Skip to main content

Mengenal Istilah Buzzer Bagi Pengguna Twitter

Mengenal Istilah Buzzer Bagi Pengguna Twitter. Twitter adalah salah satu jejaring sosial yang sangat nyaman dan disukai oleh pengguna media sosial Indonesia. Sejak diluncurkan tahun 2006, Twitter telah berhasil menjaring 500 juta pengguna dengan 30 jutanya berasal dari Indonesia.


Jumlah pengguna di Indonesia bahkan berada di urutan ke lima dari seluruh negara yang mengakses Twitter. Hal ini tentu membuat brand-brand besar tertarik untuk beriklan di sana. Salah satu sarana yang bisa digunakan oleh para brand adalah jasa para buzzer. Nah untuk yang belum tahu apa itu buzzer, kali ini akan menjelaskan tentang buzzer.

Buzzer adalah akun di Twitter yang memiliki jumlah follower besar dan banyak. Biasanya, akun buzzer itu memang memiliki ceruk pasar tertentu,dari masalah cinta, masalah mahasiswa, tips kenc╩în, rahasia pria dan wanita ataupun quote bijaksana. Jumlah follower mereka yang besar itu membuat mereka disebut sebagai “selebtwit” alias selebritis Twitter.

Nah, apa sih tugas para buzzer? akun buzzer itu biasanya memberi rekomendasi dan product knowledge mengenai produk-produk yang mereka iklankan dengan cara meng-tweet informasi-informasi tersebut di akun Twitter mereka. Mereka biasanya memberikan mention ke akun brand dan memberitahukan informasi terkait brand tersebut.

Namun, beberapa brand sekarang tidak memerlukan puluhan ribu hingga jutaan follower, sebuah akun yang tidak kita kenal sebelumnya asalkan punya karakteristik tweet yang khas dan punya follower yang loyal, juga bisa menjadi seorang buzzer.

Saat ini yang menjadi fokus brand dan buzzer adalah menyampaikan komunikasi secara efektif dan efisien agar tersampaikan ke follower para buzzer. Tentunya itu adalah tugas yang tidak mudah, namun komunikasi efektif bisa dibangun dengan menghadirkan tweet yang tidak berkesan jualan, tetapi lebih menceritakan pengalaman puas menggunakan produk tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal unik tentang buzzer:
  1. Buzzer biasanya memiliki follower dengan karakteristik dan range usia yang sama. Akun dengan masalah percintaan biasanya diikuti oleh para follower yang berusia remaja. Oleh karena itu, brand dengan produk remaja bisa melakukan branding dengan akun ini.
     
  2. Gaya bahasa unik buzzer terkadang menjadi alasan mereka difollow oleh banyak orang. Hal ini akan membantu untuk nyambung dengan audiens, para brand yang menjalani campaign dengan para buzzer biasanya tidak terlalu mengekang atau menerapkan aturan yang banyak kepada buzzer semacam ini.
     
  3. Buzzer berperan sebagai brand ambassador atau endorser dari brand yang diwakilinya. Oleh karena itu, tidak jarang buzzer menerima pertanyaan-pertanyaan detail tentang produk yang mereka komunikasikan. So, buzzer minimal setidaknya harus menguasai produk yang mereka iklankan.
Jadi bagaimana dengan Anda para pengguna Twitter? pernah melihat buzzer beraksi di timeline Anda tentunya pernah.

Demikinalah artikel menganai istilah buzzer bagi pengguna twitter, semoga bermanfaat, dan menambah pengalaman tentang twitter