Skip to main content

Cara Parkir Mobil yang Benar di Tanjakan Dan jalan Menurun

Cara parkir mobil yang benar di tanjakan dan jalan menurun. Tentu para pengendara mobil pernah merasa khawatir tentang lahan parkir dengan kondisi tanah tidak datar dalam hal ini jalan yang menanjak dan jalan menurun.

Bagi yang ahli mengemudi parkir mobil di tanjakan bukan suatu masalah karena sudah mengetahui cara parkir mobil yang benar medan apapun dan cara jalan mobil di tanjakan bukanlah halangan dan rintangan.

Tetapi bagi para pemula hal ini mungkin masalah besar yang membuat khawatir dan was-was, sehingga harus mengetahui bagaimana cara parkir mobil yang benar saat mobil di parkir di tanjakan atau parkir di jalan yang menurun.

Nah bagi pengemudi mobil yang masih pemula dan belum mengetahui bagaimana cara parkir mobil yang benar di tanjakan dan parkir mobil di jalan menurun.

Ikut tips dan cara parkir mobil di turunan dan cara parkir di tanjakan beserta cara memarkir mobil di tepi jalan yang baik dan benar.

Sebab parkir mobil di tanjakan dan di jalan menurun, jika tak hati-hati dan mobil tidak dalam posisi parkir yang benar, bisa-bisa kendaraan meluncur ke bawah dan menabrak apapun yang menghadangnya.

Cara Parkir Mobil yang Benar di Tanjakan Dan di jalan Menurun

Saat memarkir mobil di lahan yang mendatar cara parkir mobil yang baik dan benar adalah posisi ban seharusnya lurus sesuai dengan setir

Tujuannya, jika parkir mobil di jalan datar dengan posisi ban lurus, bertujuan agar pengemudi tak kaget saat mobil meninggalkan tempat parkir dan mendadak belok.

Tapi cara parkir mobil di tanjakan dan cara parkir mobil di turunan tentu tidak sama dengan cara parkir mobil lurus atau cara memarkir mobil di lahan mendatar, jika lahan parkir memiliki kontur yang menurun atau menanjak, harus mengetahui bagaimana cara parkir mobil yang baik dan benar.

Lalu bagaimana cara parkir mobil di tanjakan serta tips dan cara parkir mobil yang benar di jalan menurun?

Tips memarkir mobil yang baik dan benar

Untuk tips ini, khusus untuk cara parkir mobil manual saja. Karena untuk mobil matic, sistem pengereman yang digunakan sudah sangat baik.

Mobil matic parkir walaupun berada dikondisi tanjakan ataupun turunan, mobil matic tidak akan pernah bisa merosot saat parkir atau berhenti karena macet.

Jadi untuk cara parkir mobil matic di tanjakan dan di turunan cukup dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi P dan menggunakan rem tangan, maka mobil matic yang parkir di jalan menurun atau di tanjakan sudah sangat aman dari merosot atau meluncur.

Untuk sistem pengereman mobil manual, sebenarnya sudah cukup baik. Namun untuk di posisi tanjakan atau turunan, butuh penanganan khusus untuk mengantisipasi supaya mobil tidak merosot.

Cara parkir mobil manual di tanjakan dan di turunan

Ada cara penanganan khusus pada pengereman mobil manual saat parkir mobil di tanjakan dan parkir mobil di jalan menurun.

Cara parkir mobil yang benar untuk mobil manual ditanjakan dan jalan menurun adalah dengan memanfaatkan ban mobil ketika akan parkir di jalan menanjak atau pun di turunan.

Memarkir atau parkir mobil manual di tanjakan harus melihat kondisi sekitar dan tempat dimana mobil akan parkir, Apakah terdapat trotoar atau tanah lapang.

Jika terdapat trotoar, maka belokkan ban mobil ke arah trotoar tersebut, untuk posisi setir, tak perlu sampai mentok cukup 45 derajat pada posisi ban, sehingga aman untuk power steering yang masih menggunakan fluida/hidrolik (oli).

Dengan cara parkir seperti ini, apabila mobil bergerak lebih condong ke trotoar akann berhenti dikarenakan ban mobil terpentok pada trotoar jalan.

Namun jika tidak ada trotoar, maka upayakan memarkir mobil sedekat mungkin dengan tepian jalan, setelah membelokkan ban, pindahkan posisi tuas transmisi ke posisi gigi nomor 1 jika mobil pada posisi menurun.

Apabila mobil berada dalam posisi menanjak, cara parkir mobil yang baik dan benar adalah memindahkan tuas transmisi ke posisi R, dan untuk berjaga - jaga ganjal ban dengan batu secara menyilang.

Jika ban depan yang diganjal sebelah kiri, maka ban belakang yang harus diganjal sebelah kanan. Begitu pun sebaliknya.

Dengan melakukan tips dan cara diatas tidak perlu khawatir mobil akan merosot.

Salah satu kunci untuk parkir yang aman di mana pun, baik di jalan menurun dan tanjakan maupun jalan datar, adalah sistem pengereman

Jadi cobalah selalu merawat sistem pengereman seperti rem tangan dan kampas rem. Supaya ketika memarkir kendaraan mobil tidak khawatir saat berada dikemacetan atau parkir di tanjakan dan turunan.

Demikianlah informasi otomotif tentangmemarkir mobil yang benar di tanjakan dan di jalan menurun, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.