Skip to main content

11 Cara Mengetahui dan Bedakan Akun Facebook Asli dan Palsu

11 Cara mengetahui dan bedakan akun facebook asli dan palsu. Media sosial, khususnya Facebook (FB) merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan masyarakat di seluruh dunia. dengan tujuan yang berbeda-beda, ada yang bertujuan positif ada pula yang sebaliknya.

Lalu bagaimana cara membedakan akun facebook asli dan palsu dan cara mengetahui pengguna akun fb palsu

Membedakan akun facebook asli dan akun facebook palsu yang dibuat seseorang dengan banyak maksud atau modus yang diperlukan hanyalah ketelitian saat menerima permintaan pertemanan agar tak terjebak tipu-daya pembuat akun facebook palsu.

Sebab umumnya orang yang membuat akun facebook palsu kebanyakan untuk tujuan yang tidak baik. misalnya akun tersebut digunakan untuk penipuan.

Karena itu, jangan gegabah menerima permintaan pertemanan dari akun FB, apalagi jika tidak benar-benar mengenalnya.

Apabila ingin menerima pertemanan ada baiknya sempatkan untuk melihat-lihat profilnya, karena umunya akun facebook asli dan akun facebook palsu. memiliki perbedaan tertentu.

Trik Mengetahui dan Membedakan akun Facebook Asli dan Akun Facebook Palsu

Walaupun diantara akun Facebook palsu ada juga yang dibuat hanya sekedar iseng tidak ada niatan khusus.

Tapi ada baiknya untuk selalu teliti agar tidak mengambil informasi dan keuntungan tertentu.

Mengingat tidak semua teman di Facebook kita mengenalnya.

Cara membedakan antara akun Facebook asli dan palsu

Sebnarnya cara mengetahui akun palsu di facebook atau trik untuk mengetahui pengguna akun fb palsu hanya diperlukan ketelian untuk melihat foto-foto diakun tersebut seperti berikut ini

#1. Foto Profil

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah foto profil yang dipakai di Facebook seseorang.

Anda bisa mengeceknya dengan bantuan fitur pencarian foto Google.cara mengetahui pengguna akun fb palsu

Caranya, dwonload foto profil target lalu simpan. Kemudian buka laman image.google.com dan mengeklik logo kamera (pencarian berdasarkan gambar).

Pilih gambar yang di simpan tadi lalu lakukan penelusuran.cara mengetahui pengguna akun fb palsu

Google pelacakan foto akan memeriksa foto tersebut. Jika Google pelacakan menampilkan situs-situs dewʌsa, sudah pasti akun tersebut palsu.

#2. Tidak Menggunakan Foto Asli

Untuk mengelabui pengguna Facebook lainnya, biasanya si pengguna akun facebook palsu tidak memasang foto diri sendiri atau foto asli sebagai foto profil.

Cara mengetahui pengguna akun fb palsu Biasanya lebih memilih menggunakan foto selebriti atau foto-foto yang sebenarnya punya orang lain.

Hal tersebut dilakukan untuk menutupi identitas asli dari si pengguna akun palsu tersebut.

#3. Foto Profil Cewek Sᥱksi atau Cowok Ganteng

Kebanyakan akun Facebook palsu menggunakan foto gadis cantik dan sᥱksi. Dengan demikian, pengguna lain akan mengonfirmasi permintaan pertemanan mereka lalu meneruskan ke chating.

Nah, kalau anda di-add oleh akun Facebook yang foto profilnya cewek cantik (atau cowok ganteng) dan ujung-ujungnya meminta sesuatu, anda bisa mengecek dengan metode pencarian gambar di Google atau mengabaikannya sama sekali.

#4. Tidak Simpan Banyak Foto

Selain tidak menggunakan foto asli, akun palsu di Facebook biasanya juga tidak menyimpan atau tidak memiliki banyak tag foto. berbeda dengan akun Facebook yang asli tentu sering mendapat tag foto dari teman-teman lainnya dan memiliki banyak foto dilabumnya.

Bila akun palsu di Facebook memiliki banyak foto, biasaya foto tersebut hanya berupa foto-foto produk yang ingin dipromosikan atau foto-foto yang bukan bersumber dari dokumentasi pribadi.

#5. Cek Timeline/Linimasa

Lakukan pengecakan timeline/linimasa pada akun yang dicurigai. Saat mengecek timeline dan pengguna tersebut jarang memperbarui status dan tidak pernah membalas komentar sama sekali, mungkin akun tersebut palsu.

Ciri-ciri akun facebook palsu kebanyakan dari akun palsu sering sekali mem-posting link spam secara berkala.

#6. Cek ID Akun

Pastikan ketika menerima permintaan pertemaan yang menggunakan foto profil gadis cantik atau pria tampan yang tidak dikenal untuk mengecek ID mereka asli atau palsu, ID akun palsu biasanya berbeda dengan nama yang tampil di profil, kadang juga masih berupa angka-angka.

#7. Ulang Tahun Pada 1 Januari

Dari banyak akun palsu yang telah terdeteksi, penggunanya memilih tanggal 1 Januari sebagai tanggal lahirnya. Namun tak menutup kemungkinan juga menggunakan tanggal lain.

Hal ini karena orang yang membuat akun palsu biasanya tidak mau repot-repot mengatur tanggal lahir dan cenderung memilih tanggal default.

Oleh karenanya, perlu meneliti lebih lanjut kalau ada orang asing, menggunakan foto cewek cantik, timeline-nya berisi link spam, dan berulang tahun tanggal 1 Januari. Bisa jadi itu adalah akun palsu.

#8. Log Aktivitas Pengguna

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengecek akun Facebook palsu adalah dengan mengecek logaktivitas pengguna.

Jika pengguna tersebut hanya menambah teman baru, mengajak menyukai halaman, atau meminta kamu join group tertentu mungkin saja itu adalah akun palsu yang ingin memiliki banyak teman untuk mempromosikan sesuatu.

#9. Nomor Kontak di Profil Cewek Cantik

Anda patut waspada saat ada akun dengan foto perempuan cantik dan sᥱksi serta mencantumkan nomor kontak di bagian info profile Facebook-nya. Kemungkinan akun tersebut palsu sangatlah besar.

#10. Sangat Pasif atau Sangat Aktif

Pengguna akun palsu di Facebook mungkin saja memiliki kebiasan yang berbeda-beda, ada yang sangat aktif atau ada pula yang sangat pasif. Akun yang aktif akan langsung mengajak kita chat sesaat setelah di approve. Tujuannya tentu sangat beragam, mulai dari mengajak berkenalan dan kencan atau untuk sekedar mempromosi produk yang ingin ia perkenalkan.

Namun ada juga akun Facebook palsu yang sangat pasif dan berniat melakukan pencurian data-data dari akun Facebook kita. Akun palsu seperti ini biasanya tidak banyak melakukan aktivitas atau komunikasi dengan teman-teman di Facebook.

#11. Jarang Update Status

Meskipun banyak sekali pengguna Facebook yang jarang melakukan update status, namun biasanya pengguna akun palsu di Facebook akan tampak lebih pasif dan berbeda dari akun Facebook yang asli.

Bila pengguna akun Facebook yang asli sering melakukan share terhadap suatu link, gambar atau sekedar bermain game, maka akun palsu mungkin saja sama sekali tidak pernah melakukan aktivitas apa pun di Facebook.

Akun seperti ini biasanya lebih sering mengamati pengguna-pengguna Facebook lain melalui akunnya. Cara ini sering dilakukan untuk mempersiapkan tindak pencurian data atau bentuk cybercrime lainnya.

Nah itulah 11 cara mengetahui dan membedakan akun facebook asli dan palsu, Semoga tips dan cara di atas dapat secara efisien membantu dan bermanfaat untuk mengetahui pengguna akun palsu dalam daftar teman dan juga pada daftar permintaan di facebook anda.