Skip to main content

#5 Cara Melacak Seseorang Lewat Google Maps

Cara melacak seseorang lewat google maps. Di era teknologi seperti sekarang ini, mengetahui posisi seseorang bukanlah hal yang sulit dengan memanfaatkan teknologi aplikasi pelacak google maps.

Setelah beberapa waktu lalu mengulas  cara melacak keberadaan No hp melalui google maps, maka pada kesempatn ini akan mengulas tentang bagaimana cara melacak seseorang lewat google maps.

Sebenarnya banyak aplikasi pelacak lokasi no hp yang tersedia di Android maupun IOS untuk digunakan mencari keberadaan seseorang yang ingin ketahui posisinya.

Akan tetapi kali ini yang digunakan untuk melacak seseorang adalah aplikasi pelacak google maps. dengan mengunakan fitur berbagi lokasi, yang mana Google Maps kini mampu membagikan lokasi secara real time.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna dapat melacak posisi seseorang baik sedang dalam perjalanan maupun sedang diam di tempat, dengan cara melacak posisi seseorang lewat google maps ini.

Tentu saja sangat berguna bila pengguna ingin mengetahui lokasi orang dengan google maps entah itu pacar, teman, atau pun lokasi keluarga di suatu tempat. Lalu bagaimana cara melacak keberadaan orang dengan google maps, ikuti ulasannya dibawah ini.

Cara melacak seseorang melalui google map

Dikutip dari Tribunjogja.com dan berbagai sumber, berikut adalah cara melacak lokasi orang dengan google maps secara real time dengan mudah:

Tahapan cara melacak seseorang di google maps

  1. Aktifkan fitur GPS di masing-masing smartphone dan jalankan aplikasi Google Maps.
  2. Pada smartphone temanmu pilih lokasi saya. Jika posisinya telah ditemukan, tap pada titik biru yang menunjukkan lokasinya berada, lalu pilih Bagikan lokasi anda.
  3. Pilih kontak kepada siapa saja lokasi akan dibagikan.
  4. Temanmu bisa mengatur berapa lama waktunya, atau bisa juga memilih pilihan “Sampai anda menonaktifkan ini”. Artinya berbagi lokasi akan berakhir jika temanmu menutup aplikasi Google Maps miliknya. Lalu pilih Bagikan.
  5. Setelah temanmu menekan tombol Bagikan, kamu akan menerima email dari Google bahwa temanmu sudah mulai membagikan lokasinya. Silakan lihat di aplikasi Google Maps milikmu, sekarang kamu sudah bisa melacak keberadaanya.

Namun demikian, perlu juga di inggat bahwa melacak seseorang via google maps ini, anda dan teman harus memenuhi beberapa persyaratan cara melacak lokasi dari google maps, seperti di bawah ini:

  1. Memiliki aplikasi Google Maps versi terbaru
  2. Fitur GPS dalam keadaan aktif
  3. Smartphone Android harus terkoneksi dengan internet
  4. Keduanya harus menjadi kontak di akun Google masing-masing

Nah itulah beberpa tahapan untuk cara melacak seseorang lewat google maps, Jika dahulu pepatah mengatakan malu bertanya sesaat dijalan, di zaman teknologi berbasis aplikasi, pepatah itu sudah tak berlaku asal mau mengikuti perkembangan zaman, aplikasi aplikasi pelacak nomor dan lokasi akan memberikan kemudahan untuk mencari yang dibutuhkan.