Skip to main content

Chrome Cleanup Tool Rahasia Kemanan Komputer Dibalik Browser Google Chrome

Chrome cleanup tool rahasia kemanan komputer dibalik browser google chrome. Google Chrome adalah browser cepat yang sebenarnya dilengkapi dengan google cleanup tool tapi mungkin belum banyak di ketahui mudah digunakan dan aman. Google Chrome merupakan browser yang dikeluarkan oleh Google, sebuah perusahaan search engine terkemuka didunia.

Google Chrome juga dirancang agar berjalan secepat mungkin, memuat laman web dalam sekejap dan menjalankan aplikasi web yang tidak rumit dengan sangat cepat.

Kelebihan chrome dalam dunia web browser. Browser Chrome dapat dikatakan sebagai browser yang ringan, gesit, termasuk saat start awal dan melakukan perpindahan tab. Chrome otomatis akan mem-bookmark semua situs yang pernah dibuka atau sering dikunjungi.

Browser adrress dari Chrome juga bertindak sebagai search engine sehingga lebih praktis. Desainnya pun cukup simpel dengan sistem keamanan yang sangat kuat.

Dan di balik kecanggihannya tersebut mungkin diantara pengguna browser chrome belum mengetahui chrome cleanup tool, atau chrome cleanup tools rahasia keamanan di balik browser tersebut.

Dilansir dari ulasan.id "Salah satu alasan mengapa browser chrome  mampu mengalami pertumbuhan  pengguna secara cepat adalah karena fokus Google pada keamanannya. Google menghadirkan Chrome Cleanup dengan tujuan melindungi penggunanya dari mʌlware, ini yang menjadi prioritas utama Chrome saat ini.

Mungkin pengguna chrome tidak sadar kalau software penjelajah tersebut memiliki kemampuan untuk melindungi penggunanya dari ransomware, pembajak, dan hal-hal buruk lainnya yang mampu menyusup melalui browser tersebut, tapi dengan chrome cleanup tools, chrome bisa mengatasinya.

Chrome Cleanup Tool Rahasia Kemanan Komputer Dibalik Browser Google Chrome

Percaya atau tidak, google cleanup tool pada aplikasi Chrome benar-benar dapat memindai seluruh mʌlware yang terdapat di dalam komputer ataupun laptop penggunanya layaknya softawre antivirus.

Nah berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan chrome cleanup tool:

  1. Buka Chrome atau buka tab baru jika sudah menjalankan Chrome.
  2. Ketikan “chrome://settings/cleanup” pada address bar yang tersedia. Alternatif tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan mengetikkan “Chrome://”.
  3. Setelah itu, akan muncul tampilan sebagai berikut

    Klik tombol yang ada di bagian bawah tampilan tersebut. Selanjutnya, Chrome akan mulai memindai komputer maupun laptop. Proses deteksi mʌlware yang bekerja di balik layar sebenarnya dilakukan oleh ESET, sebuah perusahaan keamanan TI asal Slovakia yang sangat dihargai.

Perlu diketahui bahwa proses pemindaian tidak hanya mencari hal-hal seperti ransomware, Trojan, dan virus lainnya. Google memberikan kebijakan terhadap ESET untuk mencari:

  • Semua jenis perangkat lunak yang tidak diinginkan yang dapat mencakup aplikasi yang mungkin tidak di sadari telah terpasang,
  • Aplikasi yang mengunggah data Anda ke server jarak jauh tanpa sepengetahuan Anda atau
  • Bahkan aplikasi yang tidak jujur ​​tentang apa yang mereka perbuatan.

Google menjabarkan kriterianya pada halaman Chrome jika pembaca ingin membutuhkan informasi lebih lanjut.

Chrome Cleanup tool adalah fitur tambahan yang mampu memberikan perlindungan tambahan terhadap mʌlware. Jika menggunakan browser keluaran Google untuk menjelajahi beragam situs, sebaiknya lakukan pemindaian setiap saat.

Perlu diingat bahwa Chrome Cleanup tool adalah alat pemindai mʌlware yang bersifat on-demand. Alat tersebut tidak menawarkan perlindungan real-time seperti software anti mʌlware pada umumnya.

Demikianlah informasi tentang Chrome Cleanup tool Rahasia Kemanan Komputer Dibalik Browser Google Chrome. semoga bermanfaat.