Skip to main content

Pesona Wisata Alam Kebun Raya Enrekang

Pesona Wisata Alam Kebun Raya Enrekang. Jika Jawa Barat memiliki Kebun Raya Bogor yang terkenal, Sulawesi Selatan juga akan dikelak dengan hadirnya Kebun Raya Enrekang. Namanya Kebun Raya Massenrempulu Enrekang. Kebun raya ini terletak di Desa Karrang, Kecamatan Maiwa kabupaten Enrekang. Dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kehutanan Enrekang. Berfungsi sebagai pusat konservasi tanaman khas Sulawesi.


Berkeliling di dalam kawasan kebun ini, akan membuat kita sadar betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Di dalamnya, suasana alam yang hijau bisa dinikmati, dan menyegarkan pandangan mata.

Kebun Raya Enrekang, dibangun atas kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan Lembaga Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor LIPI. Pengembangannya bertujuan untuk menjaga habitat flora khas Pulau Sulawesi.

Di dalam kebun yang terletak di sebelah selatan dari Kota Enrekang ini, setidaknya tercatat ada 99 jenis tumbuhan khas Sulawesi yang tengah dikembangbiakkan. Menurut Kepala UPTD Kebun Raya Enrekang, Zainal, beberapa di antaranya adalah tanaman yang langka.

Kebun raya ini memang masih dalam tahap pengembangan. Namun sudah ramai dikunjungi warga, baik warga Enrekang khususnya pelajar maupun warga dari luar Enrekang.

Proses pengembangannya baru berjalan enam tahun, tapi pohon-pohon yang menjadi tanaman koleksi di dalamnya sudah tumbuh dengan tinggi rata-rata berkisar 1 sampai 3 meter.

Kebun yang jaraknya 211 kilometer dari arah Makassar tersebut, setidaknya telah menjadi satu dari belasan kebun raya di Nusantara yang mendapat prioritas untuk dikembangkan.

Kebun Raya Enrekang bahkan berpotensi menjadi Kebun Raya yang terbesar di Indonesia, jika 300 hektare lahan tersebut sudah tergarap maksimal. Kebun raya ini memang cukup luas jika dibanding kebun raya bogor yang luasnya hanya berkisar 75 hektare.

Kawasan dengan ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut tersebut berfungsi sekaligus sebagai tempat wisata alam, kamping, melakukan penelitian dan belajar mengenal flora.

Kebun raya ini mengoleksi aneka macam tanaman bunga dan pohon, di dalamnya juga terdapat beberapa danau, dan tempat berkemah.

Ayo tamasya di kebun raya masennrempullu.......

Sumber : http://www.fajar.co.id