan ini kita akan mengulas tentang cara menghidupkan motor dan cara memanaskan motor matic di pagi hari supaya motor tetap awet, lalu bagaimana cara menyalakan motor matic dan cara menstarter motor matic caranya ikuti di bawah ini.

Cara menghidupkan motor matic di pagi hari yang baik dan benar

Elektrik starter memang menjadi fitur yang paling dipilih pengendara motor skutik untuk menghidupkan mesin motor ketimbang mengengkol atau kick starter untuk menghidupkan mesin. Namun sebenarnya kebiasaan inilah yang membuat usia aki lebih pendek.

Pemakaian elektrik starter, terutama pada pagi hari saat mesin akan dinyalakan pertama kali, bisa menjadi biang keladi malafungsi kelistrikan. tegangan awal baterai adalah 12,35 volt. Jika pagi digunakan untuk starter elektrik, tegangan drop sampai 9 volt, mengambil listrik cadangan pengisian.

Tandanya, lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) menyala panjang lima kali dan berkedip pendek dua kali. Mesin tidak bisa menyala, bahkan arus ke bagian speedometer tak sampai. Menggerakkan jarum speedometer saja tidak akan bisa.

Beda kalau diengkol. Mesin menyala, lalu dipakai. Dan untuk menyalakan kembali, tegangan tidak turun drastis dan menguras cadangan pengisian baterai, karena hanya butuh 10,5 hingga 11 volt. Ini yang bikin aki awet.

Sebab, sistem kelistrikan untuk skutik sudah DC, bukan AC. Meski demikian, jika diteruskan tanpa penggantian aki yang soak, kumparan generator akan bekerja dobel dan berpotensi gosong. Sebab, sistem injeksi bekerja tanpa sokongan listrik dari aki.

Tegangan kumparan pengisian semakin diambil, dan kualitasnya semakin berkurang. Itulah sebabnya, disarankan setiap pagi untuk menyalakan mesin diengkol saja. Starter elektrik dipakai untuk penyalaan kedua supaya aki motor serta motornya awet.

Demikianlah informasi cara menstarter motor matic dan tentang cara menghidupkan motor matic di pagi hari supaya awet atau cara memanaskan motor matic yang baik dan benar. semoga bermanfaat dan biasa menamnbah wawasan tentang perawatan motor mmatic supaya motornya awet.