Skip to main content

Cara mengemudi mobil manual yang baik dan benar di pengunungan, tanjakan dan jalan menurun

Cara mengemudi mobil manual yang baik dan Benar. Setelah menginformasikan cara menyetir mobil matic yang benar dan cara mengemudi mobil matic di tanjakan dan turunan.

Maka informasi kali ini adalah tips berkendara atau mengemudikan mobil bertransmisi manual atau mobil kopling mengenai bagaimana cara mengemudi mobil manual dengan baik serta tata cara mengendarai mobil manual yang baik dan benar untuk pemula di jalan menurun, di tanjakan dan di pengunungan

[Daftar isi panduan cara menyetir mobil manual]

Karena biasanya yang belum mengetahui bagaimana cara mengemudikan mobil manual yang baik dan benar atau yang belum pernah menyetir mobil kopling akan mengalami kesulitan sehingga terkadang kepanikan datang ketika sudah berada di belakang setir.

Pada umumnya juga kebanyakan bagi pemula lebih memilih belajar mobil manual dibanding mobil matic. Nah, khusus untuk mobil manual, para pemula butuh trik khusus untuk bisa mengemudikan mobil manual dengan mengetahui cara menyetir mobil yang baik dan benar

Dibawah informasi mengenai bagaimana cara mengemudi mobil manual yang benar dan cara menyetir mobil manual bagi pemula serta panduan menyetir mobil manual dan cara mengemudi yang benar.

Tips dan cara mengemudi mobil manual yang baik Dan benar

Untuk cara mengemudi mobil yang baik dan benar terlebih dahulu yang harus di perhatikan adalah mengenali fitur-fitur yang ada pada mobil terlebih dahulu tidak langsung asal tancap gas

Hal ini karena mengendarai mobil manual dengan baik dan yang benar memang harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk cara menyetir mobil kopling manual yang baik dan benar atau mengemudi mobil yang benar.

11 Cara mengemudi mobil yang baik dan benar

Sebenarnya belajar menyetir mobil manual itu gampang ini rahasianya belajar bawa mobil supaya tidak gugup, karena yang membuat kesulitan menyetir mobil yang baik dan benar adalah gugup

Berikut beberapa cara mengemudi mobil manual yang benar jika belum mengetahui bagaimana cara mengemudi mobil manual untuk pemula serta panduan menyetir mobil manual:

#1. Memasuki Mobil Dalam Keadaan Datar

Salah satu cara mengemudi mobil yang benar dan cara awal menyetir mobil manual dengan baik adalah saat akan mengendarai mobil masuklah dalam posisi yang datar lalu kaitkan sabuk pengaman supaya perjalanan Anda lebih aman.

Saat posisi mobil dalam bidang yang datar maka akan lebih mudah mobil untuk melaju, selain itu keberadaan sabuk pengaman tidak hanya berfungsi untuk menambah rasa aman selama perjalanan.

Akan tetapi saat menggunakan sabuk pengaman lalu membuka kaca samping mobil maka akan terdengar suara mesin mobil yang lebih jelas, dengan demikian maka Anda dapat memperkirakan kapan waktunya mulai memasukkan gigi.

#2. Atur Posisi Tempat Duduk yang Nyaman

Saat ingin memulai mengendarai mobil maka tempat duduknya harus disetting terlebih dahulu agar nyaman dan perjalanan terasa menyenangkan.

Sebab tempat duduk nantinya akan berpengaruh terhadap kaki kala akan menginjakkan rem, kopling dan gas.

Saat mengaplikasikan pedal yang ada diposisi kaki kanan, kiri dan tengah pastikan Anda dapat menginjak sepenuhnya supaya perjalanannya sempurna.

#3. Kenali Semua Pedal yang Ada Pada Mobil

Mengenali cara dan fungsi dari masing-masing pedal yang ada pada mobil harus dilakukan oleh pengendara. Pedal yang berada di kaki kiri atau sebelah kiri merupakan pedal untuk kopling.

Sementara pedal yang berada ditengah berfungsi sebagai rem dan pedal yang berada disebelah kanan adalah pedal gas.

Saat Anda sudah mengetahui fungsi dan keberadaan masing-masing pedal maka mengendarai mobil manual akan terasa sangat mudah.

#4. Menguasai Kopling

Fungsi kopling mobil manual adalah untuk memutuskan putaran roda dan putaran mesin yang saling berhubungan, selain itu fungsi kopling juga digunakan untuk mengubah gigi baik ingin menambah atau mengurangi gigi tanpa merusak roda gigi dari masing-masing gigi transmisi.

Perlu diperhatikan bahwa cara mengemudi mobil kopling yang benar saat mengurangi atau menambah gigi maka harus menginjak pedal kopling. Jadi, hal pokok yang terdapat pada mobil manual adalah perputaran mesin mobil, transmisi, kopling dan roda mobil.

Meskipun mobil belum berjalan sebenarnya mesin mobil telah mengalami putaran, akan tetapi karena putaran yang terjadi belum dapat terhubung dengan roda sehingga roda tidak dapat bergerak.

Oleh karena itu, untuk menghubungkan roda ke putaran mesin harus dilalui dari rangkaian kopling yang ada pada mobil.

Saat perseneling terhubung diposisi 1,2,3,4,5 dan R maka mesin dapat berputar, kopling dan roda juga akan terhubung, pastikan kopling tidak ditekan.

Sementara putaran mesin, kopling dan roda yang tidak terhubung lantaran posisinya berada di posisi Normal (N).

#5. Mengoperasikan Pedal Dengan Baik

Cara mengemudi mobil manual dengan baik selanjutnya adalah mengoperasikan pedal dengan baik dan yang benar

Pengoprasian pedal yang benar harus dilakukan dengan konsentrasi penuh, terlebih saat mengingat jarak ayunan pedal, jarak pedal rem dan pedal gas..

Saat mengemudi mobil manual pastikan selalau terbiasa melepas pedal kopling secara perlahan dan teratur karena hal merupakan bagian lain dari cara mengemudi mobil manual dengan halus.

#6. Tuas Transmisi Dalam Posisi Netral (N)

Tahap selanjutnya mengenai bagaimana cara mengendarai mobil manual yang baik dan benar yaitu sebelum mobil nyala maka pastikan tuas dalam posisi Netral (N).

Tuas transmisi berfungsi untuk menambah atau mengurangi, saat ingin menambah gigi usahakan pedal telah terinjak penuh.

Cara bawa mobil manual yang benar apa bila ingin memindah tuas transmisi maka harus dilakukan dengan hati-hati.

#7. Nyalakan Mesin Mobil

Cara menyalakan mesin mobil dengan distarter yang ada pada kunci mobil, pastikan Anda juga menginjak pedal kopling secara penuh.

Ketika mesin telah menyala maka lepaskan pedal kopling. Sementara tuas transmisi masih dalam posisi Netral (N).

#8. Injak Kopling Secara Penuh

Cara terbaik mengingat jarak dari ayunan pedal kopling, rem dan gas adalah dengan menginjak kopling secara penuh dan ditahan.

Lalu lepas pedal kopling secara perlahan dan teratur agar terdengar suara mesin saat mulai turun.

Setelah itu Anda dapat melakukannya dengan menginjak pedal kopling berulang-ulang supaya lebih mudah dalam mengenali suara mesin mobil.

#9. Jalankan Mobil Dengan Hati-Hati

Cara menyetir mobil manual agar tidak mati adalah ketika ingin mulai menjalankan mobil maka secara perlahan angkat kaki yang ada di posisi kopling sampai putaran mesin menurun, setelah itu injak pedal gas dengan hati-hati.

Ketika posisi mobil saat ini sudah berjalan, cara menyetir mobil manual yang benar selanjutnya adalah menyeimbangkan antara gas dengan kopling supaya mesin mobil tidak mati.

Cara menyeimbangkannya gas dengan kopling adalah dengan latihan berkali-kali supaya tekanan saat menginjak gas dan melepas kopling dapat dilakukan dengan baik.

Keadaan seperti ini harus lebih berkonsentrasi dan waspada terhadap rem tangan saat harus berhenti dalam keadaan tak terduga atau mendadak.

Umumnya orang saat menghentikan mobil biasanya akan melepas pedal kopling dengan sangat cepat, namun yang ada justru mesin mobil langsung dalam keadaan mati.

Perputaran mesin mobil secara berlebihan saat kopling diinjak maka bisa menyebabkan kopling mudah aus, selain itu juga akan mengeluarkan asap-asap seperti terbakar.

#10. Memindahkan Tuas Transmisi

Tata cara mengemudi mobil manual atau cara belajar mobil manual memang membutuhkan pengetahuan yang lebih mendetail khususnya terkait dengan tuas gigi.

Saat mesin telah menyala dan suara stabil maka pindahkan tuas transmisi dari posisi Netral (N) ke posisi gigi 1.

Letak posisi gigi 1 berada di tuas transmisi bagian atas, tidak perlu khawatir karena di mobil manual juga sudah terdapat tulisan ataupun gambar dari masing-masing posisi gigi.

Setelah itu saatnya mulai menjalankan mobil dengan cara menginjak kopling secara penuh, pindahkan perseneling di gigi satu, kaki sebelah kanan berada di posisi gas, angkatlah kopling secara perlahan sampai mobil bergerak setelah itu Anda dapat mengangkat kopling dengan penuh hingga mobil berjalan.

Saat mobil sudah berjalan maka bisa menambahkan gas dengan menginjak gas dengan pelan-pelan, saat ingin mengurangi kecepatan maka bisa angkat kaki yang berada di posisi gas secara perlahan.

Ketika mobil sudah stabil maka tambahkan gigi menjadi gigi dua, dengan memperhatikan indikator yang terdapat pada RPM mesin. Jika telah melewati angka 2 artinya melebihi 2000 kali putaran dalam menit sehingga Anda sudah bisa menambahkan gigi 2.

Lalu, angkat gas dengan penuh supaya putaran mesin menurun setelah itu injak kopling secara penuh dan pindahkan pada perseneling gigi 2, angkat kopling perlahan hingga setengah kemudian injak gas secara hati-hati bersamaan dengan saat mengangkat kopling hingga terangkat penuh.

#11. Kenali Suara Mesin

Mengenali suara mesin dapat dilakukan dengan menginjak pedal kopling secara penuh lalu angkat kaki dengan hati-hati hingga terdengar suara mesin mobil Anda turun.

Setelah itu jalankan mobil secara hati-hati dengan mengangkat kaki yang ada di pedal kopling dan injak gas dengan perlahan.

Setelah memahami 11 cara cara mengemudi mobil manual yang benar dan cara mengemudi mobil manual untuk pemula serta panduan menyetir mobil manual.

Selanjut adalah cara menyetir mobil manual bagi pemula di jalan menurun, dan cara mengemudi yang benar untuk mengemudikan mobil manual di jalanan menurun, di jalan tanjakan, diarea pengunungan dan cara memundurkan mobil manual.

Tips mengemudi mobil manual yang benar diarea pengunungan, tanjakan, menurun dan mundur

Bagaimana cara mengemudi mobil gigi manual di tanjakan dan saat turunan, cara mengemudi mobil manual di tanjakan dan turunan untuk pemula memang membutuhkan perhatian khusus.

Untuk anda yang belum memahami teori cara menyetir mobil manual dan bagaimana cara mengendarai mobil manual di jalan tanjakan dan di turunan tajam.

Dibawah ini adalah Informasi mengenai panduan menyetir mobil manual dan cara mengemudi mobil manual untuk pemula diarea pengunungan baik saat di tanjakan dan turunan serta cara menyetir mobil mundur manual, diantaranya.

Berikut adalah tips cara mengemudi mobil manual dan bagaimana cara menyetir mobil manual bagi pemula yang baik dan benar dibawah ini cara- caranya, diantaranya.

#1. Cara mengemudi mobil manual di Jalanan Menurun

Untuk cara mengemudi yang benar di jalan menurun, Pada saat kondisi jalan yang anda lewati menurun maka persneling juga harus turun.

Apabila jalanan yang dilewati cukup curam maka pengemudi bisa menggunakan gigi 2 dan dengan menggunakan rem yang seperlunya bisa mempertahankan kecepatan anda melewati jalan menurun, rem yang akan anda gunakan tidak usah diinjak secara penuh, jaga posisi RPM dalam keadaan aman.

Sangat berbahaya jika anda hanya menggunakan rem saja, karena jika terlalu sering menggunakan rem maka rem bisa panas karena terlalu sering di gunakan, engine brake juga bisa hilang, dan jika anda sepenuhnya menggunakan rem maka sangat berbahaya bagi mesin mobil anda, mobil anda bisa mengalami kehilangan booster rem.

Jika booster rem hilang maka bisa membahayakan anda dan pengendara yang lain karena mobil yang anda kendarai bisa melaju lebih cepat dan tidak bisa dikendalikan.

#2. Cara mengemudi mobil manual di Jalanan Tanjakan

Untuk mengendarai mobil yang berada di jalan tanjakan maka harus memiliki ide untuk melakukan hal hal yang khusus untuk bisa mengendalikan mobil yang kita kendarai bisa melewati jalanan tanjakan dengan selamat.

Cara mengemudi mobil manual untuk pemula dijalanan tanjakan yaitu dengan menggunakan fungsi rem tangan, karena juga harus memperhatikan tenaga mesin, kekuatan pada kampas kopling, rem pada kaki serta beban muatan yang kita bawa.

Salah satu tips cara mengemudi mobil manual pada saat tanjakan, harus pintar pintar dalam mengendalikan rem tangan, rem kaki, kopling dan pedal gas.

#3. Cara mengemudi mobil manual di Jalan Pegunungan

Berbagai macam jenis jalanan yang akan kita lewati saat berkendara dari yang lurus, berlandai, tanjakan curam, turunan curam.

Dari perjalanan perkotaan yang memiliki tingkat kemacetan tinggi, ada juga jalanan yang menanjak ditambah menurun secara curam yang biasanya kita jumpai di daerah pegunungan.

Di perjalanan yang daerah gunung memang tidak macet dan kita akan mendapatkan udara yang segar.

Untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan maka berikut ini ada tata cara mengendarai mobil manual di jalan yang menanjak dan saat menurun.

Jika untuk jalur yang akan anda lewati adalah tanjakan maka gunakan lah transmisi dalam posisi yang rendah.

Dengan menggunakan transmisi yang rendah maka mesin mobil yang kita gunakan akan tetap bekerja pada RPM yang tinggi agar mendapatkan tenaga yang cukup untuk melewati jalur tanjakan.

Harus lebih hati hati jika tanjakan yang akan anda lewati panjang dan curam, dalam kondisi seperti itu maka anda akan memaksakan mobil anda untuk mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Ketika anda akan melewati jalanan yang menikung maka pastikan bahwa anda menggunakan kecepatan yang standar dan memperlambat kendaraan.

Dalam keadaan menikung usahakan tidak menyelang kendaraan lainnya karena jika anda menyelang saat menikung bisa sangat berbahaya.

Kecuali dalam kondisi yang sangat mendesak, tetapi dengan membunyikan klakson untuk memberi tahu kendaraan yang berada di depan kita dan kendaraan yang berlawanan arah dengan kita, itu cara menyetir mobil manual bagi pemula dijalan pengunungan.

#4. Cara memundurkan mobil manual

Selanjutnya adalah cara mengemudi mobil manual yang benar saat mundur, Harus kita ketahui bahwa mobil tidak hanya akan berjalan kedepan, tetapi ada kalanya mobil yang kita kendarai membutuhkan jalan untuk mundur, harus anda kuasai juga bagaimana cara memundur kan mobil manual.

Dalam cara mengemudi mundur mobil manual atau cara memundurkan mobil hal yang tidak terlalu sulit jika anda sudah menguasai cara memindahkan gigi untuk transmisi manual. Pada dasarnya kendaraan mobil bisa berjalan mundur hanya dengan memindahkan transmisi ke R (mundur).

Cara mengemudi mobil manual mundur, awalnya hidupkan mesin mobil terlebih dahulu, setelah itu injak pedal kopling yang berada di sebelah kiri dengan penuh dan ditahan, lalu tangan kiri anda bekerja untuk memindahkan tuas gigi ke posisi R (mundur).

Jika mobil sudah berjalan mundur maka posisi kaki anda masih tetap di sebelah kiri untuk menginjak kopling dengan penuh, lalu kaki kanan anda menginjak pedal gas tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah.

Posisi kaki kanan masih tetap menginjak pedal gas maka kaki kiri yang berada di pedal kopling angkat secara perlahan hingga kaki kanan saja yang bekerja. Anda bisa merasakan mobil akan berjalan mundur.

Jangan gunakan rem tangan dan pastikan arah belakang mobil yang anda kendarai tidak dihalang apapun.

Penutup

Demikianlah informasi tentang cara mengemudi mobil manual yang baik dan benar, dan panduan menyetir mobil manual.

Semoga bermanfaat dan membantu pembaca jika ingin belajar memakai mobil yang bertransmisi manual. (sumber informasi dari berbagai sumber)