Skip to main content

Facebook Di Tuding Meniru Beberapa Fitur Layanan Lain

Facebook dituding meniru beberapa fitur layanan lain. Sebagai perusahaan besar tentunya wajib untuk membuat sebuah gebrakan dengan inovasi dan ide kreatif yang membuatnya menjadi suatu keunggulan. Namun nyatanya perusahaan besar atau pelaku bisnis internet seperti jejaring sosial Facebook dipercaya telah menjiplak beberapa hasil karya pelaku bisnis Hal tersebut diketahui karena belakangan ini banyak fitur baru yang dihadirkan oleh Facebook diyakini mengadopsi fitur yang sebelumnya sudah pernah ada di Twitter atau layanan lainnya.


Walaupun belum bisa dipastikan sebagai penjiplak, banyak kalangan menuding Facebook sudah mulai kehabisan ide kreatifnya. Berikut ini adalah tiga fitur baru Facebook, yang diperkirakan meniru fitur Twitter:
  1. Follow dan Followers,
    fitur ini bisa dibilang tidak terlalu ditiru karena dari namanya saja Facebook sudah mengubahnya menjadi Subscribe dan Subscribers. Namun jika dilihat dari kegunaannya, kedua fitur Facebook ini 100% mirip seperti kedua fitur Twitter tadi yang mana sudah ada lebih dulu.
     
  2. Hashtag (Tagar),
    fitur yang satu ini memang belum resmi diluncurkan, namun salah satu staffFacebook membenarkan kehadirannya dalam waktu dekat ini. Sedangkan dari kegunaannya sendiri diperkirakan akan mirip seperti fitur hashtag yang mana sudah ada di Twitter sejak tahun 2007 silam. Sekedar info, Flickr bahkan telah meluncurkan fitur hashtag ini pada layanan mereka.
     
  3. Tombol updates status,
    fitur baru ini kabarnya sudah masuk tahap uji coba dan rencananya akan segera diluncurkan dalam waktu dekat. Para pengguna Twitter tentunya tidak akan asing lagi dengan fitur yang satu ini, karena kegunaannya juga sama yakni memungkinkan penggunanya untuk menulis status dari laman manapun. Dengan adanya fitur baru ini, Facebook juga nampaknya berharap agar para penggunanya lebih aktif untuk berbagi status layaknya para pengguna Twitter.

Selain mengadopsi beberapa fitur Twitter, tampilan baru news feed Facebook yang masih dalam tahap uji coba juga dikatakan sedikit mirip seperti desain Google+. Kemudian sebelum mengakuisisi Instagram Facebook juga pernah dituding meniru layanan berbagi foto tersebut dengan meluncurkan aplikasi filter foto bernama Facebook Camera. Setelah ini Facebook kira-kira akan mengadopsi fitur apa lagi ya?

Sumber:http://gadgetan.com