Skip to main content

5 Cara Mengetahui Apakah Ada yang Melacak Kita Melalui Smartphone yang Di Gunakan

Cara  mengetahui siapa yang sudah melacak kita melalui smartphone yang di gunakan. Semakin canggih smartphone yang digunakan, bukan berarti kita aman dari mata mata yang mengintai, justeru dengan semakin cangihnya tersebut membuat manusia lebih kreatif dan berinovasi menciptakan teknologi untuk melacak keberadaan seseorang tanpa di ketahui. Dan mungkin malah smartphone yang digunakan terdapat aplikasi pelacak, namun kamu tak perlu khawatir. artikel ini mengurai cara mengetahui atau melacak siapa yang telah melacak kita melalui smartphone yang di gunakan.

Memang tak nyaman rasanya jika ada yang memata-matai segala aktivitas yang dilakukan, pada ponsel yang digunakan, lalu bagaimana cara malacak dan mengetahui jika ponsel pintar yang digunakan tak ada mata-mata yang mengintai, Beberapa hal  dibawah ini bisa jadikan acuan untuk melacak siapa saja yang telah mengintai pada smarphone yang digunakan.

Cara  Mengetahui Apakah Ada yang Melacak Kita Melalui Smartphone yang Di Gunakan

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan :

1. Mengetahui kode rahasia dalam ponsel.

Beberapa kode rahasia yang bisa di akses yang terdapat dalam ponsel berikut ini beberapa daftarnya
  • *#21# : kode ini untuk mengetahui apakah panggilan, pesan, dan data lainnya dialihkan.Status dari berbagai jenis pengalihan yang terjadi bersamaan dengan nomor informasi yang sedang ditransfer akan ditampilkan di layar ponsel Anda.

    Fungsi ini paling sering disiapkan oleh orang tua yang mencoba melindungi anak-anak mereka dari spam atau kriminal.
  • *#62#: Dengan kode ini bisa untuk mencari tahu dimana panggilan, pesan atau data dialihkan.
  • ##002# : Ini adalah kode universal untuk mematikan semua bentuk pengalihan dari ponsel.
  • *#06# : Kode untuk mengetahui nomor Imei anda, kode ini adalah identitas ponselmu.
    Dengan kode ini bisa digunakan untuk menemukan pencuri yang telah mengambil ponsel kita, ketika dihidupkan secara otomatis lokasi akan tersampaikan ke operator jaringan. Bahkan hal ini berlaku jika kartu SIM yang dimasukkan berbeda.

2. James Bond Kode

Kode ini adalah kode khusus  yang memungkinkan seseorang untuk melacak atau mengikuti anda. untuk itu yang perlu dilakukan, mengetik beberapa kode berikut ini untuk mengetahuinya.
  • Untuk iPhone: * 3001 # 12345 # *
  • Untuk Android: * # * # 4636 # * # * atau * # * # 197328640 # * # *
Jika anda pengguna iPhone, Pertama, masuk ke bagian UMTS Cell Environment, lalu UMTS RR info, dan catat semua nomor di bawah Cell ID. Angka tersebut adalah stasiun dasar dari ponsel anda yang memancarkan sinyal terbaik.

Kedua, ke menu utama klik tab info MM, kemudian klik pada Melayani PLMN, lalu tuliskan angka-angka di bawah Kode Area Lokal (LAC).

Ketiga, Dengan bantuan nomor tersebut lalau mencocokkannya di situs opencelid.org, Anda dapat menentukan lokasi di peta stasiun dasar tempat ponsel Anda terhubung.

3. Gunakan Anti Virus

Hati-hati dan kenali virus dengan nama PlaceRaider, ini adalah virus berbahya yang dikembangkan para ahli Amerika.

Virus ini adalah jenis Trojan yang mengambil serangkaian foto-foto di daerah sekitarnya, mengambil keuntungan dari data internet untuk mengirim data yang telah dikumpulkan. Ditambah dengan semua data ponsel dan kata sandi anda.

4. Kenali beberapa Gejala di Ponsel Anda

Badan keamanan nasional hampir semuanya bekerja sama dengan operator seluler setempat, mereka memberikan akses pertama kali tentang pelanggan mereka asalkan memiliki surat perintah dari pengadilan.

Jika ponsel anda disadap oleh agen keamanan, kemungkinan anda akan menyadarinya Jika telepon membuat suara aneh selama percakapan, kehilangan daya baterai dengan cepat, terlalu panas, atau restart secara tidak terduga.

5. Gunakan aplikasi tertutup bagi orang luar

Beberapa aplikasi ini mungkin bisa disalah gunakan untuk kejahatan. Namun, aplikasi ini juga memberikan keamanan dan dukungan penuh pada privasi pengguna seperti Telegram, Chare, Wickr, atau Sinyal.

Jangan asal memberikan informasi pada nomor baru yang tak dikenal, dan berhati-hati menggunakan media sosial. Jangan menginstal program tak dikenal atau tautan yang berasal dari sumber meragukan.

Itulah 5 Cara Mengetahui Apakah Ada yang Melacak Kita Melalui Smartphone yang Di Gunakan. 5 tips ini bisa anda coba untuk menjaga keamanan dan privasimu dari pelacakan, semoga bermanfaat.

Artikel sumber:http://intisari.grid.id/read/03201216/5-cara-cepat-mengetahui-siapa-yang-sudah-melacak-kita-melalui-ponsel-cerdas-kita