Skip to main content

Cara Menganalisis Dan Mengenali Berita Hoax yang Bertebaran Di Facebook

Cara menganalisis dan mengenali berita hoax yang bertebaran di facebook. Apa itu hoax? Hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar yang di kenal juga dengan berita bohong, Namun dibuat seolah-olah benar adanya. untuk memperdaya orang-orang yang memang tidak tahu hal-hal yang di beritakan.

Berita hoax atau berita bohong pada umumnya banyak di temukan di Media sosial,  pesan berantai yang diteruskan lewat instant messenger, hingga situs yang memang sengaja memuat berita palsu. Lalu bagaimana cara menghadapinya.

Tips untuk menghadapi berita hoak adalah tidak langsung ikut menyebar luaskan sebelum mengetahui dengan jelas. untuk lebih jelasnya cara membedakan berita hoax dan tidak, berikut ini adalah cara menganalisa berita hoax yang betebaran di facebook

10 Tips Mengenali Hoaks dari Facebook

Untuk cara cara mengenali berita palsu supaya tak terjebak percaya, apalagi ikut menyebarkan. berikut cara mengenali berita hoax atau cara menganilisa berita hoak yang disampaikan oleh Facebook, melansir dari tekno.Kompas .com, diantaranya:

  1. Jangan langsung percaya dengan judul
    Hilangkan kebiasaan membaca berita dari judulnya saja. Buka berita tersebut, baca, dan proses secara perlahan.
  2. Periksa URL atau alamat situsnya
    URL berita palsu biasanya berisi situs abal-abal yang alamatnya dibuat supaya mirip dengan situs resmi. Banyak situs berita palsu yang berupaya menipu pembaca dengan sedikit mengubah alamat URL.

    Cara untuk memastikannya berita hoak atau bukan bisa dengan membuka situs yang tercantum dan membandingkan alamat URL-nya dengan sumber terpercaya.

  3. Cari tahu sumbernya
    Berita valid berasal dari sumber yang terpercaya. Telusuri dan cek sumber berita yang biasanya tercantum pada bagian bawah berita, pastikan memang benar-benar kredibel.

    Jika sumbernya merupakan organisasi tidak dikenal, lihat bagian "tentang" (about) di situsnya untuk melihat latar belakang mereka. Kalau ada yang mencurigakan, bisa jadi situsnya abal-abal.

  4. Perhatikan penulisan dan format artikel/berita
    Berita hoaks seringkali mengandung kesalahan penulisan, baik tanda baca seperti koma, titik, huruf kapital, dan kesalahan penulisan lainnya. Hal ini sepele namun patut untuk diperhatikan.
  5. Validasi foto yang ada
    DI era digital, apapun bisa dimanipulasi, termasuk foto dan video. Maka jangan langsung percaya dengan foto apapun. Kalaupun foto memang asli, bisa jadi konteks penggunaannya berbeda. Telusuri foto di pencarian internet untuk mencari tahu asalnya.

    Berita terpercaya memiliki sumber foto atau gambar yang tercantum di dalamnya. Foto biasanya tercantum sumber foto atau nama pengambil fotonya.

  6. Periksa tanggal berita
    Tanggal berita merupakan bagian penting dalam sebuah berita. Periksa tanggal peredaran berita tersebut dan cocokkan dengan waktu dan masalah yang terjadi, terkait isu di dalamnya. Jangan lupa pula, tanggal peristiwa juga bisa diubah untuk mengelabui pembaca.

  7. Cek bukti atau detail pendukung
    Sebuah berita kredibel memiliki beberapa pendukung atau kutipan dari para ahli dan sumber. Jika tidak ada, atau tidak menyebutkan nama sumber dengan jelas, validitasnya diragukan.
  8. Kroscek dengan berita lain
    Periksa kebenaran sebuah laporan dengan laporan dari sumber berita lain tentang hal yang sama. Apabila tak ada berita lain yang membahas hal serupa, bisa jadi topik bahasannya memang tak pernah ada.

    Sebaliknya, apabila ada sumber-sumber kredibel lain yang bisa memperkuat pelaporan sebuah berita, maka ia semakin layak dipercaya.

  9. Periksa keseriusan berita
    Kadang sebuah berita bohong tidak dimaksudkan untuk sengaja menyesatkan pembaca, melainkan sebagai humor belaka.

    Cek apakah sumber berita memang biasa menampilkan prodi, perhatikan juga nadanya, apakah serius atau bercanda/ sarkas.

  10. Pelihara sikap kritis
    Yang terpenting, pembaca harus tetap kritis dan skeptis menyikapi segala informasi. Hanya teruskan berita yang diketahui memang bisa dipercaya.

Demikianlah tips dan Cara menganalisis dan mengenali berita hoax yang bertebaran di facebookk, semoga informasi tentang tips anti hoax diatas jadi bisa membedakan berita hoax dan dan tidak.