Skip to main content

Begini cara mengetahui IMEI HP Android dan iOS dari ponsel dan situs kemenperin

Cara mengetahui IMEI HP Android dan iOS dari ponsel dan situs kemenperin. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yang merupakan identitas internasional yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) yang terdiri dari 15 digit nomor desimal unik yang diperlukan untuk mengidentifikasi Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang tersambung ke jaringan telekomunikasi bergerak seluler.

Bagi anda yang sering sering gonta ganti Hp, pengecekan IMEI HP merupakan hal yang penting untuk mengetahui Hp atau ponsel yang digunakan, apakah termasuk barang legal atau bukan. apabila legal tentu akan menambah pendapatan negara.

Akan tetapi bila termasuk barang ponsel black market atau ilegal, tentu akan terkena atuaran IMEI yang berlaku efektif mulai April 2020. Ponsel/HP yang IMEI tak terdaftar akan digolongkan sebagai ilegal. yang tidak akan bisa (telepon, SMS, internet) mengakses jaringan telekomunikasi dari operator. Otomatis ponsel tersebut hanya bisa digunakan untuk foto saja.

4 Cara Mengetahui IMEI HP Android dan iOS Dari Ponsel Dan Situs Kemenperin.

Untuk cara mengetahui imei terdaftar atau tidak, sebenarnya ada banyak cara cek Imei HP, yang bisa dilakukan untuk mengetahui Hp atau Ponsel yang digunakan legal atau bukan, mulai dari cara cek nomor dan status IMEI ponsel saat baru di beli, cara mengetahui IMEI HP sendiri serta cra cek IMEI HP di imei Kemenperin go id.

#1. Cara Cek Nomor dan Status IMEI Ponsel

Untuk mengecek keaslian ponsel, Anda bisa melakukan sejumlah cara dan berikut ini adalah Cara Cek Nomor dan Status IMEI Ponsel:

(a) Cek kardus

Sebelum Anda membeli, periksa kardus ponsel lalu cari stiker IMEI. Jika ada keterangan 'Dirakit di Indonesia' atau 'Diproduksi di Indonesia' maka dapat dipastikan ponsel tersebut bergaransi resmi.

(b) Cek distributor

Produsen seperti Oppo dan Huawei tidak merakit ponselnya di Indonesia, tapi bekerja sama dengan distributor. PT Indonesia Oppo Electronics dan PT Sat Nusapersada merupakan dua distributor resmi yang memberikan garansi resmi untuk vendor ponsel.

(c) Beli di toko offline resmi

Cara lain agar tak terhindar penjual nakal ponsel ilegal yakni dengan membeli di toko resmi vendor atau melalui toko milik distributor resmi.

(d) Cara periksa validasi nomor IMEI

Untuk pengguna iPhone, cara cek imei iPhone
Anda bisa mengetahui nomor IMEI perangkat melalui. menu pengaturan > umum > tentang > telusuri laman tersebut hingga ada informasi nomor IMEI.

Sementara pengguna Xiaomi, cara cek imei xiaomi, bisa dengan menelusuri melalui menu pengaturan > tentang ponsel > status > kode IMEI.

Untuk pengguna Samsung, cara cek imei HP Samsung
Pemilik ponsel Samsung bisa menelusuri nomor IMEI perangkat melalui menu pengaturan > tentang ponsel > cari kode IMEI.

#2. Cara Cek Imei Melalui Ponsel (Semua Merek HP Android)

Selanjutnya adalah cara cek imei terdaftar atau tidak dengan cara cek imei melalu ponsel dengan semua merek Hp atau Ponsel Android sebagai berikut:

(a) Cara Cek Imei Menggunakan Kode Dial USSD

Cara cek imei dengan mudah yang pertama melalui ponsel adalah, dengan mengecek Imei melalui kode USSD. Dimana nantinya kode USSD, dimasukan pada aplikasi Dial di HP Android yang digunakan. cara cek kode imei ini hampir sama seperti ketika cek pulsa atau kuota internet.

Caranya, ketik kode USSD *#06# pada aplikasi Dial. Selanjutnya secara otomatis akan muncul _pop-up_nomor IMEI, di layar HP yang digunakan.

(b)Cara Cek Imei Melalui Menu Setting

Cara cek Imei selanjutnya adalah dengan mengecek melalui pengaturan pada HP Android. Cara cek kode imei ini juga bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih mendetail. Berikut ini carak cek imei melalu menu setting:

  • Buka menu Setting, lalu pilih opsi Tentang Ponsel.
  • Lalu pilih opsi Status dan kemudia pilih opsi Informasi IMEI.
  • Secara otomatis informasi tentang nomor Imei HP akan muncul di layar, secara lengkap. Selain itu, jika HP yang digunakan memiliki fitur dual SIM, maka akan ada dua Imei yang tertera pada layar.

(c) Cara Cek Imei Melalui Fisik Ponsel

Cara cek Imei Hp selanjutnya bisa mengecek kode Imei dengan melihat langsung di body HP yang digunakan.

Kode nomer imei biasanya berupa sticker yang ditempelkan atau yang terpasang langsung pada body bagian dalam. Namun, hal tersebut hanya bisa dilakukan bagi HP yang memiliki tipe baterai lepas-pasang.

Sehingga, bagai yang memiliki tipe HP Android dengan baterai tanam atau non-removeable, biasanya kode Imei akan ditulis langsung pada body bagian belakang.

#3. Cara Cek Imei Melalui HP iPhone Dengan Sistem iOS

Setelah cara cek kode imei Hp melului ponsel semua merek, selanjutnya adalah cara cek imei ponsel iphone dengan sistem Ios. berikut ini caranya:

  • Buka menu Setting pada perangkat iPhone lalu pilih opsi General.
  • Lalu pilih opsi About.
  • Scroll layar ke bawah dan nomor Imei akan tertera di kolom Imei.
  • Setelah itu, kode Imei pun akan tertera.

Itulah 4 cara cek nomor Imei iPhone, pengguna iPhone juga bisa melihat kode Imei, di bagian body belakang, di beberapa tipe HP iPhone tertentu

#4. Cara Cek Imei Melalui Situs Kemenperin

Apabila kurang yakin jika HP yang digunakan bukan barang ilegal atau Black Market, Cek IMEI HP di imei kemenperin go id bisa lakukan.

Nah untuk cara cek imei ponsel melalui situs resmi Kementrian Perindustrian. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama salin nomor Imei HP melalui Dial *#06#.
  2. Buka situs resmi Kemenperin https://imei.kemenperin.go.id dan masukkan nomor Imei pada kolom khusus yang disediakan.
  3. Jika sudah, tinggal tekan Enter maupun Search di sebelahnya.
  4. Selanjutnya, bisa melihat jika HP yang resmi dan terdaftar, maka akan muncul tampilan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”.
  5. Sementara, jika HP yang ilegal atau BM, maka akan muncul “IMEI tidak terdaftar di database kemenperin”.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek nomor imei ponsel. dan cara mengetahui imei hp Android melalu situs imei kemenperin go id, semoga cara cek imei ponsel diatas dapat bermanfaat.