Skip to main content

Panduan Lengkap Cara Memarkir Mobil Dengan Sempurna

Panduan lengkap cara memarkir mobil dengan Sempurna. Bagaimana cara memarkir mobil yang baik dan benar agar posisinya sempurna, hal ini selalu menjadi pertanyaan yang ingin diketahui sebagian besar bagi para pengemudi baru.

Parkir atau memarkir mobil pada umumnya ada tiga macam, yaitu parkir sudut, parkir tegak lurus dan parkir paralel.

Untuk mengatasi kesulitan saat memarkir mobil, artikel ini akan menjelaskan panduan lengkap cara memarkir mobil dengan sempurna, diulas langsung oleh pakar otomotif dari Carfromjapan.

Tiga Jenis Parkir Untuk Memarkir Mobil Dengan Sempurna

Dengan semakin banyaknya kendaraan di jalan, parkir menjadi tugas yang jauh lebih menuntut, bagi para setiap pengemudi. Namun setiap masalah tentu dapat diselesaikan jika memiliki panduan yang lengkap untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi.

Sama halnya dengan parkir jika ada panduan pasti kita bisa melakukannya. Berikut ini tips parkir dan panduan lengkap cara parkir mobil yang baik dan benar, seperti yang dijelaskan pakar otomotif dari carfromjapan.com

Pakir Sudut

Mengetahui cara memarkir mobil dengan parkir sudut adalah hal yang harus diketahui oleh pengemudi, terutama ketika berkendara di daerah dengan lalu lintas tinggi seperti area lalu lintas yang tinggi atau garasi parkir atau di jalan satu arah.

Belajar memarking sudut tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin bagi para pemula, apabila memang ingin mengetahui cara memarkir mobil yang baik dan benar, berikut ini tentang langkah-langkah dalam cara parkir sudut.

5 Langkah Dan Cara yang Harus Dilakukan Saat Parkir Sudut

  1. Temukan tempat parkir
    Tempat parkir yang sempurna untuk pemilik mobil baru harus jelas dan tidak ada kendaraan di sekitarnya. Jika tidak ada mobil di sekitar, pengemudi tidak akan terganggu saat parkir.
  2. Analisis posisi mobil
    Agar pengemudi dapat memarkir kendaraan di tempat yang tepat sementara juga menjaga jarak dengan mobil lain, menganalisis posisi sangat diperlukan.

    Trik sederhana untuk diingat para pengemudi, sementara parkir kejauhan. Pemilik mobil harus menjaga sekitar 1,5 m - 2 m dari mobil lain. Jika tidak ada mobil di samping tempat parkir, ingatlah untuk menjaga perhitungan jarak yang sama dari titik terakhir garis di tempat Anda

  3. Hidupkan Sinyal Cahaya
    Titik tengah tempat parkir adalah tempat yang mungkin ingin Anda tempati parkir. Juga, penting untuk memperhatikan jika ada pengemudi lain yang menunggu untuk parkir di tempat itu atau berhenti tepat di belakang Anda.

    Setelah itu, nyalakan sinyal cahaya untuk memberi kode kepada pengemudi lain, agar tidak saling mendahului

  4. Putar Roda
    Ketika Anda mencapai titik yang tepat, putar setengah putaran kemudi dan perlahan-lahan mendorong mobil Anda sampai mencapai garis akhir di tempat.
  5. Sesuaikan roda
    Roda harus disesuaikan agar sejajar dengan badan mobil untuk menguasai tempat parkir dengan mudah.

Parkir Tegak Lurus

Parkir tegak lurus tidak begitu sulit karena banyak orang sering berpikir. Jika belum mengetahui cara menggunakan parkir tegak lurus untuk memarkir mobil, berikut ini tekniknya, cara memarkir mobil tegak lurus.

4 langkah Dan Cara Parkir Mobil Tegak Lurus:

  1. Analisis Posisi
    Dalam jenis parkir ini, pengemudi harus memastikan jarak antara mobil mereka dan orang lain setidaknya 2,5 m. Situasi ini juga berubah tergantung pada posisi tempat parkir, tetapi penting untuk menjaga jarak yang tepat dan tidak menyalip tempat parkir pengemudi lain.
  2. Hidupkan Sinyal Cahaya
    Pengemudi harus memastikan apakah ada pesepeda, pejalan kaki, atau tujuan dalam perjalanan Anda untuk menghindari risiko saat parkir. Setelah itu, Anda harus berkendara ke depan sampai kepala mobil Anda sejajar dengan lampu kombinasi belakang mobil di samping. Sebelum belokan, ingat untuk memberi sinyal kepada pengemudi lain.

    Setelah itu, pengemudi mulai memutar roda untuk memindahkan mobil ke posisi parkir, yang diinginkan.

  3. Dorong/jalankan Mobil Ke Posisi parkir
    Pemilik mobil harus memeriksa menyesuaikan cermin/spion untuk menghitung jarak dengan mobil lain dan pastikan mobil ada di dalam tempat parkir sepenuhnya.
  4. Sesuaikan Roda
    Jika Anda tidak ingin menyesuaikan roda dengan segera, Anda dapat melakukannya saat mengemudi, tetapi mudah lupa yang menyebabkan dampak atau kesulitan yang tidak disengaja saat mengemudi ke belakang.

Parkir Paralel

Beberapa driver, kesulitan saat parkir paralel, karena cara parkir ini tergolong rumit, tetapi bisa menguasai jenis parkir ini dalam waktu singkat dengan sedikit latihan. Dan berikut adalah 5 langkah untuk membantu mengetahui cara memarkir mobil dengan menggunakan metode ini.

5 Langkah Dan Cara yang Harus Dilakukan Saat Parkir Paralel

  1. Temukan Tempat Parkir
    Ada banyak daerah yang membutuhkan parkir paralel, yang ditandai dengan garis putih. Tempat parkir harus lebih panjang dari panjang mobil sekitar 1 m hingga 2 m. Jika ada mobil di belakang, pengemudi harus memberi isyarat agar mereka mundur atau jalan ke sisi lain.
  2. Sesuaikan Posisi Mobil
    1 meter adalah jarak yang tepat untuk menjauhkan diri dari mobil lain agar dapat bergerak bebas dan parkir tanpa menghalangi mobil yang lain.
  3. Pindahkan Kepala
    Untuk mengendarai mobil, pemilik mobil harus mengemudi mundur sampai kepala kendaraan berjarak sekitar 1 m hingga 1,5 m dengan di depan mobil.

    Pada langkah ini, pengemudi harus memeriksa sekitarnya secara teratur untuk menghindari mobil lain. Setelah itu, pengemudi dapat melepaskan rem, lalu memutar roda ke kanan dan perlahan-lahan jalan kembali di slot parkir.

    Jarak 1 m harus dipertahankan dan jika roda menyentuh trotoar, Anda dapat menyalakan gas untuk menggerakkan mobil ke depan.

  4. Pindahkan Sisanya
    Untuk melakukannya, putar setir ke kanan lalu Jalankan mobil Anda ke belakang. Adalah bijaksana untuk mengemudi perlahan untuk menyesuaikan posisi dengan lebih mudah. Tampak belakang kamera juga akan membuat parkir Anda lebih nyaman.

    Setelah langkah ini, seluruh badan mobil berada di dalam tempat parkir.

  5. Sesuaikan Posisi
    Pengemudi dapat memutar kemudi ke kanan dan perlahan jalan ke depan. Mobil sekarang sejajar dengan trotoar dan mobil lain sehingga mudah untuk menyesuaikan kendaraan. Posisi mobil Anda dan trotoar harus sekitar 30 cm ketika mobil berhenti parkir.

Kesimpulan

Ada banyak situasi yang berbeda di tempat parkir bagi pengemudi untuk mengetahui. Dan beberapa panduan sederhana tentang kapan harus berbelok dan apa yang harus diingat ketika parkir adalah semua yang dibutuhkan untuk menyempurnakan keterampilan parkir.

Demikianlah tentang panduan lengkap cara memarkir mobil dengan sempurna, semogar teknik parkir mobil diatas dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.