Skip to main content

#7 Trik menghemat kuota internet di hp Smartphone

Saat ini jaringan internet melalui smartphone sudah menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari bagi pemilik smartphone.

Karena dengan paket internet bisa berselancar di dunia maya mencari hal-hal yang dibutuhkan atau sekedar menghibur diri dengan media sosial. Namun apa bila tidak tahu bagaimana cara menghemat kuota di hp, tentu kuota internet di hp smartphone cepat habis

Lalu Bagaimana cara nya agar kuota tidak cepat habis, ikuti ulasan trik dan cara untuk menghemat kuota internet di smartphone dibawah ini.

Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

Menghemat paket data internet adalah pilihan yang bijak jika tidak ingin kuota internet tidak habis percuma tanpa digunakan.

Jika belum mengetahui bagaimana cara menghemat kuota, setidak ada 4 trik atau cara hemat kuota internet android bisa dilakukan di hp smartphone supaya hemat data seluler diantaranya:

1. Mematikan Koneksi Internet Jika Tidak Digunakan

Cara menghemat kuota internet agar tidak cepat habis yang pertama adalah mematikan koneksi jika tidak digunakan, karena jika tidak dimatikan koneksi internet di smartphone terus berjalan mengunakan kuota paket internet.

Jadi salah satu trik menghemat kuota internet android atau smartphone yaitu mematikan koneksi internet untuk menghindari aplikasi berjalan menyedot paket data internet, sebab ada beberapa aplikasi di android smartphone berjalan jika koneksi internet tetap menyala

Cara mematikan koneksi internet di hp Smartphone jika tidak digunakan adalah dengan mengaktifkan mode pesawat.

2. Mematikan Fitur Auto Download

Di Smartphone ada beberapa aplikasi yang bisa menjalankan fitur auto download seperti e-mail atau foto dan video dari beberapa chat messenger.

Jika ingin hemat kuota internet android maka sebaiknya matikan fitur auto download. cara ini merupakan salah satu trik menghemat kuota internet android supaya auto download tidak berjalan.

3. Jangan Menyalakan Location Terus Menerus

Trik menghemat kuota internet android lainnya yaitu tidak menyalakan lokasi terus menerus, karena banyak orang yang secara tidak sadar terus menyalakan fitur Location di dalam smartphone.

Hal ini biasanya ini terjadi karena mereka baru saja membuka aplikasi yang harus menyalakan Location. Ketika sudah tidak digunakan malah lupa mematikannya.

4. Batasi Streaming

Cara menghemat kuota internet di Smartphone selanjutnya adalah membatasi Aplikasi streaming. seperti situs streaming YouTube, Spotify, Vie, atau video lainnya.

Aplikasi aplikasi streaming merupakan penyebab kuota internet cepat habis. Selain itu, aplikasi streaming akses yang berlebihan juga akan menguras daya baterai.

5. Gunakan Bluetooth

Menggunakan aplikasi perpesanan untuk proses transfer file atau data adalah hal yang membuat paket data internet cepat habis.

Dengan memakai bluetooth untuk transfer file atau data merupakan cara lain untuk menghemat kuota internet di smartphone

6. Terapkan Batas Data

Cara termudah menghemat kuota data paket internet adalah mengatur aplikasi atau sistem Android smartphone itu sendiri.

Data latar belakang adalah pemborosan data internet yang terjadi saat tidak menggunakannya. Contohnya adalah sinkronisasi email, perbarui feed, widget cuaca, dan sebagainya.

Oleh karena itu, jika ingin hemat kuota internet android, bisa mengatur batas data di menu Pengaturan, lalu pilih Penggunaan Data, lalu pilih Batasi Data Latar Belakang.

7. Mainkan Game Offline

Trik menghemat kuota internet lainya adala memainkan game secara offline, Seperti diketahui, beberapa game memerlukan akses internet untuk dimainkan, dan ini sangat menyita kuota internet.

Cara paling ampuh yakni menggunakan game yang tidak memerlukan akses internet selama pemutaran, cukup unduh kuota data apa pun.

Begitu juga dengan aplikasi, banyak aplikasi menarik yang mampu digunakan secara offline. Aplikasi seperti Instagram, Facebook, YouTube tentunya akan menyita kuota data lebih cepat.

Demikianlah 7 trik untuk menghemat kuota internet di smartphone, semoga bermanfaat.