Skip to main content

Pengguna yang Tak Punya Akun Ternyata Bisa Dilacak Facebook

Pengguna yang tak punya akun ternyata bisa dilacak facebook. Setelah akhir-akhir ini facebook menjadi perbincangan, setelah skandal penyalahgunaan puluhan juta data pengguna, fakta baru kembali terkuak ternyata facebook bisa mengetahui dan melihat lokasi pengguna yang tak memiliki akun facebook, bahkan bisa melacak penggunanya walaupun dalam keadaan tidak aktif alias sudah log out. Tak cuma itu saja, Facebook juga ternyata memburu pengguna yang tidak memiliki akun sama sekali.

Lalu bagaimana cara facebook melacak dan cara mengetahui pengguna yang tak memiliki akun facebook. Di lansir dari liputan6.com, hal ini disampaikan oleh Director of Management Product Facebook, David Baser. Ia mengatakan, Facebook bisa melacak pengguna lewat informasi yang didapatkan via pihak ketiga, seperti IP adress, browser, informasi sistem operasi, cookies, identifikasi perangkat, hingga alamat situs web atau aplikasi yang digunakan.

Jadi, ketika pengguna mengunjungi sebuah situs web atau aplikasi via Facebook (seperti like, share button, Facebook Ads Tools, atau juga Facebook Login), facebook akan menerima informasi langsung meski pengguna dalam keadaan log out atau juga tidak memiliki akun Facebook. Pasalnya, aplikasi dan situs web lain tidak tahu siapa yang menggunakan Facebook.

Data yang didapatkan Facebook tersebut akan digunakan untuk meningkatkan produk dan layanan, juga meningkatkan faktor keselamatan serta keamanan platform dan terus menyediakan layanan pihak ketiga.

Facebook Audience Network menciptakan situs lain dan aplikasi untuk memperlihatkan iklan dari para pengiklan. Jadi, saat facebook mendapatkan permintaan untuk memperlihatkan Audience Network, facebook membutuhkan sistem operasi orang yang akan dikirimkan sebuah iklan," kata Baser, seperti dikutip dari Trusted Reviews.

Dengan demikian, tambah Baser, pengguna yang mengakses internet pasti tak akan bisa lepas dari Facebook. Sebab, situs dan aplikasi yang mereka kunjungi pasti akan selalu terhubung dengan Facebook.

Meski berulang kali menegaskan tidak menjual data pengguna, namun kenyataannya Facebook menggunakan data pengguna dan dipakai untuk disesuaikan dengan iklan yang muncul di Facebook pengguna. Sehingga timbul kesan memata-matai yang dilakukan Facebook.

Facebook justru mengaku menggunakan data yang mereka peroleh dari situs lain untuk membantu pengguna, mulai dari di setelan bahasa, sampai membantu menganalisa pengunjung situs dan aplikasi, seperti gender dan usia.

Facebook turut berkata data-datanya yang didapatkan digunakan untuk melindungi pengguna, jadi bila ada IP address yang berasal dari negara lain untuk login ke akun Facebook seseorang, maka pengguna bisa diberitahukan.

Untuk masalah iklan, bila pengguna berkunjung ke situs travel, maka Facebook bisa mengetahui dan menawarkan iklan-iklan terkait hotel dan mobil sewaan. Itulah yang menyebabkan mengapa saat kita mencari produk di sebuah situs, tiba-tiba iklan produk serupa muncul di Facebook.

Demikianlah artikel tentang pengguna yang tak punya akun ternyata bisa dilacak Facebok, semoga bermanfaat. artikel ini sudah tayang di liputan6.com dengan judul Pengguna yang Tak Punya Akun Juga Bisa Dilacak Facebook, dan merdeka.com dengan judul Ternyata Facebook juga bisa lacak pengguna yang tak punya akun