Skip to main content

Penyebab Sering Kesemutan Dan Kram

Penyebab Sering Kesemutan Dan Kram. Tubuh manusia terdiri dari jaringan saraf-saraf yang rumit. Masing-masing saraf mempunyai fungsi  yang berbeda-beda. Saraf pengatur indera perasa adalah salah satunya. Saraf ini perlu dijaga sedemikian rupa, agar tetap menjalankan fungsinya. Sedikit gangguan saja, akan memunculkan masalah kesehatan yang lain.

Gangguan saraf yang umumnya diderita oleh orang-orang berusia 35 tahun ke atas ini sering diremehkan. dan sering kita mendengar dengan kata yang enteng, Ah nggak apa-apa kok, nanti juga sembuh sendiri. Itu kan gara-gara tertindih lama makanya kesemutan. begitu selalu anggapan yang kita dengar dari sesorang yang mengalami kesemutan.

Keluhan seperti ini hampir pernah dirasakan setiap orang,  Gangguan ini sering kali disertai dengan rasa nyeri. Kesemutan dan Kram jangan dianggap enteng sebab, penyebab utama  stroke dan serangan jantung yang biasanya didahului gejala kram dan kesemutan, jadi kesemutan jangan dianggap biasa,

Penyebabnya

Penyebab ketiga gangguan itu adalah terganggunya bagian saraf tepi. Misalnya, gangguan pada fungsi pengatur indera perasa, akibat saraf mengalami tekanan (misalnya duduk terlalu lama). Bisa juga karena saraf terjepit (karena pengapuran pada tulang belakang). Atau saraf robek/putus akibat kecelakaan.

Sering juga terjadi dikarenakan rusaknya saraf tersebut karena gangguan pada pembuluh darah (misalnya pada penderita diabetes), konsumsi minuman beralk0hol, mer0kok. Selain itu, kekurangan nutrisi, khususnya vitamin-vitamin neurotropik juga mengambil peran cukup penting yang tidak boleh diabaikan.

Apalagi, kram dan kesemutan juga dapat menjadi gejala penyakit lain yang lebih serius, seperti kolesterol tinggi dan kecing manis (diabetes mellitus). Jenis penyakit lain yang fungsi saraf adalah bell’s palsy, tortikolis, frozen shoulder, dan carpal tunnel syndrome.

Solusinya

Dengan mencukupi kebutuhan vitamin-vitamin neurotropik, konsumsilah vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan jaringan saraf. Vitamin B1 misalnya, penting untuk metabolisme karbohidrat, serta penyediaan energi untuk saraf. Sedangkan vitamin B6 untuk metabolisme protein dan memelihara fungsi normal saraf. Sementara B12 penting untuk sintesa asam nukleat dan menjaga integritas jaringan saraf. Untuk mengatasi nyeri, kombinasikan dengan analgesik yang berfungsi sebagai anti radang.

Demikianlah sekilas tentang penyabab dan solusi kesemutan dan kram yang sering dialami, Semoga bermanfaat.