Skip to main content

Cara Mengusir Semut Menurut Islam

Cara Mengusir Semut Menurut Islam. Semut adalah rakyat nabi Sulaiman, itulah mengapa tidak boleh dibunuh, karena semut adalah salah satu hewan yang diberikan karunia oleh Allah. sebagaiman dikisahkan dalam Islam.

Ibnu Abbas ra. berkata:

"Rasulullah saw melarang membunuh empat macam binatang yaitu: semut, lebah, burung hud-hud, dan burung shurad (Sejenis burung pipit)."  (Riwayat Ahmad dan Abu Dawud)

Pada hadits tersebut di jelaskan ke empat hewan yang dilarang untuk di bunuh, dan semut adalah salah satu dari empat hewan tersebut, tapi yang menjadi permasalahan jika dengan keberadaan semut itu menggangu kita.

Oleh dari itu kita sebisa mungkin tidak membunuh semut hanya karena merasa terganggu karena makanan atau minuman kita dikerumuni oleh semut. berikut ini cara mengusir semut menurut ajaran islam, pada semut-semut yang dirasa mengganggu.

Cara mengusir Semut Menurut Islam


Kehadiran semut itu kita yang menggundangnya, atau jika kita merasa terganggu akan kehadiran semut maka hal yang harus kita lakukan adalah mengusirnya terlebih dahulu. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir semut dengan tidak membunuhnya. diantaranya:

  1. Mengusir Semut Dengan Ditiup
    Jika merasa makanan atau minuman yang lupa dihabiskan mulai didekati oleh semut. maka bisa meniup niupkan kearah kumpulan semut. Maka dengan sendirinya semut akan meninggalkan makanan ataupun minuman.

  2. Mengusir Semut Dengan Mengibas
    Jika makanan atau minuman sudah terlanjur dikerumuni oleh semut, langkah selanjutnya adalah dengan cara mengibas-ngibaskan. Namun usahakan saat mengibaskan tidak terlalu kencang agar tidak ada semut yang mati.

  3. Mengusir Semut Dengan Perkataan
    Ini bertujuan agar makanan atau minuman tidak dikerumuni oleh semut. Sebaiknya mengucapkan ” Hadza li Wakilil Qadhi ” yang artinya ” Ini adalah milik wakil hakim “ atau dengan mengucapkan ” Hadza li Rosulil Qadhi “ yang artinya ” Ini adalah milik utusan hakim “. Maka atas izin Allah semut tidak akan mendekati makanan atau minuman.

Semut juga bisa menggigit kita tanpa kita mengetahui dari mana dan apa salah kita sampai kita di gigitnya, jika seperti itu cobalah untuk mengambilnya dan memmindahkan dari kita atau mengusirnya jangan langsung dibunuh.

Tapi jika memang sudah kelertaluan dan harus membunuhnya tidak mengapa, tapi cara membunuh semut juga tidak sembarangan, kita tidak boleh membunuhnya dengan cara dibakar atau menggunakan hal yang berhubungan dengan panas dan lainnya lainnya.

Demikianlah tentang cara mengusir semut menurut islam semoga artikel tips dan cara mengusir semut dalam islam ditas dapat bermanfaat.