Skip to main content

7 Penyebab Tak Terduga Munculnya Sariawan

Penyebab Tak Terduga Munculnya Sariawan Tentu dari kita pernah mengalami sariawan bukan, Kondisi ini seringkali disebutkan muncul akibat kurangnya asupan vitamin C. Padahal ada beberapa hal tak terduga yang juga bisa menyebabkan munculnya sariawan

Meskipun sariawan sering dianggap biasa, namun sariawan juga bisa jadi masalah kesehatan yang sangat serius. lalu apa saja penyebab tak terduga sehingga sariwan muncul. Nah Berikut 7 penyebabnya.
  1.  Tergigit
    Ini merupakan penyebab sariawan yang paling sering terjadi. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda makan terburu-buru. Jadi, cobalah untuk makan perlahan dan hati-hati.
     
  2. Makanan pedas
    Makanan yang sangat pedas juga bisa menyebabkan sariawan. Sebab makan makanan pedas berlebihan dapat meningkatkan panas tubuh Anda. Akumulasi panas tubuh tersebut pada gilirannya nanti dapat menjadi penyebab sariawan.
     
  3. Cedera karena menyikat gigi
    Salah satu alasan lain penyebab umum sariawan adalah menggunakan sikat gigi terlalu keras. Jika Anda menggunakan sikat gigi berkualitas rendah, yang diketahui memiliki bulu sangat keras, maka lapisan dalam mulut Anda bisa mengalami cedera. Hal ini juga dapat menimbulkan sariawan.
     
  4. Herpes
    Waspada, herpes merupakan salah satu infeksi virus umum yang bisa juga menyebabkan sariawan atau luka di dalam mulut.
     
  5. Makanan panas
    Bila Anda terbiasa mengunyah makanan dalam kondisi panas, maka mulut Anda bisa jadi luka dan radang, sehingga akan berisiko memiliki sariawan. Usahakan untuk mendinginkan makanan Anda sebelum memasukkannya ke dalam mulut.
     
  6. Iritasi kulit
    Beberapa bahan kimia dapat menyebabkan iritasi kulit yang juga dapat membuat Anda terkena sariawan, salah satunya adalah pemakaian obat kumur yang sangat kuat.
     
  7. Mer0kok
    Mer0kok merupakan salah satu aktivitas yang bisa menyebabkan peradangan di dalam mulut. Jika Anda seorang perok0k dan sering sariawan, sebaiknya konsultasi ke dokter karena bisa jadi itu merupakan gejala kanker mulut.

Itulah 7 penyebab tak terduga munculnya sariawan, semoga bermanfaat.