Skip to main content

5 Pengaturan Facebook Rahasia Yang Harus Di Ketahui

5 Pengaturan Facebook rahasia yang harus di ketahui. Mungkin diantara pengguna facebook ada yang belum mengetahui dibalik pengaturan facebook hanya menulis status komen dan like.

Nah kali ini informasi tentang teknologi membahas tentang rahasia fb yang belum diketahui, sebenarnya rahasia fb banyak di balik pengaturannya, namun untuk kali ini 5 pengaturan facebook rahasia yang akan diulas.

Ketika merasa ada yang aneh di akun facebook yang digunakan, wajib memeriksa pengaturan facebook agar mengetahui dengan jelas mengapa akun faceook yang digunakan ada yang aneh.

Hal ini untuk menjaga data pribadi dan menjaga dari hal-hal yang tak diinginkan, semisal di hack orang dan lain sebagainya.

Pengaturan Facebook Rahasia Yang Harus Di Ketahui

Apa saja Pengaturan Facebook yang harus di ketahui dan dirubah jika merasa khawatir tentang data pribadi atau hal-hal lain yang disimpan di Facebook dan kemudian disalahgunakan.

Cara mengatur pengaturan facebook rahasia untuk menjaga data pribadi di akun facebook, ikuti ulasannya berikut ini.

1. Bagian Aplikasi dan Layanan

Ini adalah hal terpenting yang perlu Anda lakukan jika benar-benar khawatir tentang data pribadi yang disimpan di Facebook dan kemudian disalahgunakan.

Nah, ada cara yang sangat mudah untuk memeriksa aplikasi dan layanan yang telah diberikan akses penuh dan percayalah hal ini dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Cara Memeriksa Bagian Aplikasi dan Layanan

  1. Masuk ke akun Facebook Anda dan kemudian pergi ke Pengaturan Akun dan kemudian pilih Tab Aplikasi
  2. Di sana Anda akan melihat daftar aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Facebook Anda. Anda perlu meninjau mereka dan menghapus yang tidak Anda percayai atau gunakan lagi .

Itu saja, selesai! sederhana, bukan? Nah, ketika Anda benar-benar menghapus aplikasi, Anda akan melihat munculan yang akan memberi tahu Anda bahwa aplikasi dapat menyimpan data yang telah dikumpulkan yang tidak dapat Anda perbaiki.

Namun, hal ini akan memastikan bahwa aplikasi tidak mengumpulkan data lagi di masa mendatang.

2. Membatasi Informasi Berbagi ke Teman

Nah, ini adalah sesuatu yang akan membuat semua orang takut. Kapanpun teman Anda mengakses situs web atau aplikasi dengan akun Facebook mereka

Situs web atau aplikasi tersebut sebenarnya dapat mengakses detail pribadi. Namun, ada cara mudah untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi di masa depan.

Cara membatasi Informasi Berbagi Kepada Teman

  1. Pertama-tama login ke akun Facebook Anda dan kemudian buka Pengaturan Akun dan kemudian pilih "Aplikasi" . Anda perlu menemukan bagian "Aplikasi Lainnya Gunakan"
  2. Sekarang klik pada bagian itu dan kemudian Anda perlu mengklik "Edit"
  3. Sekarang Anda akan ditunjukkan banyak opsi. Anda perlu menghapus centang pada informasi yang Anda tidak ingin Facebook untuk berbagi dengan aplikasi dan situs web yang digunakan teman Anda.

Setelah selesai, klik Save Changes dan Anda sudah siap. Itu saja, selesai! Ini adalah bagaimana Anda dapat membatasi informasi yang dibagikan Teman dengan Anda.

3. Kelola Izin Aplikasi Untuk Aplikasi Facebook

Setiap kali kita menginstal aplikasi Facebook seperti Facebook lite, Messenger kita sebenarnya memberi izin untuk mengumpulkan informasi dari telepon yang digunakan.

Jadi, untuk mengelola izin aplikasi untuk aplikasi Facebook, Anda harus mengikuti petunjuk ini.

Cara memberikan Izin aplikasi untuk Aplikasi Facebook

  1. Buka aplikasi Facebook dan kemudian Buka Informasi Aplikasi lalu ketuk Izin .
  2. Anda perlu menghapus centang izin seperti SMS, Telepon, Kontak, dan Mikrofon di bawah Izin.

Dengan langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda akan mencabut semua izin dari aplikasi Facebook.

Namun, ada beberapa trade-off seperti kapan pun Anda akan mengunggah media di Facebook, itu akan meminta Anda untuk mengizinkan izin penyimpanan.

Demikian pula, Anda akan diminta untuk mengizinkan izin ke kamera dan mikrofon untuk menggunakan kamera Facebook.

4. Kelola Izin Aplikasi Untuk Messenger

Sama seperti Aplikasi Facebook, Facebook juga mengumpulkan informasi dari aplikasi Messenger-nya.

Aplikasi Messenger digunakan untuk percakapan. Namun, saat instalasi, ia meminta izin untuk membaca pesan teks Anda. Jadi, pastikan untuk mematikan opsi-opsi itu.

Cara memberikan Izin untuk Aplikasi Messanger

  1. Saat memasang Facebook messenger, pastikan Anda tidak mengaktifkan Text Anyone In Your Phone dan Kirim Dan Terima SMS di opsi Messenger.
  2. Ia bahkan akan meminta Anda untuk menambahkan nomor telepon Anda. Pastikan Anda tidak menambahkan nomor telepon Anda ke Messenger.

Jika Anda sudah memberikan izin, Anda perlu menghapus Messenger dari perangkat Anda dan memasangnya kembali untuk mendapatkan opsi yang sama lagi.

5. Membatasi Iklan

Jika Anda telah menggunakan Facebook untuk sementara waktu, Anda akan sangat sadar akan iklan yang ditampilkan kepada Anda. Sering kali Anda akan melihat iklan yang mungkin Anda minati dan menampilkan iklan yang terkait dengan hal yang sama.

Namun, hal ini jelas menunjukkan bahwa Facebook tahu apa yang Anda cari di situs web lain. Untuk berhenti, Facebook melacak Anda di seluruh internet, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Cara Membatasi Iklan di akun Facebook

  1. Masuk dengan akun Facebook Anda. Buka Pengaturan Akun dan kemudian klik "Iklan"
  2. Sekarang Anda perlu mengubah data pribadi Anda yang tidak ingin Anda bagikan dengan Pengiklan.

Beberapa Hal Penting Lainnya pada Akun Facebook

Setelah semua metode yang tercantum di atas, ada beberapa hal penting lainnya yang harus Anda lakukan untuk menghentikan facebook mengumpulkan semua informasi online Anda.

  • Pertama-tama, jangan masuk ke aplikasi pihak ketiga dan situs web menggunakan akun Facebook Anda kecuali itu sangat penting.
  • Saat masuk ke akun Facebook Anda, pastikan untuk memeriksa kembali data yang dimintanya . Jika ada yang terlihat mencurigakan, jangan masuk ke Facebook.

Jangan lupa bahwa Facebook adalah layanan gratis dan perusahaan yang menyediakan layanan gratis mengumpulkan data dari pengguna. Anda tidak dapat menghentikan mereka dari mengumpulkan data tentang Anda,

Namun setidaknya dapat membatasi jenis data yang dapat mereka kumpulkan dan memiliki setidaknya beberapa kemiripan privasi data dalam hidup Anda.

Demikinalah Informasi teknologi tentan 5 pengaturan Facebook Rahasi yang haru di ketahui, semoga tips diata dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.