Skip to main content

Fungsi Huruf Dan Angka Di Persneling Mobil Matic

Fungsi huruf dan angka di persneling mobil matic. Kendaraan dengan transmisi otomatis atau mobil matik berbeda dengan mobil manual. Bila transmisi/ peseneling pada mobil manual tingkatan percepatan sudah ditandai dengan nomor, tidak demikian dengan mobil matic,
fungsi persneling mobil matic memang berbeda den mobil manual.

Nah bagi pembaca yang belum mengetahui arti persneling mobil matic dan fungsi huruf dan angka pada transmisi mobil matik, sepertii fungsi gigi l pada mobil matic, fungsi huruf s pada mobil matic atau baru menggunakan mobil transmisi otomatis tentu harus mengenal terlebih dahulu arti huruf dan angka pada tuas transmisi.

Meski terlihat sepele, namun beberapa kejadian kecelakaan di mana mobil terjun dari atas gedung parkir atau menabrak kendaraan lain karena salah satunya disebabkan kelalaian pengemudi yang belum paham fungsi persneling mobil matic dan mekanisme transmisi pada mobil otomatis.

Arti huruf dan angka yang ada pada tuas mobil transmisi otomatis

Posisi tuas pada mobil matik umumnya disusun berdasarkan format P-R-N-D-3-2-L. Dan biasanya mesin pada mobil jenis matik bisa dihidupkan ketika tuas berada pada posisi P (parkir) ataupun N (neutral) saja.

Berikut ini adalah arti persneling mobil matic dan fungsi persneling mobil matic berdasarkan format huruf dan angka pada tuas.

P = Parkir

Fungsi huruf P pada mobil matic, Posisi ini untuk kendaraan saat parkir, sehingga transmisi otomatis terkunci pada posisi ini dan kendaraan tidak bisa didorong. Dalam posisi ini juga merupakan awal menghidupkan mesin dan melepaskan kunci kontak.

R = Reverse

Posisi ini untuk memundurkan kendaraan, pastikan untuk selalu menginjak pedal rem sebelum memindahkan tuas ke posisi R. Angkat perlahan pedal rem sebelum memindahkan kaki kanan ke pedal gas agar mobil tidak langsung meluncur cepat.

D = Drive

Posisi artinya untuk berjalan maju pada kondisi normal, merupakan posisi gigi transmisi yang berarti mobil siap dijalankan atau digerakkan. Jadi hanya pada posisi ini saja mobil melaju sesuai dengan kecepatan dan kondisi jalan.

N = Netral

Posisi gir netral atau dengan mesin roda dalam keadaan bebas. Posisi ini digunakan ketika terjebak dalam kemacetan atau berhenti dalam waktu yang cukup lama tanpa meningggalkan kendaraan. Dalam posisi ini, putaran mesin dan transmisi tidak saling terkoneksi.

2/S = Second

Fungsi huruf s pada mobil matic, Ini adalah posisi untuk berjalan maju di medan pegunungan. "Biasanya dipakai pada saat mobil menanjak atau menyalip kendaraan di depan yang memerlukan tenaga lebih dan putaran mesin yang lebih tinggi. Posisi ini ada di maksimum gigi ke-2 (engine brake).

1/L =  Low

Fungsi gigi l pada mobil matic Posisi maju pada gigi ke satu, hanya digunakan pada saat berkendara di medan yang menanjak curam. "Dalam hal ini berarti posisi gigi lebih rendah dari sebelumnya, berarti posisi gigi 1. Posisi ini berguna bila menghadapi jalan yang menanjak dan gigi 2 dianggap tidak mampu. Sehingga diperlukan gigi yang lebih rendah yaitu gigi 1 atau L.

Demikianlah tentang fungsi huruf dan angka di persneling mobil matic atau arti huruf dan angka yang ada pada tuas mobil transmisi otomatis. semoga bermanfaat.

Sumber:berbagai sumber.