Skip to main content

Trik jitu dan cara mengetahui ip address internal perangkat yang digunakan

IP adalah singkatan dari Internet Protocol yang merupakan lapisan jaringan internet yang berpungsi sebagai suite untuk alamat dan rute paket data antar host pada jaringan komputer, IP akan membawa data aktual yang dikirimkan melewati jaringan dari satu titik ke titik lain.

IP Address berisi sederet angka yang dimiliki setiap perangkat seperti ponsel, komputer, atau smartphone yang terhubung melalui internet. Di mana setiap perangkat akan memiliki angka yang berbeda-beda.

Alamat IP sangat berguna diketahui ketika terhubung dengan jaringan Internet atau WiFi. untuk melihat, apakah perangkat yang digunkan terhubung pada jaringan yang benar, cepat dan stabil sesuai dengan apa yang diinginkan.

Lalu bagaimana cara mengetahui ip address perangkat yang digunakan atau melihat ip address sendiri, berikut ini adalah trik jitu dan cara melihat ip address perangkat yang sedang digunakan.

Cara mengetahui ip address perangkat yang digunakan

Melihat dan mengetahui ip perangkat saat menggunakan Windows, Mac, Ios, Smartphone atau hp Android tidaklah terlalu sulit, ada beberapa cara cek ip address yang bisa dilakukan untuk melihat deretan angka ip address satu jaringan.

Nah dibawah ini trik melihat alamat ip address di komputer, laptop, Mac, Ios dan hp Android dikutip dari biznethome net.

Mengetahui IP Address mungkin jadi hal yang akan cukup berguna, terutama ketika masuk pada jaringan tertentu. Dengan mengetahui ip address perangkat bisa memonitor dan mengidentifikasi perangkat yang digunakan.

Cara cek IP Address sebenarnya cukup mudah, dan bisa dilakukan di laptop, PC, hingga perangkat smartphone yang anda gunakan saat ini.

Ada dua jenis IP Address yang and miliki, yakni IP eksternal dan IP internal. Keduanya sama-sama bisa diperiksa dengan cara yang mudah dan sederhana. bagi yang mungkin belum pernah mencobanya, akan mendapatkan pengalaman menjadi semacam 'anak IT' ketika berhasil.

Untuk memeriksa IP Address eksternal sendiri bisa memanfaatkan beberapa situs gratis yang bisa diakses setiap saat, melalui laptop, PC, atau smartphone.

Salah satu situs yang bisa digunakan adalah whatismyip.com. Ketika membukanya, secara otomatis situs akan melakukan pemindaian pada perangkat yang kamu pakai, kemudian menunjukkan IP Address di bagian kanan jendela tersebut yang ditunjukkan adalah alamat IPv6 dan IPv4 eksternal.

Lalu bagaimana dengan cara cek IP Address internal? simak beberapa cara dibawah ini untuk melihat ip address internal

Cara cek IP Address internal

Ada beberapa cara untuk mengetahui ip address internal pada perangkat yang digunakan diantaranya:

Cara Cek IP Address Internal pada Windows

Untuk memeriksa alamat IP pada perangkat dengan sistem operasi Windows, anda bisa menggunakan Command Prompt.

Nah di sini anda akan merasa seperti sudah sangat menguasai bahasa pemrograman, padahal ini adalah prosedur sederhana yang tidak akan membutuhkan banyak pengetahuan. Lalu bagaimana caranya?

(1). Klik pada bagian Start (biasanya di pojok kiri bawah dengan logo Windows), lalu ketikkan cmd dan tekan Enter, Dengan begini anda akan bisa membuka Command Prompt dan bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

(2). Ketikkan ipconfig pada bar yang tersedia, dan tekan Enter, Temukan baris yang menuliskan IPv4 Address. Jika sudah, akan terlihat sederet angka di sebelah kode tersebut, Deretan angka itu adalah IP Address internal yang anda miliki di perangkat yang digunakan.

Cara Cek IP Address Internal pada Perangkat Mac

Pada perangkat Macintosh, anda juga bisa memeriksa alamat IP yang ada. Caranya cukup mudah

(1). Klik logo Apple di sudut kiri atas desktop lalu pilih System Preferences, Setelah menemukan, klik dan pilih Network.

(2). Selanjutnya adalah temukan koneksi yang terhubung dengan perangkat (bisa WiFi atau ethernet) lalu klik koneksi aktif tersebut (akan muncul tanda hijau pada koneksi aktif).

(3). Anda tinggal melihat di sisi kanan layar dan akan ditunjukkan tulisan 'WiFi is connected to ............ and has the IP Address ......'. Nah, kode di belakang IP Address ini adalah alamat IP yang anda miliki. Selesai.

Itulah cara yang mudah untuk cek IP Address di perangkat Mac yang anda gunakan.

Cara Cek IP Address Internal Hp atau Smartphone Android

Pada Hp Android, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melihat IP Address .

Cara pertama, anda bisa mengeceknya ketika perangkat terhubung pada jaringan WiFi

(a). Buka Settings

(b). Pilih menu Connection dan klik WiFi.

(c). Temukan jaringan yang saat ini terhubung dengan ponsel

(d). Akan melihat sederet angka di sampingnya. Itu adalah IP Address smartphone anda.

Cara kedua Cek IP Address Internal Hp atau Smartphone Android

(a). Buka Settings.

(b). Lalu masuk ke About Phone.

(c). Pilih Status

(d). Akan terlihat informasi IP Address bersama MAC address dan sejumlah informasi lainnya tentang hp smartphone yang anda gunakan.

Cara Cek IP Address Internal pada iOS

Terakhir adalah cara cek ip address internal ios, jika anda menggunakan iPhone atau iPad, untuk melihat ip address.

(1). Buka Settings

(2). Pilih menu WiFi

(3). Klik pada icon 'i' yang dikelilingi lingkaran di bagian kanan jaringan yang terhubung

(4). Setelah itu, IPv4 address dan IPv6 address perangkat yang anda gunakan akan terlihat

Itulah beberapa cara mengetahui dan melihat atau cara cek IP Address di perangkat yang digunakan. Cara yang cukup mudah untuk mengetahui informasi tentang Internet Protocol address yang disingkat IP address