Skip to main content

15 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Ponsel Android Baru

Membeli handphone tentu yang harus diperhatikan adalah langkah langka menggunakan hp baru tersebut atau cara menggunakan hp adroid dan tips hp Android yang diulas kali ini  adalah hal - hal yang harus dilakukan setelah membeli ponsel android baru.

Sebagaimana diketahui android adalah platform yang sangat populer untuk perangkat smartphone dan juga yang paling komprehensif. Ketika baru membeli platform ini dikemas dalam banyak aplikasi pra-instal, dan kemungkinan diantara aplikasi yang ada, ada yang tak di butuhkan, dan juga ingin menyesuaikan dengan keinginan.

Bagi anda yang membeli ponsel android baru, dibawah beberapa tips hp android atau tips beli hp baru yang harus dilakukan setelah ponsel sudah di genggaman.

15 Langkah Langkah yang harus di lakukan setelah membeli ponsel android baru

Apa saja langkah-langkah menggunakan hp baru, ikuti tipsnya yang harus di lakukan agar hp tak menyimpan bayak aplikasi sampah yang tak di pergunkan.

  1. Clean Setup Junk

    Jika membeli smartphone baru biasanya akan ada beberapa aplikasi yang meminta untuk bergabung ,dan mengisi beberapa informasi ke dalam formulir.

    Namun masalahnya adalah bahwa layanan tersebut dibuat hanya untuk kepentingan klaim perusahaan bahwa kita telah membeli produk mereka. Jadi, yang perlu kita lakukan adalah menghapus layanan tersebut dari perangkat ponsel yang baru


  2. Bersihkan layar Utama

    Ketika membeli pnsel anndroid baru tentu akan menemukan layar awal perangkat yang diisi dengan beberapa aplikasi dan widget yang ditempatkan dalam urutan defaultnya seperti yang disediakan oleh pabrikan.

    Bagaimana jika Anda tidak suka hanya menghapus widget dari layar awal dan mengubah tampilan dan nuansa untuk kustom yang diingikan.


  3. Bloatware yang Tidak Diinginkan

    Sebagian besar semua produsen adalah bahwa mereka menyertakan beberapa aplikasi yang tidak diinginkan dalam produk baru mereka.

    Aplikasi tidak berguna ini tentu hanya menganggu dan pasti ingin menghapusnya. Untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang tidak di perlukan. Masuk di pengaturan aplikasi lalu pilih opsi yang tersedia.


  4. Pengaturan Akun Google

    Setiap membeli ponsel Android baru, Saat di nyalakan ponsel tersebut biasanya akan meminta untuk memasukkan akun Google. Namun, kebanyakan dari kita melewatkan langkah itu dan setup nanti.

    Pastikan untuk mengatur Akun Google Anda karena tanpa memiliki akun Google, Anda tidak akan dapat mengakses Google Play store untuk mendwonload aplikasi dan game di perangkat android Anda.


  5. Mengatur Pembaruan Otomatis

    Perlu di ketahui bahwa lebih dari 70% mĘŚlware seluler dirancang untuk sistem operasi Android. Jadi, pastikan selalu pembaruan otomatis.  pastikan juga untuk memperbarui aplikasi yang Anda unduh dari Google Play Store.

    Caranya: Buka Aplikasi Google Play> Pengaturan> 'Perbarui Aplikasi Otomatis'.


  6. Memanfaatkan aplikasi Google Now

    Jika Anda baru di sistem operasi Android maka jangan heran Google Now memeriksa aktivitas harian Anda dan menyarankan hal-hal pada data yang dikumpulkannya.

    hal Ini dapat menyarankan Anda restoran yang bagus atau dapat menyarankan penerbangan, tiket, laporan cuaca, dll. Google Now bahkan dapat melakukan tugas seperti membuat panggilan atau mengirim SMS.


  7. Tweak Aplikasi Gmail

    Secara default, kinerja Aplikasi Android Gmail benar-benar bagus tetapi Anda harus mengonfigurasikannya ke pilihan Anda sendiri. Untuk melakukannya, cukup masuk ke pengaturan dari opsi tiga titik di kanan atas layar dan dari sana pilih saja pengaturan Aplikasi. Ubah bidang wajib Anda dan kemudian klik simpan opsi.


  8. Amankan Perangkat Anda

    Kita semua tahu bahwa telepon kita mengandung banyak informasi sensitif, terutama jika Anda menggunakannya untuk internet banking atau belanja online.

    Oleh karena itu, pastikan Anda menyiapkan beberapa langkah keamanan yang kuat untuk melindungi privasi dan identitas Anda. Anda dapat memasang PIN atau kunci pola.


  9. USB Debugging

    USB Debugging memiliki banyak sekali kegunaan, misalnya jika lupa kunci pin atau kunci pola pada smartphone android maka fitur ini akan sangat berguna.

    Untuk dapat mengatur ulang kata sandi tersebut, Anda hanya perlu komputer dan kabel USB untuk mengatur ulang kunci pola lama Anda dengan bantuan USB debugging.


  10. Backup Foto

    Walaupun perangkat ponsel memiliki tempat penyimpanan yang aman untuk menyimpan foto, akan tetapi sewaktu-waktu foto tersebut dapat hilang akibat kerusakan atau ponsel hilang.

    Nah untuk mengatasi hal tersebut, Anda hanya perlu membuat akun google, menyimpan semua data hingga 15 GB dan Anda dapat mengaksesnya kapan saja. Untuk membuat cadangan data Anda sendiri, cukup pasang aplikasi Google+ Foto di perangkat Anda.


  11. Periksa Google Play Store

    Perangkat Anda memiliki Google Play Store tempat Anda bisa mendapatkan semua aplikasi yang diperlukan untuk mengunduh. Google play store hanya mengelola perilaku aplikasi yang Anda pasang dan juga dapat membuat ikon layar awal untuk berbagai aplikasi.

    Anda dapat mengatur perilaku aplikasi di pengaturan Play Store karena beberapa pengaturan default dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak Anda inginkan pada ponsel Anda.


  12. Pengelola Perangkat

    Untuk memiliki akses ke data di ponsel Anda bahkan jika Anda kehilangan ponsel, Anda harus menginstal aplikasi Pengelola Perangkat dari Play Store. Aplikasi ini membuat akun unik berdasarkan informasi Anda dan kemudian Anda dapat menemukan, menghapus atau mengunci ponsel yang hilang.


  13. Aplikasi

    Bagian paling menarik dari sistem Android adalah Anda dapat menikmati berbagai aplikasi di ponsel Anda dengan menginstalnya dari Play Store. Cukup instal beberapa aplikasi yang sangat berguna di ponsel Anda seperti cuaca, editor foto, navigator, dll dan nikmati untuk menggunakannya.


  14. Widget

    Anda dapat membuat beberapa widget layar awal yang akan membantu melakukan beberapa tugas yang berguna hanya dengan cara yang sangat mudah. Widget seperti Senter, Jam dll akan membuat perangkat Anda menarik dan juga akan membantu Anda menjalankan tugas.


  15. Mengelola Pemberitahuan

    Fitur terbaik dari Android adalah panel notifikasi pull-down di mana Anda mendapatkan semua notifikasi. Tetapi secara default, panel notifikasi Anda tidak akan menampilkan semua notifikasi yang ingin Anda miliki.

    Jadi di sini Anda hanya perlu mengatur pemberitahuan khusus di ponsel android Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk melakukan ini, masuk ke pengaturan telepon dan kemudian pergi ke opsi Aplikasi.

    Di sini Anda hanya membuka aplikasi yang diunduh dan kemudian memilih aplikasi tertentu untuk mengatur pemberitahuan  hanya memilih kotak centang.


Kesimpulan

Ada banyak fitur yang bisa didapatkan di Android tetapi jika menggunakan ponsel Android untuk pertama kalinya maka, harus mengikuti hal-hal yang dijabarkan diatas sehingga bisa mendapatkan kinerja dan performa yang tepat pada ponsel andorid yang baru dibeli.

Demikilan informasi teknolgi tentang 15 langkah langah yang harus dilakukan setelan membeli ponsel android, semoga tips cara menggunakan ho baru dapa bermanfaat  bagai pembaca yang mungkin masing bingung menggunkan hp android barunya.