Skip to main content

#4 Cara merawat mobil matic agar awet performanya selalu prima

Cara merawat mobil matic agar awet performanya selalu prima. Jika mendengar kata mobil bertransmisi otomatis (matik) pasti yang terpikir mengenai perawatan mobil matic lebih mahal dibanding cara merawat mobil manual.

Apalagi jika umur mobil matic sudah terbilang lama, gejala kerusakan ringan akan bermunculan. Namun ternyata prespsi ini, dan perawatan yang rumit dan mahal tidak semua benar

Asalkan mengetahui cara merawat mesin mobil matic beserta rajin melakukan perawatan dan servis berkala, mobil matic tidak akan rewel karena performanya selalu prima.

Lalu bagaimana cara merawat mobil matic supaya awet selalu sebab biaya perawatan mobil matic tidak sama perawatan mobil manual, ikuti tips merawat mobil matic agar awet dibawah ini

Tips dan cara merawat mobil matic yang baik dan benar.

Sebenarnya cara merawat mobil matic supaya awet tidaklah rumit dan mahal yang paling penting adalah selalu melakukan pengecekan semua pelumas serta melakukanlah perawatan dengan benar.

Jika masih bingung mengenai bagaimana cara perawatan mobil matic dan cara merawat mobil matic yang baik dan benar dan memulai dari mana, ikuti informasi cara merawat mobil matic yang benar berisi empat tips merawat mobil matic atau tips perawatan mobil matic:

4 Cara merawat mobil matic yang benar agar awet supaya performanya selalu prima

Inti dari perawatan mobil matic adalah pergantian oli, kemudian diikuti dengan pengecekan bagian lain, seperti tidak adanya kebocoran pada oli transmisi matic.

Sebab, jika bocor, oli akan berkurang dan itu bisa menyebabkan kerusakan pada sistem transmisi matiknya.

Untuk lebih lengkapnya berikut ini tips merawat mobil matic dan cara perawatan mobil matic yang baik dan benar, diantaranya:

#1. Test Drive

Bagaian pertama cara merawat mobil matic yang jarang dipakai dengan test drive. Jangan biarkan mobil terlalu sering mogok di rumah. Anda harus seempatkan waktu untuk melakukan test drive, minimal berkendara keliling kompleks.

Hal ini merupakan salah satu cara merawat mesin mobil matic yang bertujuan mencegah oli beku, selain itu dengan test drive akan membuat semua system didalam mobil bekerja dan berfungsi penuh.

Ketika mobil 1 minggu saja dibiarkan mogok di rumah, maka percayalah, ibarat manusia yang jarang berolahraga, mobil akan kehilangan kemampuan untuk dioperasikan.

#2. Cek dan Ganti Oli

Oli berfungsi sebagai pelumas mesin, hal ini juga merupakan perawatan mesin mobil matic yang bertujuan agar ketika mobil dihidupkan, mesin-mesin akan berjalan dan berfungsi optimal. Oli itu ibaratnya seperti pelumas sendi.

Ketika pelumas sendi di tubuh kita kering, maka tangan atau kaki kita tidak bisa digerakkan dengan optimal. Seperti itulah yang terjadi apabila mesin tidak diberi oli, atau bahkan oli kering, maka harus segera mengisi ulang oli tersebut.

Banyak dipasaran oli-oli yang bermutu bagus, dan pastikan oli yang digunakan adalah oli yang khusus untuk mobil matic. Sebagai catatan harus melakukan pergantian oli mobil matic ketika mobil telah mencapai jarak tempuh antara 80 ribu KM sampai dengan 100 ribu KM.

#3. Memanaskan Mobil

Memanaskan mobil adalah suatu hal yang terdengar sepele, namun memiliki khasiat yang sangat tinggi bagi kesehatan mobil.

Dengan memanaskan mobil hal ini bertujuan untuk memanaskan dan memacu mesin-mesin dan keseluruhan system pada mobil matic.

Resiko apabila mobil matic jarang di panaskan akan mengalami kerusakan mesin, semisal kerusakan system transmisi, hingga mobil tidak bisa di starter.

#4. Kunjungi Bengkel Mobil Matic

Apabila ingin mengecek keseluruhan performa mobil matic anda, kunjungi bengkel mobil matic, dan minta pada montir untuk di cek keseluruhan bagian mobil, dari mulai system persneling, system rem, pedal gas, system kelistrikan, dan lain-lain.

Selain itu mengecek kondisi mobil matic ke bengkel, adalah langkah yang tepat, karena di bengkel-bengkel resmi atau bengkel yang berkualitas akan disediakan teknisi mobil matic yang berpengalaman.

Demikianlah informasi tentang cara merawat mobil matic agar awet performanya selalu prima, semoga informasi cara perawatan mesin mobil matic yang diatas dapat bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan. (sumber dari berbagai sumber)