Skip to main content

Cara Parkir Mobil yang Benar di Tanjakan Dan jalan Menurun

Cara parkir mobil yang benar di tanjakan dan jalan menurun. Tentu para pengendara mobil pernah merasa khawatir tentang lahan parkir dengan kondisi tanah tidak datar dalam hal ini jalan yang menanjak atau menurun.

Bagi yang ahli mengemudi hal ini bukan suatu masalah karena sudah mengetahui cara parkir mobil yang benar, medan apapun bukanlah halangan dan rintangan. Tetapi bagi para pemula, hal ini mungkin masalah besar yang membuat khawatir dan was-was, saat mobil di parkir di tanjakan atau jalan menurun.

Nah bagi pengemudi mobil yang masih pemula dan belum mengetahui cara parkir mobil yang benar di tanjakan dan di jalan menurun. Ikut tips dan cara memarkir mobil di tepi jalan yang merupakan jalan turunan atau tanjakan.

Sebab parkir mobil di tanjakan dan jalan menurun, jika tak hati-hati dan mobil tidak dalam posisi parkir yang benar, bisa-bisa kendaraan meluncur ke bawah dan menabrak apapun yang menghadangnya.

Cara Parkir Mobil yang Benar di Tanjakan Dan jalan Menurun

Saat memarkir mobil di lahan yang mendatar, posisi ban sudah seharusnya lurus sesuai dengan dengan setir. Hal ini bertujuan agar pengemudi tak kaget saat mobil meninggalkan tempat parkir dan mendadak belok, ini lah tujuan jika parkir mobil di jalan datar, dengan posisi ban lurus.

Tapi tidak jika lahan parkir memiliki kontur yang menurun atau menanjak. lalu bagaimana tips dan cara parkir mobil yang benar di tanjakan dan jalan menurun?

Untuk tips ini, khusus untuk mobil manual saja. Karena untuk mobil matic, sistem pengereman yang digunakan sudah sangat baik. Walaupun berada di kondisi tanjakan ataupun turunan, mobil matic tidak akan pernah bisa merosot saat parkir atau berhenti karena macet. Cukup dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi P dan menggunakan rem tangan, maka mobil matic yang parkir di jalan menurun atau di tanjakan sudah sangat aman dari merosot atau meluncur.

Untuk sistem pengereman mobil manual, sebenarnya sudah cukup baik. Namun untuk di posisi tanjakan atau turunan, butuh penanganan khusus untuk mengantisipasi supaya mobil tidak merosot. Ada cara penanganan khusus pada pengereman mobil manual.

Cara parkir mobil yang benar untu mobil manual ditanjakan dan jalan menurun adalah dengan memanfaatkan ban mobil saat parkir di tanjakan atau pun turunan. Untuk cara ini, harus melihat kondisi sekitar dan tempat dimana mobil akan parkir. Apakah terdapat trotoar atau tanah lapang.

Jika terdapat trotoar, maka belokkan ban mobil ke arah trotoar tersebut, untuk posisi setir, tak perlu sampai mentok cukup 45 derajat pada posisi ban, sehingga aman untuk power steering yang masih menggunakan fluida/hidrolik (oli). Dengan cara ini, apabila mobil bergerak lebih condong ke trotoar, dan terhenti dikarenakan ban mobil terpentok pada trotoar jalan.

Namun jika tidak ada trotoar, maka upayakan memarkir mobil sedekat mungkin dengan tepian jalan, setelah membelokkan ban, pindahkan posisi tuas transmisi ke posisi gigi nomor 1 jika mobil pada posisi menurun.

Apabila mobil berada dalam posisi menanjak, cara parkir mobil yang benar adalah memindahkan tuas transmisi ke posisi R. Untuk berjaga - jaga ganjal ban dengan batu secara menyilang. Jika ban depan yang diganjal sebelah kiri, maka ban belakang yang harus diganjal sebelah kanan. Begitu pun sebaliknya.

Dengan melakukan tips dan cara diatas tidak perlu khawatir mobil akan merosot. kunci untuk parkir yang aman di mana pun, baik di jalan menurun dan tanjakan maupun jalan datar, adalah sistem pengereman, jadi cobalah selalu merawat sistem pengereman seperti rem tangan dan kampas rem. Supaya ketika memarkir kendaraan mobil tidak khawatir saat berada dikemacetan atau parkir di tanjakan dan turunan.

Demikianlah informasi otomotif tentang Cara Parkir Mobil yang Benar di Tanjakan Dan jalan Menurun, semoga bermanfaat, bagi yang membutuhkan.