Skip to main content

Mengapa Jatuh Cinta Bikin Sulit Tidur

Mengapa Jatuh Cinta Bikin Sulit Tidur. Saat jatuh cinta, energi dan pikiran seseorang akan meroket saking senangnya. dan konsentrasi dan pikirannya terus tertuju pada orang yang disukai. sehingga perasaan bahagia yang dialami membuat jantung berdetak lebih cepat. karena  jatuh cinta. Saking senangnya, tidur pun kadang terasa sulit.

Saat jatuh cinta, ada perubahan neurobilogis yang terjadi, termasuk peningkatan hormon oksitoksin dan vesopresin yang berkaitan dengan ikatan bersama pasangan. Kondisi ini membuat perasaan, energi dan aktivitas otak meninggi, dan secara otomatis kebutuhan tidur pun berkurang.

Dalam keadaan seperti ini, jika saja otak dipindai/discan menggunakan functional magnetic resonance imaging (fMRI) maka akan terlihat aktivitas tinggi pada otak yang mengandung banyak dopamin-neurotransmiter yang mengontrol kepuasan di otak. Inilah sebabnya seseorang menjadi sulit memejamkan mata jika sedang jatuh cinta

Bukti ini,Telah di lakukan peneliti dengan mengamati prilaku anak-anak muda yang sedang jatuh cinta. Ditemukan bahwa remaja yang jatuh cinta memiliki jam tidur lebih sedikit. Dibandingkan rekannya yang tidak sedang jatuh cinta.

Mereka yang telah jatuh cinta jam tidurnya pun berkurang, sehingga mengalami gangguan obsesif karena memikirkan orang yang dicintainya. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Adolescent Health ini juga mengungkapkan bahwa meski jam tidur mereka sedikit, orang-orang yang sedang jatuh cinta tetap memiliki tidur berkualitas.

Sumber: The Globe and Mail