Skip to main content

Demi Kemanan Jangan Mengupload 10 Hal Ini Ke Media Sosial Anda Bahaya !

Demi Kemanan Jangan Mengupload 10 Hal Ini Ke Media Sosial Anda Bahaya !. Sebagai pengguna media sosial ada berbagai hal yang tak boleh dishare di medsos, demi untuk menjaga keamanan, sebagaimana diketahui hidup di era internet seperti sekarang semakin memudahkan bagi orang untuk menunjukkan eksistensinya.

Namun perlu juga diperhatikan bahwa menjaga kemanan dari orang orang yang tak beranggung jawab di Internet atau dunia maya harus di hindari supaya, tak menjadi korban kejahatan internet.

Kini dipastikan setiap orang memiliki akun sosial media (sosmed), seperti facebook, instagram, twitter dan akun sosmed lainnya. Dan dari berbagai pengguna dipastikan ada yang menfaatkan untuk kejahatan, Oleh karena sudah sepantasnya kita sebagai pengguna saling mengingatkan, agar korban korban kejahatah dunia maya karena kecerobohannya, tidak bertembah.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan apa yang kita posting dalam media sosial. Karena terkadang kecerobohan  kecil yang terkadang dapat membahayakan pekerjaan, hubungan, dan identitas dan lain-lain.

Lalu bagaimana menjaga agar tak menjadi korban pengguna media sosial yang tak bertanggung jawab, dan apa saja yang tidak tidak boleh di unggak ke akun sosial media, demi keamanan. Di lansir dari Sripoku.com. Setidaknya ada 10 hal yang tidak boleh diunggah ke akun sosial media demi keamanan.

10 Hal yang Tidak boleh Unggah ke Media Sosial

Memang pamer di sosial media, bukanlah hal yang dilarʌng namun justru dari sinilah terkadang masalah kejahatan berawal, lalu apa saja hal-hal yang tak boleh di upload ke media sosial, untuk menghindari kejahataan internet atau kejahatan dunia maya, ikuti saja berikut ini.

  1. Jangan pamer uang

    Seberapa banyak uang yang kamu miliki, jangan pernah melakukan hal ini.  Kecuali kamu sudah disiap untuk dirampok. Uang tidak usah dipamerkan di dunia maya, lebih baik disumbangkan atau dibelanjakan dengan bijak.

    Termasuklah mengunggah foto slip gaji, kartu kredit, dan tumpukan uang tunai hanya akan mendatangkan masalah. Selain menunjukkan selera yang buruk, hal itu juga membuat kita sasaran empuk untuk dirampok.

    Juga jauhi foto atau keterangan yang memberikan informasi keuangan seperti nama bank tempat menabung.

     

  2. Boarding pass

    Memberitahu semua orang tentang rencana perjalanan lewat sosial media mungkin nampak tidak berbahaya. Namun, memposting foto boarding pass pada sosial media sebaiknya dihindari.

    Menurut Brian Krebs pendiri laman Krebsosecurity.com - sebuah laman tentang kisah investigasi kejahatan cyber, keamanan komputer, dan data pribadi - mengunggah foto boarding pass dan kartu frequent flyer bisa membuat rekaman data penumpang tersebar.

    Orang jahat di luar sana bisa merᥱtas dan mengakses data perjalanan, nomor telepon, tanggal lahir, bahkan data paspor. Berdasarkan nomor di tiket, para penjahat juga dapat mencari tahu kapan kita pergi dan kembali.

    Mengetahui, tidak ada seorang pun di rumah dapat menarik pencuri untuk membobol rumah.

     

  3. Kemenangan tiket l0tere

    Jika kamu mendapat keberuntungan menang tiket l0tere, berusahalah untuk tidak memamerkannya. Memposting tiket l0tere yang telah mengantarkan keberuntungan, hanya akan mendatangkan risiko kriminalitas. karena para hacker bisa saja mereplikasi barcode pada tiket lotere dan mencuri.

     
  4. Jangan unggah informasi anak

    Mengunggah foto anak yang sedang sakit atau berkelakuan unik pasti akan mengundang banyak respons di media sosial, tetapi coba pertimbangkan efeknya pada anak.

    Di Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara mencatat jumlah pelanggaran sᥱksʋal tertinggi terhadap anak-anak dalam dekade terakhir.

    Jika kamu unggah foto sekolah anak bisa memberi kesempatan kepada pelaku sᥱks  untuk mengetahui di mana anak kamu bersekolah.

     

  5. Tidak menandai lokasi

    Orang lupa fakta bahwa memberi tag lokasi, khususnya lokasi rumah, berati memberi tahu alamat dengan jelas. Jika Facebooknya terbuka, tidak ada batasan siapa yang melihat, maka semua orang bisa melihat dan tahu lokasi alamat rumah anda.

     
  6. Unggah Akta lahir

    Mengunggah informasi identitas di media sosial sama dengan menghilangkannya atau memberikannya secara cuma-cuma pada orang jahat. Ini juga berlaku pada postingan tentang foto akta kelahiran.

    Memiliki bayi yang baru lahir mungkin membuat kalian tak sabar ingin segera mengumumkannya pada semua orang. Namun, ini justru membuat si kecil berisiko terhadap pencurian identitas dan penipuan.

    Menurut Identity Theft Resource Center, membiarkan dokumen pemerintah ini jatuh ke tangan orang asing dapat menyebabkan kerusakan permanen.

    Akte kelahiran dianggap sebagai “dasar dokumen identifikasi” dan dapat memberikan kalian kartu Jaminan Sosial baru, paspor, dan SIM.

     

  7. Status hubungan asmara

    Jika kamu ingin merayakan hubungan baru dengan pasangan, jangan lakukan itu di Facebook. Hal ini bisa mengubah status kamu karena ada orang jahat yang ingin memanfaatkannya.

     
  8. Hal hal yang bukan hasil karyamu

    Jangan sampai kamu upload sebuah karya yang bukan buatanmu. Secara moral, hal ini tidak bagus untuk diri sendiri. Apalah arti pamer jika hal tersebut bukan ciptaan sendiri.

     
  9. Tidak mengupload ketika sedang liburan

    Menurut situs keuangan, ada asuransi yang tidak memberikan klaim jika nasabah dirampok saat mereka berlibur dan memposting di Facebook. Hal ini dikarenakan nasabah dengan sengaja memberi tahu kepada orang jahat mengenai lokasi kamu berada dan bisa memberikan umpan.

     
  10. Mengunggah Pesan pribadi hingga membongkar aib teman

    Jika mengunggah percakapan pribadi antara anda dengan seseorang bisa jadi anda kurang kerjaan. Hal-hal seperti ini harus menjaga kerahasiaannya jangan sampai identitas tercemar hanya gara-gara membongkar aib teman, tanpa disadari orang-orang akan tahu siapa anda sebenarnya.


Demikianlah artikel tentang, demi kemanan jangan mengupload 10 hal ke media sosial bahaya, Hati-hati dan gunak media sosial dengan bijaksana agar tak terjadi hal yang diinginkan, patut patut dingat juga, jangan curhat di media sosial karena juga ada bahayanya.

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul PERHATIKAN! 10 Hal yang tak Boleh Diunggah ke Sosial Media, No.4 Kerap Dilakukan Ibu-ibu, Bahaya!, (Penulis: pairat)