Skip to main content

(4) Cara Mematikan Fitur Backup Di Aplikasi WhatsApp Dan Menghapus File Backup di Google Drive

Cara mematikan fitur backup di Aplikasi WhatsApp dan cara menghapus file backup WhatsApp di Google Drive. Pada umumnya Aplikasi WhatsApp secara otomatis menyimpan percakapan melalui fitur auto backup. Namun ada juga waktunya kita ingin menghapus pesan dengan seseorang, karena berbagai hal tertentu.

Menghapus pesan WhatsApp memang sangat mudah dilakukan, namun perlu diketahui bahwa rekam percakapan tersebut masih dapat dibuka kembali. Karena semua data percakapan WhatsApp yang lakukan tersimpan di media penyimpanan Google Drive.

Nah bagaimana cara mematikan fitur auto backup aplikasi WhatsApp dan cara menghapus file di google drive secara permanen tersebut? ikuti ulasannya dibawah ini.

#4 Cara Mematikan Fitur Backup Di Aplikasi WhatsApp.


Fitur Backup Di Aplikasi WhatsApp dapat di akses melalui tombol yang tersedia pada menu ‘Setting’. Pengguna bisa menentukan seberapa sering aplikasi WhatsApp mem-backup data. Jika diinginkan, pengguna juga bisa menonaktifkan fitur tersebut.

Perlu diingat sebelum memutuskan untuk menghapusnya, ada baiknya dipikirkan terlebih dahulu. sebab,  apabila file backup dihapus, itu akan berlaku secara permanen. Dalam artian tidak dapat mengembalikannya lagi pesan. Untuk mengembalikannya, harus mem-backup file kembali.

Berikut ini adalah langkah-langkah mematikan fitur backup pada aplikasi WhatsApp dan cara menghapus file di google drive secara permanen atau Menghapus File Backup WhatsApp di Google Drive, melansir dari laman Tribunnews.com

  1. Pertama buka situs Google Drive, drive.google.com. Selanjutnya, pilih icon GIR (Pengaturan) yang terletak pada bagian pojok kanan atas. Baru kemudian klik ‘Setelan’.


  2. Langkah berikutnya adalah klik ‘Kelola Aplikasi’. Ini adalah langkah untuk mengelola aplikasi apa pun yang terhubung dengan Google Drive Anda.

  3. Gulirkan mouse ke bawah hingga Anda menemukan aplikasi WhatsApp. Klik pada ‘Opsi’ dan pilih ‘Hapus Data Tersembunyi’.

  4. Setelah itu, tunggu beberapa menit. Namun waktu menunggu ini tergantung dengan ukuran file backup. Apabila proses sudah selesai, maka data ‘File Tersembunyi’ akan hilang.

Demikianlah informsi teknolgi tentang cara mematikan fitur backup di Aplikasi WhatsApp atau cara menghapus file backup pada aplikasi WhatsApp yang ada di Google Drive. semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.