Skip to main content

Hindari Kebiasaan Buruk ini Saat mengemudi Untuk Keselamatan Berkendara

Hindari Kebiasaan Buruk ini Saat mengemudi Mobil Untuk Keselamatan Berkendara. Mengemudikan mobil /motor yang sangat penting diperhatikan adalah keselamatan, baik keselamatan diri sendiri maupun keselamatan orang lain. Banyak orang saat mengemudi yang tidak mengindahkan peraturan yang harusnya dilakukan saat berkendara. Sekalipun terlihat hanya sepele namun jika tak ditaati biasa berisiko mencelakakan diri sendiri maupun orang lain.

Untuk itu, saat mengemudi tetap berhati-hati dan tetap berkonsentrasi dan selalu mentaati peraturan untuk menghidari resiko yang tak diinginkan terjadi. Berikut ini beberapa kebiasaan saat mengemudi mobil/ motor harus dihindari, baik mobil matik, mobil manual mau mengendari motor.

4 Kebiasaan buruk harus di hindari saat mengemudi untuk keselamatan berkendara

Mengendarai mobil / motor perlu memperhatikan hal-hal yang bisa menjamin keselamatan berkendera sekalipun terlihat sepele, namun menentukan keselamatan diri sendiri dan orang lain diantaranya:

  1. Jangan Menggunakan Smart Phone
    Larangan dan peringatan ini sepertinya tidak pernah berhenti untuk terus diingatkan. Namun, entah mengapa kebiasaan buruk berkendara ini masih saja dilakukan. Apalagi saat berkendara di jalan bebas hambatan di mana kecepatan dan jarak menjadi perhitungan matang. Belum lagi kedua tangan yang harus bekerja di kemudi dan kopling untuk mengatur laju kendaraan.

    Jika Anda menunggu telepon penting, sebaiknya pasang hands-free atau tekan tombol speaker phone. Jawab telepon tersebut dan katakan Anda sedang berkendara. Sebaiknya Anda segera menghubungi kembali setelah sampai tujuan. Penting diingat juga untuk tidak membalas instant messaging saat berkendara.

  2.  Jangan Melupakan Jarak Aman
    Di jalan bebas hambatan, jarak aman kendaraan adalah 100 meter. Namun jika Anda berkendara di luar jalan bebas hambatan, beri jarak sekitar 3 detik dari kecepatan kendaraan. Sayangnya, beberapa pengendara yang kurang sabar dan terbiasa melakukan kebiasaan buruk berkendara menganggap jarak aman sebagai celah untuk menyalip. Padahal jika kebiasaan buruk berkendara tersebut dilakukan bisa memicu tabrakan beruntun.

  3. Salah Mengambil Jalur
    Entah secara sengaja atau memang tidak tahu jalur tujuan, namun kebiasaan buruk berkendara yang satu ini seringkali dilakukan karena malas mengantri. Untungnya saat ini denda dan peringatan keras diberlakukan sehingga siasat salah mengambil jalur mulai jarang dijadikan alasan pengendara. Jika Anda memang belum paham jalur yang akan dilalui sebaiknya gunakan GPS untuk mengarahkan jalan.

  4. Malas Menggunakan Pelindung Keselamatan
    Baik helm atau sabuk pengaman, keduanya dirancang untuk menyelamatkan nyawa Anda. Namun dua alat ini dirasa membatasi ruang gerak. Apalagi jika harus memakai helm. Beberapa pengendara berpikir kurang keren bahkan dapat merusak tata rambut. Bagaimanapun, nyawa Anda menjadi prioritas saat berkendara. Jadi mulailah menggunakan pelindung keselamatan dan tinggalkan kebiasaan buruk berkendara.

Itulah 4 kebiasaan buruk yang harus di hindari saat mengemudi untuk keselamatan berkendara,  semoga artikel otomotif ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan dalam berkendara.  dan bisa menjadi pedoman untuk selalau mentaati peraturan lalu lintas.