Skip to main content

Tips Dan Cara Menghemat Kouta Internet Di Android

Trik dan cara menghemat kouta internet di android. Di jaman teknologi canggih internet sudah menjadi kebutuhan semua orang, lalu bagaimana cara agar paket internet tidak cepat habis dan cara menghemat kouta internet di android.

Sebagai pengguna hanphone android yang pintar tentu kita harus tahu cara menghemat kuota agar paket internet lebih awet. Dan tips smartphone Android kali ini adalah tentang bagaimana cara menghemat kuota internet di hp android.

Ada tujuh cara menghemat kouta internet yang bisa dilakukan di smartphone agar paket kouta internet tidak cepat habis.

Tips sederhana ini bisa membantu menghemat pemakaian paket data internet di ponsel Android.

Bila ingin mengetahui cara untuk menghemat kuota data internet di hp android? ikuti ulasan cara menghemat pemakaian data seluler dibawah ini

Cara Menghemat Kouta Internet Di Android

Apa saja yang bisa dilakukan untuk menghemat kouta internet di hp android, ikuti penjelasan cara untuk menghemat kuota internet berikut ini:

1. Gunakan fitur Chrome Data Saver untuk browsing.

Jika menggunakan google Chrome browser untuk berselancar, maka untuk bisa memotong penggunaan kuota data, aktifkan fitur Data Saver.

  • Caranya:

    Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa pergi ke menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android kamu.

2. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan

Salah satu cara menghemat kuota data adalah menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak dipakai secara berkala.

  • Caranya:

    Masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet.

3. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya

Pasti tau dong fitur data usage warning dan limit system yang built-in di tiap HP Android, fitu ini bisa di manfaatkan untuk memberikan peringatan ketika pemakaian data sudah melampaui batas.

  • Cara menggunakannya:

    Masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

4. Batasi penggunaan data di background (Restrict Background Data)

Jika benar-benar merasa boros kuota data, salah satu cara menghemat kouta adalah memberhentikan penggunaan data di background.

  • Cara membatasinya:

    Masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK.

Hal ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background, namun kendalanya adalah notifikasi terlambat datang.

5. Indentifikasikan aplikasi yang menyedot kuota data.

Banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita koneksi ke internet namun hal itu tentu saja membuatnya memakan banyak data.

  • Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data, Caranya:

    Masuk menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data kamu. 

Solusinya bisa uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.

6. Batasi penggunaan data di masing-masing aplikasi.

Opsi Android Data Usage bukanlah satu-satunya cara untuk membatasi penggunaan data untuk sebuah aplikasi. Beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi dan opsi datanya sendiri.

  • Untuk bisa mengaksesnya :

    Masuk menu setting di aplikasi tersebut. Contohnya Google Photos,  masuk ke menu Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

7. Batasi update aplikasi hanya jika terhubung dengan WiFi.

Jika menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka HP akan meng-update secara otomatis aplikasi yang terinstal.

Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk menangani hal ini, maka aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP terkoneksi dengan WiFi.

  • Cara mengaktifkannya:

    Masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Demikianlah 7 tips dan cara menghemat kouta internet di android, Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan dan dapat menghemat  kuota data internet anda, agar paket internet tidak cepat habis