Skip to main content

13 Penyebab Cekukan, Cara Menyembuhkan Cekukan, Mengatasi Dan Menghindari

Cara Mengatasi Cekukan. Pernahkah anda mengalami cegukan, Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik.

Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun cara menyembuhkan cekukan dan ada beberapa pengobatan rumah tangga untuk mempercepat penyembuhan cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.

Cegukan memang terasa mengganggu, apalagi jika Anda dalam keadaan yang penting seperti saat berdua dengan pujaan hati, atau dalam melakukan/mengerjakan sesuatu,

Penyebab Cekukan

Cegukan terjadi ketika otot yang memisahkan perut dan dada berkontraksi tanpa disengaja. Diafragma memiliki peranan penting dalam sistem pernapasan.

Hal ini dikarenakan tubuh bergantung pada kontraksi dan pergerakan diafragma agar proses pernapasan berlangsung normal. berikut ini beberapa yang dapat menyebabkan cekukukan.

Penyebab cekukan biasanya di karenakan.

  1. Makan dan minum terlalu cepat.
  2. Makan dan minum banyak.
  3. Sangat emosional.
  4. Langsung minum air dingin setelah makan makanan yang panas atau pedas.
  5. Tertawa terlalu keras.
  6. Batuk terlalu keras.
  7. Tekanan Saraf Frenik oleh struktur anatomi yang lain.
  8.  Penyakit ginjal.
  9. Perilaku tidak baik.
  10. Keseimbangan elektrolit tidak memadai.
  11. Adanya benda asing di telinga.
  12. Iritasi pada saraf fregus dan frenikus.
  13. Akibat udara dingin di sekitar tubuh kita, bisa disebabkan karena AC (air conditioner) atau kipas.

Itulah tiga belas macam yang jadi penyebab cekukan, setelah mengetahui yang menyebabkan cekukan selanjutnya adalah cara mengatasi cekukan dan cara menyembuhkan cekukan.

Cara Mengatasi cekukan dan cara menyembuhkan cekukan

Bagaimana mengatasi cegukan dan cara menyembuhkan cekukan, berikut ini beberapa cara menghentikan cegukan yang sudah dibuktikan dengan penelitian:

  1. Menahan napas agar kadar karbondioksida dalam darah meningkat lalu menghembuskannya ke dalam kantong kertas.
  2. Menelan roti kering atau es batu yang diserut untuk merangsang faring.
  3. Berkumur dengan air sambil menghadap keatas atau berusaha bersin.
  4. Mengulum satu sendok teh gula pasir dibawah lidah.
  5. Minum minuman berkarbonasi yang mengandung garam untuk menyeimbangkan kalium-sodium dalam sistem syaraf.
  6. Meneteskan sedikit cuka untuk merangsang dinding dorsal nasofaring.
  7. Mencubit kulit diatas otot deltoid (pundak) untuk merangsang syaraf frenikus.
  8. Minum satu atau dua tablet penurun produksi asam lambung (antacid atau magnesium) agar mineralnya mengurangi produksi asam lambung dan iritasi, serta menenangkan syaraf.

Jika cara menyembuhkan cekukan diatas belum berhasil dan masih belum sembuh juga, Bisa mencoba cara menyembuhkan cekukan dengan beberapa cara tradisional menyembuhkan cekukan yang banyak dilakukan orang-orang dari seluruh dunia

Cara menyembuhkan cekukan dengan tradisional

Berikut ini adalah cara menyembuhkan cekukan dengan cara tradiasional diantaranya :

  1. Melakukan headstand (membalikkan badan dengan bertumpu pada kepala dan kedua kaki lurus keatas)
  2. Minum air sambil membalikkan badan dengan posisi kepala dibawah.
  3. Diberi kejutan sampai kaget oleh orang lain.
  4. Menjulurkan lidah
  5. Menggelitik langit-langit mulut dengan cottonbud, bisa minta bantuan teman Anda.

Setelah mengetahui cara menyembuhkan cekukan dan cekukan sudah sembuh maka hal yang penting agar cekukan tak lagi dialami adalah mengihindari cekukan dibawah ini beberap cara menghindari cekukan

Cara menghindari cekukan

Untuk menghindari terkena cegukan lagi, perhatikan hal-hal dibawah ini supya cekukan tidak lagi menganggu aktivitas diantaranya :

  • Makanlah perlahan-lahan. Makan dengan cepatterburu membuat makanan tidak terkunyah secara  menyeluruh sehingga menyebabkan cegukan karena udara yang terjebak diantara makanan.
  • Hindari makan berlebihan. Beberapa ahli memiliki teori bahwa cegukan adalah cara tubuh memberitahu untuk berhenti makan sehingga sistem pencernaan memiliki waktu untuk memproses semua makanan yang Anda telan.
  • Kurangi makanan pedas dan hindari minuman beralk0hol karena dapat mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan asam dari lambung bocor ke kerongkongan sehingga menyebabkan cegukan.

Demikianlah tentang penyebab cekukan dan cara menyembuhkan cekukan serta cara menghindarkan mengatasi cegukan, semoga bermanfaat dan cegukan tak lagi mengganggu aktivitas sehari-hari anda.